Kolaborasi Coworking Indonesia Diluncurkan Untuk Kemajuan Indonesia

Kolaborasi Coworking Indonesia Diluncurkan Untuk Kemajuan Indonesia

Kolaborasi Coworking Indonesia Diluncurkan Untuk Kemajuan Indonesia

Ayo bantu mencegah penyebaran Covid-19 dengan menjaga jarak fisik dengan orang lain atau dengan di rumah saja 🌎🏠. Rekomendasi lain dari WHO

Indonesia sebagai negara dengan potensi usaha rintisan atau startup terbesar di Asia Tenggara membutuhkan banyak inisiatif baru untuk mendorong generasi produktifnya agar mampu membangun sebuah usaha yang bernilai ekonomis. Salah satu inisiatif yang sedang populer saat ini adalah coworking space atau ruang kerja bersama yang mampu mewujudkan kolaborasi dengan inovasi tiada henti. Seperti yang dilakukan oleh perkumpulan Coworking di Indonesia, Coworking Indonesia yang baru saja diluncurkan sore tadi.

Ketua Coworking Indonesia, Faye Alund mengungkapkan bahwa visi besar dari Coworking Indonesia adalah untuk turut berkontribusi terhadap pertumbuhan GDP Indonesia. Dia juga menjelaskan, cara yang bisa dilakukan oleh Coworking Indonesia adalah dengan menangkap potensi ekonomi dari Industri baru yakni penyediaan kantor bersama (coworking space) bagi setiap elemen-elemen yang membangun sebuah komunitas profesional. Faye percaya bahwa melalui Coworking setiap profesi yang terlibat akan mengalami perkembangan.

"Berbagi ide dan berinteraksi dalam komunitas dari profesi beragam dan supportive membuat kita bisa mendapat umpan balik dan masukan dari pandangan yang berbeda-beda. Faktor-faktor inilah yang bisa sangat membantu perkembangan tiap coworker apakah sebagai wirausahawan, freelancer maupun pelakut startup," jelas Faye sebagaimana disampaikan pada GNFI dalam konferensi pers peresmian Coworking Indonesia Senin, (15/8) di Jakarta.

Peresmian Coworking Indonesia (Foto: Bagus DR/GNFI)
Peresmian Coworking Indonesia (Foto: Bagus DR/GNFI)

Melalui Coworking Indonesia, Dian Hasan selaku pengawas di momen yang sama juga mengungkapkan bahwa inisiatif ini dibentuk sebagai upaya untuk menciptakan ekosistem coworking yang lebih masif di Indonesia sehingga budaya untuk menempati ruang kerja bersama menjadi lebih dipahami dan diminati. Selain itu, Coworking Indonesia juga akan menjadi sebuah wadah konsultasi dan pelatihan bagi pihak-pihak yang juga ingin membentuk sebuah ruang coworking.

Ruang kerja bersama selama ini memang masih dianggap sebagai sesuatu yang baru di Indonesia. Tidak banyak pihak yang memahami bagaimana model bisnis baru ini dijalankan. Namun dikalangan anak muda khususnya generasi 90an yang mulai memasuki dunia kerja dan usaha, model bisnis ini dianggap sebagai solusi untuk kebutuhan akan kantor maupun tempat untuk bekerja. Selain cukup terjangkau, coworking space juga memiliki keunggulan berupa lingkungan komunitas yang kondusif.

Felencia Hutabarat, Managing Director dari coworking space Ke:Kini mengungkapkan bahwa bisnis coworking bukan sekadar tentang keuntungan, tetapi juga tentang nilai ataupun purpose yang dibangun melalui kekuatan komunitas. Itu sebabnya, berbagai pihak akhirnya menjadi bagian dari elemen-elemen penting bagi sebuah coworking space seperti misalnya para konsultan, pengusaha awal, pekerja lepas, profesional organisasi non-pemerintah, profesional agensi, pegiat startup, dan tidak ketinggalan para pengembang perangkat lunak ataupun game. Bila setiap elemen tersebut dapat bergerak bersama, berkolaborasi dan menciptakan inovasi bukan tidak mungkin perekonomian di Indonesia akan terus tumbuh sehingga dapat mensejahterakan banyak pihak.

Coworking Indonesia yang diinisiasi sejak 25 Februari 2016 yang lalu melalui konferensi Coworking di Bali, berencana akan mengadakan even lanjutan pada tahun 2017 di Bandung. Diharapkan, tahun depan jumlah coworking space yang tergabung dalam Coworking Indonesia akan terus bertumbuh menjadi lebih dari 100 coworking space. Saat ini, jumlah coworking space yang telah menjadi member dari Coworking Indonesia telah mencapai 40 coworking space.

Beberapa Coworking Space yang telah bergabung dengan Coworking Indonesia (Foto: Bagus DR/GNFI)
Beberapa Coworking Space yang telah bergabung dengan Coworking Indonesia (Foto: Bagus DR/GNFI)

Coworking space sendiri merupakan sebuah ruang kerja bersama yang memfasilitasi para pekerja perseorangan ataupun kelompok untuk mendapatkan produktifitas di ruang yang kondusif. Model bisnis ini lahir akibat adanya kebiasaan pekerja lepas (freelancer) yang bekerja di kafe-kafe ataupun tempat publik. Meski nyaman, namun ternyata bekerja dilokasi tersebut terbilang cukup banyak gangguan dan kurang interaksi. Sehingga produktifitas pekerja kerapkali terganggu. Itulah mengapa, kini coworking space berusaha hadir untuk memberikan ruang bekerja bagi para profesional yang membutuhkan tempat nyaman dan komunitas rekan kerja yang beragam. Tidak hanya itu, keistimewaan dari coworking space terletak pada bagaimana ruang kerja bersama tersebut bersedia untuk memberikan pembimbing (mentorship) maupun timbal balik instan (instant feedback) yang kerap kali tidak ditemukan di perkantoran konvensional.

Melalui inisiatif Coworking Indonesia diharapkan akan ada lebih banyak lagi profesional-profesional Indonesia yang lebih produktif, kolaboratif dan mampu menciptakan inovasi-inovasi baru.

Sumber : GNFI
Sumber Gambar Sampul : coworking.id

WHO merekomendasikan beberapa langkah dasar untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19.

  1. Cuci tangan sesering mungkin setidaknya selama 20 detik
  2. Jika batuk/bersin arahkan ke lipatan siku
  3. Bersihkan dan disinfeksi benda yang sering disentuh
  4. Tetap di rumah saja bagi yang bisa
  5. Hindari menyentuh wajah
  6. Jaga jarak fisik dengan orang lain (physical distancing)

Yuk, saling menjaga dan membantu. Semoga kita semuanya diberikan kesehatan dan bisa melalui keadaan saat ini.

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%
Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran terkait web ini kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Mengenal Struktur Perangkat Desa Tempo Dulu Sebelummnya

Mengenal Struktur Perangkat Desa Tempo Dulu

Menyaksikan Cara Seniman Memberi HIburan Saat Sedang #dirumahaja Selanjutnya

Menyaksikan Cara Seniman Memberi HIburan Saat Sedang #dirumahaja

Bagus Ramadhan
@bagusdr

Bagus Ramadhan

http://kulawarga.id

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.