Lupa Sandi?

Sambut Kemerdekaan, Warga Kampung Dawung Tengah Berkreasi Membatik Jalan

Agustina  Suminar
Agustina Suminar
0 Komentar
Sambut Kemerdekaan, Warga Kampung Dawung Tengah Berkreasi Membatik Jalan

Di kota, sudah jarang kita jumpai sebuah perayaan agustusan (istilah perayaan untuk menyambut kemerdekaan 17 Agustus) yang melibatkan tetangga dekat. Namun di desa, kegiatan agustusan menjadi momen paling ditunggu. Baik oleh anak-anak, remaja desa, maupun ibu-ibu.

Sumber:http://i2.wp.com
Sumber:http://i2.wp.com

Seperti peringatan agustusan yang dilakukan warga di kampung Dawung Tengah, Kelurahan Serengan,Kecamatan Serengan, Solo, ini. Pada tanggal 14 Agustus kemarin, dari pagi sampai siang hari warga beramai-ramai mempercantik desa dengan membatik jalan. Berbeda dengan batik biasanya yang menggunakan lilin/malam, mereka menggunakan cap tembok untuk mempercepat dan mempermudah pengerjaan. Selain jalan, tembok-tembok desa juga tak luput dari perhatian warga.

Ide ini tercetus saat warga tengah merencanakan kegiatan agustusan di desa Dawung Tengah. Namun karena waktu yang mepet dan panitia acara yang belum terbentuk, akhirnya warga memutuskan untuk membatik desa dengan menggunakan motif kawung. Selain tidak membutuhkan banyak persiapan, membatik juga memberi kebebasan kepada masyarakat untuk berkreasi dalam bidang seni

Batik menjadi salah satu identitas kota Solo. Itulah kenapa warga kampung Dawung Tengah lebih memilih membatik massal untuk acara peringatan kemerdekaan daripada perlombaan atau sejenisnya. Karena dengan begitu, acara ini sekaligus ingin mengajak masyarakat untuk mengingat salah satu aset budaya bangsa.

Menjadikan jalan dan tembok sebagai objek gambar memang hal yang unik dan menarik. Apalagi tak hanya anak muda, para orang tua dari beragam usia juga ikut meramaikan peringatan kemerdakaan ini. Selain untuk mempererat keakraban antar warga, membatik desa juga menimbulkan atmosfer yang berbeda.

Sumber:http://cdn-2.tstatic.net
Sumber:http://cdn-2.tstatic.net

Hidup di desa yang elok, dengan jalan-jalan dan tembok-tembok warna-warni tentu menjadi impian setiap masyarakat yang ingin merasakan kemeriahan momen kemerdekaan.




Sumber :

tribunnews


Sumber Gambar :

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG AGUSTINA SUMINAR

We write to taste life twice. ... Lihat Profil Lengkap

Next
BJ. Habibie

Tanpa cinta, kecerdasan itu berbahaya. Dan tanpa kecerdasan, cinta itu tidak cukup.

— BJ. Habibie