Delegasi Mahasiswa FHUI Bawa Pulang Kemenangan dari Sri Lanka

Delegasi Mahasiswa FHUI Bawa Pulang Kemenangan dari Sri Lanka
info gambar utama

Mahasiswa asal Indonesia membuktikan kembali bahwa mereka adalah insan yang unggul. Berita prestasi kembali didapatkan kali ini dari delegasi Fakultas Hukum Universitas Indonesia (UI) yang berhasil meraih kemenangan dalam ajang ALSA International Moot Court (AIMCC) yang diadakan pada tanggal 19—21 Agustus 2016 di Kolombo, Sri Lanka.

Sebagaimana dilansir Berita UI, dalam ajang simulasi persidangan tersebut lima delegasi mahasiswa UI berhasil membawa pulang piala Champion dan dinobatkan sebagai Best Memorial for Claimant. Pencapaian ini semakin istimewa karena di tahun lalu UI juga membawa pulang kemenangan.

Lima anggota tim FHUI tersebut terdiri dari Raoul Aldy Muskitta angkatan 2012, Aldwin Octavianus Wijaya angkatan 2014, Angky Banggaditya angkatan 2014, dan Jovico Nicolaus Honanda dari angkatan 2013. Sedangkan diposisi pelatih adalah Howard Julio Tigris yang juga mahasiswa FHUI angkatan 2013.

Kompetisi simulasi persidangan tersebut terdiri dari dua tahap, yakni tahap memorial dan tahap international oral rounds. Di dalam tahap international oral rounds sendiri terbagi lagi menjadi dua tahap yakni preliminary round dan final round. Hanya dua tim terbaik yang akan masuk dalam tahap final round.

Lawan dari anak-anak bangsa yang berangkat dalam kompetisi tersebut tidak main-main. Dalam babak final, tim FHUI harus berhadapan dengan delegasi dari universitas kebanggaan Singapura, National University of Singapore (NUS). Namun akhirnya Merah Putih tetap berjaya dan berhak membawa pulang Trophy of Rajah & Tann Asia ke Indonesia.

— Fakultas Hukum UI (@HukumUI) 21 August 2016

Ajang AIMCC merupakan ajang kompetisi peradilan semu tahunan yang diadakan oleh ALSA Internasional sebuah organisaso nirlaba yang menaungi mahasiswa Fakultas Hukum dari seluruh Asia. Dalam ajang tersebut diikuti oleh delegasi-delegasi dari 15 negara yang menjadi anggota.

Jovico salah seorang peserta mengungkapkan bahwa mengikuti kompetisi ini memberikan manfaat bagi dirinya dan tim. Selain mendapat pengetahuan dirinya juga mendapatkan wawasan baru tentang berbagai tema dan isu hukum terbaru, seperti yang menjadi tema AIMCC tahun ini yaitu investment law.

“Selain itu, kami juga mendapatkan teman-teman baru dari berbagai penjuru Asia dan relasi yang baik dengan dewan juri,” ujar Jovico.

Sumber : Berita UI
Sumber Gambar Sampul : ui.ac.id

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini