Lupa Sandi?

Serunya Peringatan 17-an di Luar Negeri, Dari Pengibaran Bendera di Kawasan Danau Hingga Tutup Jalan di LA

Arifina Budi
Arifina Budi
0 Komentar
Serunya Peringatan 17-an di Luar Negeri, Dari Pengibaran Bendera di Kawasan Danau Hingga Tutup Jalan di LA

Menjelang peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-71, masyarakat Indonesia begitu antusias menyambutnya dengan berbagai macam kegiatan. Yang tak pernah terlewatkan adalah adanya lomba-lomba khas tujuhbelasan di RT dan RW berbagai daerah di Indonesia, bersih-bersih desa, hingga jalan sehat.

Kemeriahan itu pun dirasakan oleh warga Indonesia yang berada di luar negeri. Pihak Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) maupun Konsulat Jendral Republik Indonesia (KJRI) selalu mengadakan kegiatan-kegiatan seru dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Indonesia ini.

Ada yang spesial dari peringatan hari kemerdekaan RI di Australia. Pada peringatan ke-71 kali ini, KBRI Canberra mengibarkan bendera Merah Putih kebanggaan Indonesia di Danau Burley Griffin Canberra, Australia pada 8 Agustus lalu. Pengibaran bendera ini dilakukan dalam acara gerak jalan santai yang diadakan oleh KBRI Australia dengan rute KBRI Canberra, Danau Burley Griffin, dan Commonwealth Park sepanjang lima kilometer.

Para peserta gerak jalan santai di Canberra mengibarkan Sang Merah Putih di Danau Burley Griffin (Foto: KBRI Canberra)
Para peserta gerak jalan santai di Canberra mengibarkan Sang Merah Putih di Danau Burley Griffin (Foto: KBRI Canberra)

Di bawah kibaran Sang Merah Putih, lebih dari 450 warga Indonesia dan sejumlah masyarakat Australia turut ikut dalam acara gerak jalan ini. Hawa dingin yang mencapai 3 derajat Celcius tidak menyurutkan antusiasme dan kehidmatan para peserta. Perasaan haru dan bangga dirasakan oleh para peserta ketika menyanyikan lagu-lagu nasional.

Tak hanya gerak jalan, KBRI juga mengadakan lomba-lomba khas tujuhbelasan seperti makan kerupuk, memasukkan paku ke dalam botol, lomba joget, stand-up comedy, serta cerdar-cermat bertema kebangsaan. Pun demi mengobati rasa kangen warga Indonesia terhadap tanah air, KBRI menyediakan makanan-makanan khas Indonesia.

Nanti pada 17 Agustus KBRI akan menyelenggarakan Upacara Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI dengan mengundang berbagai kalangan. Sejumlah atraksi menarik akan ditampilkan, termasuk peragaan berbaris pasukan Paskibra.

Keseruan lomba makan kerupuk di KBRI Canberra (Foto: KBRI Canberra)
Keseruan lomba makan kerupuk di KBRI Canberra (Foto: KBRI Canberra)

Tak jauh berbeda dengan di Canberra, KJRI di Los Angeles, Amerika Serikat juga mengadakan gerak jalan santai pada hari Minggu lalu (14/8). Demi lancarnya acara gerak jalan ini, Wilshire Boulevard, yang merupakan salah satu jalan protocol utama di kota Los Angeles sekaligus lokasi KJRI, bahkan ditutup dari aktivitas lalu lintas kendaraan bermotor.

Menurut Konsul Jendral RI Los Angeles Umar Hadi, penutupan jalan utama ini bertujuan untuk menggelar acara yang berkaitan perayaan 17 Agustus. Bukan Cuma warga Indonesia yang memadati Wilshire Boulevard, banyak juga warga setempat yang memanfaatkan car free day di sana untuk bersepeda ria dan jalan santai serta mengikuti acara yang bertajuk CicLAvia itu.

Suasana perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-71 di KJRI Los Angeles (Foto: KJRI LA)
Suasana perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-71 di KJRI Los Angeles (Foto: KJRI LA)

Yang unik lagi, di teras depan KJRI Los Angeles dtampilkan pagelaran gamelan dan tari Bali yang menarik perhatian para peserta CicLAvia. Pun warga Negara Indonesia dengan antusias mengikuti beragam lomba yang diadakan KJRI Los Angeles yang kemudian acara ini ditutup dengan nonton bareng film Epen Cupen ala layar tancap di malam hari.


Sumber : viva.co.id detik.com
Sumber Gambar : KBRI Canberra, KJRI LA

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau100%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG ARIFINA BUDI

Pencerita hal-hal baik untuk dunia. ... Lihat Profil Lengkap

Ikuti

ARTIKEL TERKAIT

7 Selebriti Internasional Keturunan Indonesia

Good News From Indonesia2 minggu yang lalu

Inilah 7 Cara ASEAN Tahan Hadapi Bencana

Good News From Indonesia2 minggu yang lalu

7 Film Indonesia di Ajang Oscar

Good News From Indonesia3 minggu yang lalu
Next
BJ. Habibie

Tanpa cinta, kecerdasan itu berbahaya. Dan tanpa kecerdasan, cinta itu tidak cukup.

— BJ. Habibie