Barata Indonesia Ekspor Komponen Kereta Api ke 5 Negara

Barata Indonesia Ekspor Komponen Kereta Api ke 5 Negara

Barata Indonesia Ekspor Komponen Kereta Api ke 5 Negara

Ayo bantu mencegah penyebaran Covid-19 dengan menjaga jarak fisik dengan orang lain atau dengan di rumah saja 🌎🏠

Belum lama ini PT Barata Indonesia (Persero) mengekspor komponen kereta api ke Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko. Nilai kontrak ekspor ini mencapai US$ 10 juta setiap tahunnya atau setara dengan Rp 130,95 miliar per tahun (estimasi kurs 13.095 per dolar AS). Ekspor tersebut untuk memenuhi kontrak jangka panjang tahun 2011-2021 yang telah disepakati oleh Barata Indonesia.

Salah satu perusahaan BUMN ini mengirim komponen kereta api berupa bogie (roda KA) tipe S2HD-9C. Tujuan salah satunya adalah untuk perusahaan Standart Car Truck Company yang berada di Illinois, Amerika Serikat. Total ekspor yang kirim ke Amerika Serikat dan Meksiko ada 509 komponen bogie. Sedangkan ke Kanada ada 204 komponen bogie. Total 713 bogie ini akan dikirim secara bertahap.

komponen kereta api berupa bogie. foto: mediaindonesia.com
komponen kereta api berupa bogie. foto: mediaindonesia.com

Kegiatan ekspor komponen kereta api ini bukan pertama kalinya dilakukan oleh Barata Indonesia. Sebelumnya mereka pernah ekspor ke Australia dan Malaysia. Selain fokus ke pasar ekspor, Barata Indonesia juga memasok komponen kereta api untuk kebutuhan domestik. Seperti PT KAI yang tahun lalu memesan sebanyak 200 hingga 400 unit komponen coupler, atau penggandeng kereta api. Dan PT Inka yang memesan 600 unit komponen coupler. Setiap bulannya perusahaan ini membutuhkan 1000 ton besi tua sebagai bahan baku pembuatan baja.

foto: barata.co.id
foto: barata.co.id

Perusahaan yang berkantor pusat di Gresik, Jawa Timur ini memiliki beberapa bidang usaha, salah satunya di bidang casting (pengecoran logam). Besarnya ekspor Barata Indonesia per tahun sekitar 20% dari total penjualan. Untuk memenuhi standar kualitas ekspor, Barata Indonesia telah memiliki sertifikat AAR (Association of America Railroads) sebagai syarat untuk menembus pasar ekspor AS dan Kanada.

Kedepannya perusahaan ini masih akan terus menggenjot penjualan ekspor. Untuk itu berbagai perbaikan pun dilakukan, salah satunya dengan merehabilitasi dan meningkatkan kapasitas produksi pabrik Barata Indonesia. Peningkatan fasilitas tersebut agar siap mendukung ekspor dan program-program yang sedang digalakkan oleh pemerintah, seperti infrastruktur pembangkit listrik, infrastruktur logistik pelabuhan, pembangunan dan perawatan pabrik-pabrik besar seperti gula, semen, termasuk fasilitas minyak dan gas Pertamina dan PGN.




Sumber : liputan6.com beritajatim.com
Sumber Gambar : keretaapi.co.id

WHO merekomendasikan beberapa langkah dasar untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19.

  1. Cuci tangan sesering mungkin setidaknya selama 20 detik
  2. Jika batuk/bersin arahkan ke lipatan siku
  3. Bersihkan dan disinfeksi benda yang sering disentuh
  4. Tetap di rumah saja bagi yang bisa
  5. Pakai masker bila keluar dari rumah
  6. Hindari menyentuh wajah
  7. Jaga jarak fisik dengan orang lain (physical distancing)

Yuk, saling menjaga dan membantu. Semoga kita semuanya diberikan kesehatan dan bisa melalui keadaan saat ini.

Pilih BanggaBangga100%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran terkait web ini kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.
Kanada, Uni Soviet, dan Amerika Serikat..Kemudian Indonesia Sebelummnya

Kanada, Uni Soviet, dan Amerika Serikat..Kemudian Indonesia

AI Vision Karya ITB, Kecerdasan Buatan untuk Menghadapi Kenormalan Baru Selanjutnya

AI Vision Karya ITB, Kecerdasan Buatan untuk Menghadapi Kenormalan Baru

Widya LestariN
@widyaalenta

Widya LestariN

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.