Lupa Sandi?

4 Lagu Daerah yang Terkenal sampai Mancanegara

Agustina  Suminar
Agustina Suminar
0 Komentar
4 Lagu Daerah yang Terkenal sampai Mancanegara

Musik adalah penyatu, bersifat universal, berkata dengan nada. Meskipun Indonesia terdiri dari 34 provinsi dengan lagu daerah yang beraneka ragam, namun tiap masyarakat di daerah tertentu di Indonesia juga akrab lagu dari daerah lain. Bahkan tidak hanya orang Indonesia, warga asing pun juga menyukai beberapa lagu daerah asal Indonesia. Terbukti di beberapa pertunjukan, lagu daerah asal Indonesia dinyanyikan di beberapa acara luar negeri. Berikut lagu-lagu daerah asal Indonesia yang terkenal sampai mancanegara:

  1. Soleram

Soleram merupakan lagu daerah asal Riau. Lagu ini menceritakan tentang cinta dan persahabatan. Lirik lagu Soleram cukup pendek, mendayu-dayu, merdu dan mudah diingat. Tidak hanya orang Indonesia, lagu daerah Soleram juga banyak digemari warga asing.

Sebelum banyak dibawakan di Malaysia, Soleram sudah banyak diputar di kancah Internasional. Ini bermula saat penyanyi Afrika bernama Miriam Makeba sering mendendangkan lagu daerah tersebut.Selain itu lagu ini juga pernah dilantunkan dalam konser Rony Marton bersama Triobab di ibu kota Praha, Republlik Ceko.

Iramanya yang pelan dan damai membuat pendengar nyaman dan cepat tertidur. Tidak heran banyak warga asing menyukai lagu Soleram karena dianggap sebagai lagu pengantar tidur. Berikut kutipan dari lagu Soleram:

Baca Juga

Soleram Soleram Soleram
Anak yang manis
Anak manis janganlah dicium sayang
Kalau dicium merah lah pipinya

  1. Ampar-ampar Pisang

Di beberapa video yang tersebar di youtube, lagu daerah ampar-ampar pisang banyak dinyanyikan di beberapa orchestra di luar negeri. Salah satunya dari sebuah pertujukan di Vienna yang bernama From Indonesian Folk. Bahkan tidak hanya Ampar-ampar Pisang, lagu daerah Jali-jali juga ikut dinyanyikan dalam konser tersebut.

Pertunjukan From Indonesian Folks. Sumber:i.ytimg.com
Pertunjukan From Indonesian Folks. Sumber:i.ytimg.com

Lagu ampar-ampar pisang sendiri berasal dari daerah Kalimantan Selatan yang diciptakan oleh Hamiedan AC. Lagu ini terinspirasi dari rutinitas masyarakat setempat saat membuat rimpi yang terbuat dari pisang.

Ampar berarti susun. Sehingga ampar-ampar pisang bermakna pisang yang disusun lalu dibiarkan hingga matang. Setelah matang kemudian dijemur agar tekstur pisang mengeras dan memiliki bau yang khas. Sedangkan bari-bari dalam lirik lagu merupakan hewan kecil yang bisa terbang. Kebiasaan hewan ini adalah selalu mengerubuti pisang yang diampar. Berikut kutipan dari lirik lagu Ampar-ampar Pisang:

Ampar ampar pisang
Pisangku balum masak
Masak bigi di hurung bari-bari
Masak bigi di hurung bari-bari

  1. Anak Kambing Saya

Lagu daerah yang berasal dari Nusa Tenggara Timur ini sudah akrab di telinga masyarakat Indonesia. Namun siapa sangka bahwa lagu daerah ini juga sudah populer di mancanegara. Ini terbukti saat kunjungan Duta Besar Republik Indonesia beserta staf KBRI beberapa waktu lalu, salah satu sekolah musik Ryulgok. Pyongyang, Korea Utara menyanyikan lagu daerah yang satu ini dengan menggunakan bahasanya.

Lagu daerah asal NTT ini bercerita sorang tua yang sedang mencari anak kesayanganya. Selain itu juga menggambarkan tentang kebersamaan dan persahaban seorang anak. Karena berkaitan dengan anak-anak, tidak heran jika lagu ini sering di putar di tempat tempat-tempat hiburan dan permainan. Berikut kutipan dari lirik lagu Anak Kambing Saya:

Mana dimana anak kambing saya

Anak kambing tuan ada di pohon waru
Mana dimana jantung hati saya
Jantung hati tuan ada di kampung baru

  1. Potong Bebek Angsa

Selain lagu Anak Kambing Saya, satu lagi lagu daerah asal Nusa Tenggara Timur yang melalang buana ke Internasional. Lagu Potong Bebek Angsa dinyanyikan di Festival Paduan Suara Internasional Singapura oleh orkestra paduan suara Zechariah Goh.

Makna dari lagu ini sendiri sebenarnya tidak terlalu banyak makna. Nadanya yang riang memang sangat cocok untuk anak-anak. Irama dalam lagu ini membuat setiap orang yang mendengarnya selalu ingin menari dan bernyanyi. Berikut kutipan dari lirik lagu Potong Bebek Angsa:

Potong bebek angsa, masak di kuali
Nona minta dansa, dansa empat kali
Sorong ke kiri, sorong ke kanan
Sorong ke kiri, sorong ke kanan
La la la la la ...


(wikipedia dan banyak sumber)
Sumber Gambar : wikimedia

Pilih BanggaBangga61%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang39%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG AGUSTINA SUMINAR

We write to taste life twice. ... Lihat Profil Lengkap

Ikuti
Next
Ki Hajar Dewantara

Anak-anak hidup dan tumbuh sesuai kodratnya sendiri. Pendidik hanya dapat merawat dan menuntun tumbuhnya kodrat itu.

— Ki Hajar Dewantara