9 Lokasi Upacara Unik untuk Memperingati Hari Kemerdekaan RI

9 Lokasi Upacara Unik untuk Memperingati Hari Kemerdekaan RI
info gambar utama

Berbagai cara yang unik dilakukan warga Indonesia untuk merayakan hari kemerdekaan. Selain upacara di darat, beberapa tahun terakhir banyak tim yang berhasil melaksanakan upacara 17 Agustus dan mengibarkan bendera di bawah laut hingga puncak gunung. Selain itu, berikut adalah lokasi unik yang digunakan masyarakat Indonesia untuk upacara memperingati HUT RI:

  • Di Bawah Tanah
foto: liputan6.com
info gambar

Upacara di bawah tanah pertama kali dilakukan oleh para karyawan PT Freeport Indonesia pada Minggu 17 Agustus 2014. Upacara ini dilaksanakan di area tambang bawah tanah Deep MLZ, Tembagapura, Timika, Papua. Kedalaman tambang ini mencapai 1,4 km dibawah permukaan tanah. Tahun 2015 lalu, PT Freeport kembali mengibarkan bendera merah putih di area tambang bawah tanah untuk memperingati HUT RI yang ke 70.

  • Di Dalam Goa
upacara di dalam goa oleh Lawalata. foto: blogspot
info gambar

Perkumpulan Mahasiswa Pencinta Alam (Lawalata) Institut Pertanian Bogor sering mengibarkan sang merah putih di dalam goa. Dimulai pada tahun 2009, Lawalata melaksanakan upacara di goa terdalam di Indonesia, yaitu Goa Leang Pute sedalam 270 meter di Taman Nasional Bantimurung, Makassar. Tahun berikutnya, Lawalata menuruni Goa Sigodawang sedalam 18 meter. Pada tahun 2011 mereka kembali melaksanakan upacara tepat pada tanggal 17 Agustus 2011, di Goa vertikal Sibeusi, Kabupaten Bogor yang mempunyai kedalaman 17 meter.

  • Di Tengah Laut
upacara di tengah laut pantai baron. foto: okezone.com
info gambar

Tahun ini upacara bendera di tengah laut akan kembali dilaksanakan di Pantai Baron, Yogyakarta. Kegiatan ini merupakan yang keempat kalinya digelar untuk mengibarkan bendera pada sekitar 200 meter di tengah laut. Peserta upacara tahun ini terdiri dari personel SAR, nelayan, kelompok sadar wisata, dan relawan termasuk masyarakat umum. Pasukan pengibar bendera pun terdiri dari barisan berjumlah 17, 8, dan 45 orang. Pengibaran bendera dilakukan menggunakan kapal nelayan dan seluruh peserta wajib menggunakan pelampung.

  • Di Sungai
upacara di sungai tangsi, Magelang. foto: suaramerdeka.com
info gambar

Pengibaran sang merah putih di sungai pernah dilakukan dibeberapa daerah. Diantaranya di Sungai Ciliwung, Sungai Tangsi Magelang, Sungai Deli Medan, dan Sungai Pelus Jawa Tengah.

  • Di Akuarium
upacara bersama hiu di sea world. foto: rakyatmerdeka.co.id
info gambar

Bagaimana jika upacara dilakukan di dalam aquarium berukuran raksasa dan berisi ikan hiu? Hal ini telah dilakukan di wahana bawah air Sea World, Ancol, Jakarta selama bertahun-tahun. Tahun ini Sea World kembali mengadakan upacara bendera di dalam aquarium ikan hiu bersama tiga penyelam professional.

  • Di Waduk
upacara di Waduk Gajah Mungkur, Wonogiri. foto: antara.com
info gambar

Pada tahun 2012 anggota Masyarakat Gajah Mungkur (MGM) yang terdiri dari nelayan, petani ikan, pencari batu, dan pedagang melaksanakan upacara pengibaran bendera Merah Putih di Waduk Gajah Mungkur, Wonogiri, Jawa Tengah. Upacara untuk memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-67 ini dilakukan di atas kapal nelayan.

  • Di Pasar Tradisional
upacara di pasar Nongko, Solo. foto: voanews.com
info gambar

Upacara memperingati hari kemerdekaan ke-69 dirayakan secara unik oleh para pedagang pasar tradisional Pasar Nongko di Solo. Upacara digelar di antara lapak dan kios pedagang. Selain itu, upacara ini juga dilengkapi dengan acara potong tumpeng. Upacara ini melibatkan semua pedagang pasar, uniknya lagi komandan upacara mereka berbaju tradisonal adat Jawa, busana beskap, dan blangkon. Selain di pasar Nongko, upacara 17 Agustus juga pernah dilakukan di Pasar Gede, Solo.

  • Di Dalam Mall
upacara di Plaza Blok M. foto: blogspot.com
info gambar

Upacara bendera juga pernah diadakan di pusat perbelanjaan. Peserta upacara ini adalah 250 orang pelajar yang tergabung dalam Indonesia Student and Youth Forum (ISYF) yang berasal dari 171 sekolah di 31 provinsi yang ada di Indonesia. Upacara bendera ini diselenggarakan di Plaza Blok M, Jakarta pada tahun 2014 lalu.

  • Di Kebun Binatang
upacara bersama satwa di Taman Safari Prigen. foto: pasuruankab.go.id
info gambar

Tak hanya manusia, upacara 17-an di Taman Safari Indonesia II di Prigen, Jawa Timur dihadiri oleh para satwa. Belasan ekor satwa ikut berbaris mengikuti upacara pada 2013 lalu. Bahkan ada satwa yang terlibat langsung menjadi petugas upacara pengibar bendera. Yaitu seekor gajah Sumatera yang menarik bendera merah putih menggunakan belalainya.



Sumber : voaindonesia.comkompas.com liputan6.com

Sumber Gambar : goodnewsfromindonesia.id

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini