Lupa Sandi?

Uniknya Bahasa Indonesia, Dipakai dari Dunia Sampai ke Luar Angkasa

Arifina Budi
Arifina Budi
0 Komentar
Uniknya Bahasa Indonesia, Dipakai dari Dunia Sampai ke Luar Angkasa

Bahasa Indonesia ternyata tidak hanya menjadi Bahasa yang dipakai oleh bangsa kita melainkan juga dipelajari bahkan digunakan dalam percakapan sehari-hari di beberapa Negara lain. Bahasa Indonesia yang menjadi Bahasa ibu masyarakat kita nyatanya telah mendunia dan menjadi Bahasa resmi ASEAN pula. Namun, ada beberapa hal unik lainnya yang dimiliki oleh Bahasa Indonesia.

  1. Bahasa Indonesia dijadikan bahasa resmi kedua di Vietnam

Pemerintah Daerah Ho Chi Minh City, Vietnam, mengumumkan Bahasa Indonesia menjadi bahasa kedua secara resmi pada bulan Desember 2007. “Bahasa Indonesia sejajar dengan Bahasa Inggris, Prancis dan Jepang sebagai bahasa kedua yang diprioritaskan,” kata Konsul Jenderal RI di Ho Chi Minh City untuk periode 2007-2008, Irdamis Ahmad.

Atas kebijakan ini, beberapa universitas di Vietnam seperti Universitas Hong Bang, Universitas Nasional HCMC, dan Universitas Sosial dan Humaniora membuka program studi Bahasa Indonesia.

  1. Bahasa Indonesia dipelajari oleh lebih dari 45 negara di dunia

Minat orang-orang asing untuk mempelajari Bahasa Indonesia terbilang tinggi. Menurut Dirjen Informasi dan Diplomasi Publik Departemen Luar Negeri Andri Hadi, saat ini ada 45 negara yang mengajarkan Bahasa Indonesia di wilayahnya, seperti Australia, Amerika, Kanada, Vietnam, dan sebagainya. Di Australia bahkan Bahasa Indonesia menjadi Bahasa popular ke empat dan ada 500 sekolah yang menjadikannya mata pelajaran. Karena menjadi mata pelajaran ini pula tidak sedikit anak-anak kelas 6 SD di Australia yang sudah mahir berbahasa Indonesia.

Baca Juga
  1. Wikipedia Bahasa Indonesia menduduki peringkat ke-26 dunia dan terbesar ketiga di Asia

Menulis ensiklopedia bebas di internet semakin digemari masyarakat Indonesia. Bahkan ensiklopedia bebas berbahasa Indonesia, Wikipedia Indonesia, telah menjadi ensiklopedia elektronik terbesar ketiga setelah Wikipedia berbahasa Jepang dan Mandarin.

“Wikipedia Indonesia kini berada di peringkat 26 dari 250 Wikipedia berbahasa asing di dunia. Sedangkan di tingkat Asia kita berada di peringkat tiga, setelah Jepang dan Mandarin,” ujar Ivan Lanin, dosen Information Communication Technology (ICT). “Kontributor semakin bertambah, demikian juga dengan artikelnya. Isinya juga semakin variatif,” lanjutnya.

  1. Paling banyak digunakan di Wordpress

Bahasa Indonesia adalah bahasa yang menempati urutan ketiga yang paling banyak digunakan dalam posting-posting­ WordPress setelah bahasa Spanyol. Indonesia juga merupakan negara kedua terbesar di dunia yang pertumbuhannya paling cepat dalam penggunaan engine blog itu. Dalam 6 bulan terakhir tercatat 143.108 pengguna baru WordPress dari Indonesia dan telah ada 117.601.633 kunjungan melalui 40 kota di Indonesia.

  1. Bahasa dan musik Indonesia diperdengarkan sampai ke luar angkasa

Satelit Voyager, satelit milik NASA, memiliki bagian dalam berupa piringan emas. Isi dari piringan emas ini dipilih untuk NASA oleh sebuah tim yang diketuai oleh Carl Sagan dari Universitas Cornell. Dr. Sagan dan timnya mengumpulkan 115 gambar berikut sebuah rekaman suara-suara alam, seperti suara ombak, angin, petir, serta suara-suara binatang, termasuk kicauan burung dan suara dari ikan paus. Selain itu, piringan ini juga diisi dengan musik dari berbagai budaya dan era yang berbeda, serta ucapan salam dalam 55 bahasa termasuk diantaranya bahasa Indonesia. 


Sumber : elshinta
Sumber Gambar : indirarahmaa.blogspot.com

Pilih BanggaBangga83%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli11%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau6%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG ARIFINA BUDI

Pencerita hal-hal baik untuk dunia. ... Lihat Profil Lengkap

Ikuti
Next
Evan Dimas

Semua bisa dikalahkan kecuali Tuhan dan orang tua.

— Evan Dimas