Telkom Mendukung Industri Musik Indonesia yang Sehat melalui ‘Gempita’

Telkom Mendukung Industri Musik Indonesia yang Sehat melalui ‘Gempita’
info gambar utama

PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) bersama Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) akan menciptakan iklim industri musik Indonesia yang sehat melalui Gerakan Musik Positif Indonesia (Gempita). Gempita adalah aplikasi streaming musik seperti Spotify dan Joox. Saat ini Gempita masih dalam proses penyempurnaan dan masih terus dibicarakan dengan para label musik lokal. Targetnya, aplikasi ini akan dirilis akhir tahun 2016.

Gempita akan menjadi wadah bagi pemusik lokal untuk memasarkan musiknya secara digital. Deputi Infrastruktur Bekraf, Hari Sungkari menuturkan saat ini ada pergesaran tren yang terjadi di pasar Indonesia. Penikmat musik tak lagi mendengarkan dengan membeli CD, namun melalui layanan streaming musik yang lebih mudah. Karena alasan itulah, kehadiran Gempita nanti diharapkan dapat membawa industri musik Indonesia ke arah yang lebih sehat.

Nilai positif yang didapat oleh musisi dengan Gempita adalah, dapat menekan angka pembajakan di Indonesia. Musisi Indonesia mendapat informasi yang lebih transparan. Lewat digital, seorang penulis lagu bisa langsung tahu jumlah pengguna yang mendengarkan lagunya. Dari situ, musisi juga bisa langsung mendapatkan royalti dari jumlah pendengar lagunya. Informasi itu sulit ditemui saat penjualan dilakukan dalam bentuk album fisik.

Bagi konsumen, Gempita akan menawarkan harga langganan per bulan yang lebih murah dibanding aplikasi streaming musik yang lain. Aplikasi ini memfasilitasi masyarakat pecinta musik agar dapat menikmati karya musik secara legal. Gempita akan fokus pada musik-musik buatan musisi dalam negeri. Sedangkan musik luar negeri akan disediakan dalam jumlah yang lebih sedikit.

Telkom akan mengembangkan ekosistem musik digital dalam bentuk platform, aplikasi, dan komersialisasinya dengan memanfaatkan inkubasi bisnis digital yang dimiliki. Sementara Bekraf berperan menumbuhkan kembali industri musik yang sehat berbasis digital.

“Musik digital bukan saja akan mewarnai budaya Indonesia tetapi juga harus dapat menghidupi para musisi, pencipta, penyanyi, dan industri yang bernaung di bawahnya. Telkom dan Bekraf akan terus mengembangkan bentuk kerja sama paling optimal dan mendukung penuh Gempita,” kata Direktur Utama Telkom.




Sumber : tempo.coliputan6.comindotelko.com
Sumber Gambar : indotelko.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini