Inilah 9 Spa Tradisional Asli Indonesia

Inilah 9 Spa Tradisional Asli Indonesia
info gambar utama

Indonesia dikenal dunia dengan keragaman budayanya. Hal ini juga mempengaruhi jenis spa dari setiap daerah di Indonesia. Hampir di setiap pulau memiliki perawatan tubuh khasnya masing-masing. Karakteristik utama spa tradisional Indonesia adalah penggunaan bahan-bahan alami dari alam Indonesia yang memiliki bermacam manfaat. Berikut adalah 9 spa tradisional Indonesia.

  1. Lulur (Jawa)

Di antara semua perawatan yang ada, lulur merupakan spa tradisional yang populer di Indonesia. Perawatan kecantikan ini dulu diberikan kepada putri-putri kerajaan Jawa. Bahan yang digunakan adalah campuran tepung beras, kencur, dan beberapa rempah-rempah asli Indonesia.

  1. Boreh (Bali)
boreh dari Bali. foto: baliwww.com
info gambar

Selain lulur, Boreh merupakan salah satu spa yang terkenal dan telah dilakukan secara turun-temurun antar generasi. Spa ini menggunakan bahan-bahan herbal, akar-akaran, dan rempah-rempah seperti kunyit, lada hitam, lada putih, dan jahe. Bahan-bahan tersebut diaplikasikan dengan pijatan tradisional untuk menyembuhkan dan menyegarkan tubuh. Spa ini berfungsi untuk menghilangkan pegal-pegal, meningkatkan kelancaran sirkulasi darah, dan merilekskan badan. Boreh juga dapat menyembuhkan sakit kepala, rematik, demam dan hipertensi.

  1. Tangas (Betawi)
spa tangas Betawi. foto: indonesia.travel
info gambar

Tangas adalah tradisi Betawi yang meliputi ritual pijat, lulur, dan uap. Dalam spa Tangas dilakukan Sembe Ta’zim, yaitu pemijatan dan peregangan ala Betawi. Bahan yang digunakan untuk spa Tangas merupakan bahan alami yang kental unsur budaya, salah satunya adalah Bir Pletok.

  1. So’oso (Madura)

Spa ini terbukti meningkatkan kondisi kesehatan kulit dengan eksfoliasi menggunakan protein dari telur. So’oso juga dikenal karena pijatannya yang lama dan intens, yang bekhasiat mengembalikan energi fisik dan spiritual. Yang khas dari spa So’oso ini adalah Jamu Madura yang diminum setelah proses spa.

  1. Batangeh (Minangkabau)

Batangeh atau batangas memiliki arti mandi uap. Uap batangeh mengandung rebusan bunga, daun, kulit kayu, akar atau rimpang, serta biji-bijian yang mengandung minyak atsiri dan mudah ditemukan di Sumatra Barat. Contohnya, sereh wangi, pandan, sirih, gambelu, usa harum, dan bunga kenanga.

Spa tradisional Sumatera Barat ini berfungsi membersihkan, merawat, dan mengobati. Batangeh biasanya dilakukan oleh calon pengantin, ibu yang baru melahirkan, dan orang yang baru sembuh dari sakit. Spa yang satu ini dapat menghilangkan bau anyir dan mengembalikan fungsi rahim, menghilangkan bau badan, dan mengembalikan kesegarah tubuh. Batangeh juga dapat mengobati penyakit reumatik, penyakit kulit, dan sinusitis.

  1. Bakera (Minahasa)
bahan spa bakera. foto: blogspot.com
info gambar

Bakera biasanya dilakukan oleh wanita yang baru saja melahirkan. Manfaat dari spa Bakera adalah mengeluarkan sisa darah nifas dengan lancar, menghilangkan bau amis dari organ reproduksi, memulihkan otot yang kaku dan kendor selama masa hamil, dan merangsang otot kembali ke bentuk semula.

Spa Bakera membutuhkan 20 macam tanaman. Terdiri dari tanaman obat, tanaman beraroma wangi, dan bagian dari tanaman buah. 20 macam tumbuhan tersebut mempunyai efek kekebalan tubuh, mengurangi rasa sakit, menciptakan ketenangan, sebagai zat pembunuh kuman, dan dapat mengurangi peradangan.

  1. Tellu Sulapa Eppa (suku Bugis)

Tellu Sulapa Eppa mempunyai arti hidup dalam harmoni. Filosofi spa tersebut ada pada keseimbangan dan harmoni antara empat unsur dasar kejadian manusia, empat kualitas alam sekitar manusia, dan empat cairan yang menyusun tubuh manusia. Bahan yang dipakai untuk melakukan perawatan ini disebut Bedda Lotong, yaitu sejenis scrub atau masker dari beras hitam, akar ginseng, jeruk nipis, daun pandan.

  1. Oukup (Batak)
spa oukup. foto: tmpo.co
info gambar

Spa ini menggunakan jenis tumbuhan yang berkhasiat seperti jahe, kunyit, bunga lawang, temu kunci, ketumbar, daun seledri, kencur, dsb. Oukup dapat menyegarkan tubuh yang kelelahan, melonggarkan pernapasan, membuang racun, mengurangi nyeri otot, mengembalikan kualitas tidur, meremajakan kulit, dan menetralisir tekanan darah.

  1. Batimung (Banjar)

Prinsip utama spa Batimung adalah mengalirkan hawa panas untuk melancarkan aliran darah dan memperbaiki metabolisme tubuh. Pijatan dalam spa ini bermanfaat untuk membuang kotoran melalui keringat, menjaga metabolisme, dan juga relaksasi otot. Uap ramuan Batimung mengandung minyak astiri yang masuk ke dalam tubuh dan membantu menyembuhkan penyakit dan meredakan insomnia.




Sumber : republika.co.idgogonesia.com
Sumber Gambar : venusspa.com

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini