Selokan Bening Klaten

Selokan Bening Klaten
info gambar utama

Wilayah Kabupaten Klaten diberkahi dengan sumber mata air yang deras. Diantara sumber air tanah itu dapat dimanfaatkan untuk irigasi sawah, Keperluan rumah tangga serta dimanfaatkan untuk air minum baik oleh perusahaan milik daerah maupun swasta. Jadi ceritanya daerah sini itu banyak umbul, airnya bening-bening, bahkan air selokan sawah aja bening. Caption (Sumber Gambar)Beberapa umbul mata air di lereng Merapi ini dimanfaatkan sebagai kolam pemandian dan salah satu yang terkenal adalah Pemandian Cokro Tulung Klaten. Pemandian Cokro Tulung memanfaatkan sumber air dari Kali Busur yang terletak di Kecamatan Tulung Kabupaten Klaten. Saat ini pemandian Cokro tulung menjadi salah satu wisata andalan di Kabupaten Klaten. Caption (Sumber Gambar)Bahkan salah satu Umbul disini dipake untuk ngisi galon salah satu perusahaan air minum kemasan. Hal itu terlihat dari keseriusan pihak terkait untuk membangun kompleks wisata pemandian Cokro Tulung menjadi Obyek Mata Air Cokro Tulung (OMAC).

Warga sekitar memanfaatkan air ini juga untuk mencuci atau mandi namun tidak memakai deterjen. Hmmm, mungkin itu sebabnya selokan tetap bening. Kejernihan bisa jadi karena kesadaran tinggi warga juga untuk tidak membuang sampah sembarangan di sana. Nah, mental warga Klaten kayak gini patut kamu tiru nih, guys

Caption (Sumber Gambar)

Sumber : Reszi Ariefianda
Sumber Gambar Sampul : Google

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini