Lupa Sandi?

Sinergi BUMN Berangkatkan Anak-Anak Negeri Kenali Ibu Pertiwi

Isniyah Zulfah
Isniyah Zulfah
0 Komentar
Sinergi BUMN Berangkatkan Anak-Anak Negeri Kenali Ibu Pertiwi

Kalau ingin tahu tentang tempat wisata atau kuliner khas sebuah daerah, kita tak harus bertanya langsung kepada penduduk asli daerah itu sendiri sekarang. Masyarakat saat ini dapat mengenali tempat wisata dan kuliner yang khas di suatu daerah meskipun mereka bukan berasal dari daerah tersebut. Mungkin karena sudah pernah berkunjung ke sana atau juga yang ngetren saat ini, lewat internet. Berbekal kata kunci di laman mesin pencari, atau gali-gali di akun-akun media sosial maupun laman-laman blog pelancong. Tak perlu berangkat ke kota yang dimaksud kita bisa tahu apa yang khas dari daerah sana.

Namun mengenali Indonesia, bukan hanya dengan begitu saja. Mengenali kekayaan lainnya seperti sumber daya alam, perekonomian daerah tersebut juga perlu. Jangan hanya mengenali tempat tinggal sendiri, karena kita semua dalam wilayah yang sama, satu Indonesia. Maka patutlah kita tahu mengenai kekayaan negara kita sendiri.

Hal inilah yang sudah dilakukan 20 siswa-siswi perwakilan dari 34 provinsi yang ada di Indonesia. Para pelajar kelas XI SMA dan sederajat ini mendapat kesempatan untuk tinggal sebentar dan mengetahui secara langsung bagian dari ibu pertiwi, yang tidak menjadi pemandangan setiap hari di kehidupan mereka. Melalui program “Siswa Mengenal Nusantara”(SMN) 2016 yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN dan difasilitasi oleh seluruh BUMN yang memiliki wilayah kerja di 34 provinsi seluruh Indonesia, para pelajar ini terlibat dalam program seperti pertukaran pelajar namun ini di tingkat provinsi. Tujuan dari program Siswa Mengenal Nusantara adalah untuk menanamkan rasa bangga sebagai bangsa, yang memiliki keragaman kekayaan Nusantara, melalui proses pertukaran informasi dan kebudayaan. Program ini sekaligus sebagai peran nyata Kementerian BUMN dan BUMN dalam turut serta "Membangun Kapasitas Nasional (National Capacity Building)” dan termasuk dalam program bernama ‘BUMN hadir untuk negeri’.

“Siswa Mengenal Nusantara” dilaksanakan menjelang hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-71. Program ini berjalan selama satu minggu, dimulai pada 4 Agustus 2016 lalu, semua siswa serentak dilepas di provinsi masing-masing.

Menteri BUMN, Rini Soemarno menyampaikan pesannya saat menerima perwakilan siswa dari seluruh Indonesia di Jakarta pada hari Kamis (11/8) di kantor kementerian BUMN, “generasi muda, khususnya di usia 15 sampai 18 tahun, harus semakin kenal Indonesia.”
Program ini, kata Rini, sudah berlangsung sejak tahun lalu. "Idenya tercetus ketika akan menyambut 70 tahun kemerdekaan Indonesia. Dari situ kami berpikir harus membuat sesuatu untuk generasi muda, salah satunya adalah mengajak mereka untuk semakin mengenal Indonesia melalui program ini," kata Menteri Rini seperti yang dikutip dari Antara.
Alasan dipihnya siswa Sekolah Menengah Atas untuk mengikuti program Siswa Mengenal Nusantara, karena di usia itulah mereka akan belajar berbagi atas apa yang mereka peroleh.

"Anak-anak di usia itu akan sharing tentang apa yang mereka terima kepada teman-temannya. Oleh karena itu, melalui program ini, kami berharap mereka dapat membagi pengalamannya ke semua orang selama berkeliling di Indonesia," lanjut Rini.
Melalui pertukaran pelajar ini perusahaan berkomitmen menumbuhkan dan memupuk rasa kebanggaan berbangsa pada generasi muda khusunya siswa sekolah, dan menumbuhkan kesadaran bahwa keragaman itu merupakan kekuatan NKRI. Di tangan generasi muda tersebut potensi bangsa yang besar dapat diolah dengan baik yang akan mengantarkan Indonesia menjadi bangsa yang besar.

Dalam program ini, BUMN juga memberikan bantuan biaya pendidikan bagi siswa SMA kurang mampu yang akan melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi. Nantinya alumni siswa pertukaran pelajar ini akan membentuk forum komunikasi melalui media sosial serta memonitoring prestasi mereka.

Program pertukaran siswa mengenal nusantara dari 34 provinsi di Indonesia bakal memberikan kontribusi kepada para siswa untuk dapat didik dengan memberikan wawasan dan rasa cinta terhadap bangsa. Tidak hanya mengenal bagian Indonesia lainnya, namun dengan acara ini para pelajar ini dapat mengenalkan budaya daerahnya ke provinsi yang mereka kunjungi.

Diharapkan melalui kegiatan ini para peserta dapat memiliki rasa cinta tanah air dan wawasan yang luas mengenai kebudayaan Indonesia, pendidikan dan kewirausahaan. Peserta maupun pemangku kepentingan pun diharapkan akan memiliki pandangan yang baik tentang Kementerian BUMN dan seluruh BUMN Indonesia, yang telah berperan dalam meningkatkan Daya Saing Bangsa, melalui kerja nyata yang berdampak langsung tersebut. Dengan cara demikian, mereka dapat menularkan ilmu dan wawasan yang mereka dapat selama mengikuti program Siswa Mengenal Nusantara kepada teman-teman mereka yang lainnya.

Harapan terhadap siswa siswi yang telah mengikuti program ini, mereka tidak hanya mendapatkan pemahaman tentang daerah wisata di provinsi yang dikunjungi, tetapi juga akan mendapatkan wawasan yang lebih luas akan keragaman aktivitas wisata dan ekonomi di Indonesia.



Sumber :antaranews bumn.go.id


Sumber Gambar :
ptpnix.co.id

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG ISNIYAH ZULFAH

A learner. ... Lihat Profil Lengkap

Ikuti
Next
Ki Hajar Dewantara

Anak-anak hidup dan tumbuh sesuai kodratnya sendiri. Pendidik hanya dapat merawat dan menuntun tumbuhnya kodrat itu.

— Ki Hajar Dewantara