Lupa Sandi?

Bandara Juanda Terminal III, 75% di Atas Laut

Akhyari Hananto
Akhyari Hananto
0 Komentar
Bandara Juanda Terminal III, 75% di Atas Laut

Bandara Juanda Surabaya akan semakin besar, dan semakin luas. Terminal 3 yang digadang-gadang akan menjadikan bandara terbesar ke-2 di Indonesia ini menjadi bandara terkemuka di Asia Tenggara, akan memulai pembangunan terminal III-nya.

Sebagian besar lahan yang digunakan untuk pembangunan Terminal 3 Bandara Juanda dengan luas 6.000 hektar nantinya akan menggunakan tanah reklamasi. Hanya 2.000 hektar yang dibangun di atas lahan milik Bandara Juanda.

Rendering yang mulai beredar di Sosial Media
Rendering yang mulai beredar di Sosial Media

Menurut rencana, Terminal 3 tersebut akan berada di sisi timur Terminal 1. Lokasinya yang menjorok ke laut membuat proyek tersebut menerapkan konsep reklamasi pantai. Terminal 3 ini nantinya juga akan diapit dua landasan pacu dan dilengkapi dengan 164 garbarata atau pintu menuju pesawat.
Dengan kapasitas itu, Terminal 3 diproyeksikan bisa menampung sekitar 70 juta orang per tahun. Secara keseluruhan, daya tampung Bandara Juanda nantinya bisa mencapai angka 150 juta penumpang per tahun.
Untuk merealisasikan proyek ini, total biaya yang dikeluarkan ditaksir mencapai Rp8 triliun. “Perluasan itu bertujuan meningkatkan layanan jasa penerbangan kepada masyarakat,” jelas General Manager PT Angkasa Pura I Juanda, Yuwono.

Dari sisi dokumen, proyek tersebut sudah menyelesaikan perizinan dan prosedur administrasi di tingkat daerah maupun provinsi. Kini, prosedur administrasi hanya menyisakan izin dari pusat. “Kabar terakhir, bola berada di pusat,” sambung Yuwono.

juandaairport.com

Pilih BanggaBangga67%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau33%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG AKHYARI HANANTO

I began my career in the banking industry in 1997, and stayed approx 6 years in it. This industry boost his knowledge about the economic condition in Indonesia, both macro and micro, and how to unders ... Lihat Profil Lengkap

Ikuti

ARTIKEL TERKAIT

Next
Ki Hajar Dewantara

Anak-anak hidup dan tumbuh sesuai kodratnya sendiri. Pendidik hanya dapat merawat dan menuntun tumbuhnya kodrat itu.

— Ki Hajar Dewantara