2025, Sejarah Baru akan Tercatat di Dunia Digital Indonesia

2025, Sejarah Baru akan Tercatat di Dunia Digital Indonesia
info gambar utama

Google memprediksi, pada 2025 Indonesia akan menjadi kekuatan ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara.

Hal ini disampaikan Henky Prihatna selaku Kepala Industri Google Indonesia (Country Industri Head Google Indonesia), dalam seminar wining the digital war yang berlangsung di Jakarta, Senin (22/8/2016).

Perkembangan Indonesia di bidang internet cukup pesat, meski saat ini, digital ekonominya jauh tertinggal dibandingkan China dan India.

Dia menyampaikan, Indonesia telah memiliki 100 juta pengguna internet. Jumlah tersebut menempatkan Indonesia pada posisi lima terbesar dunia.

Menurut Henky, pengembangan broadband dan penetrasi perangkat ponsel akan dapat membantu percepatan pengguna internet di Indonesia.

Yang menjadi tantangan bagi Indonesia, katanya, adalah kondisi geografisnya. Indonesia merupakan negara kepulauan dengan ribuan pulau yang tersebar.

"Indonesia itu kepulauan, China lebih continen, jadi logistik lebih berat secara geografis," ujarnya.

Upaya pemerintah melalui pembangunan infrastruktur broadband internet melalui proyek Palapa ring, menurutnya, patut diapresiasi.

Diharapkan, dengan adanya koneksi internet di berbagai daerah, penetrasi ekonomi digital akan semakin dalam dan meluas. (Times Indonesia)

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Akhyari Hananto lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Akhyari Hananto.

Terima kasih telah membaca sampai di sini