Lupa Sandi?
Java Jazz Single

Pentingnya Indikasi Geografis bagi Kekayaan Asli Indonesia

Widya LestariN
Widya LestariN
0 Komentar
Pentingnya Indikasi Geografis bagi Kekayaan Asli Indonesia
Pentingnya Indikasi Geografis bagi Kekayaan Asli Indonesia

Menghadapi persaingan dunia yang semakin kompetitif, Indonesia telah membuat payung hukum bernama Indikasi Geografis pada tahun 2007 lalu. Konsep ini semakin didorong dan dikembangkan oleh pemerintah agar kekayaan Indonesia dapat dilindungi oleh Negara. Seperti yang diketahui, sempat beberapa kali kekayaan Indonesia di klaim menjadi milik Negara lain.

Indikasi Geografis adalah suatu tanda yang menunjukkan daerah asal suatu barang, yang karena faktor lingkungan geografis termasuk faktor alam, faktor manusia, atau kombinasi dari kedua faktor tersebut, memberikan ciri dan kualitas tertentu pada barang yang dihasilkan (litbang.pertanian.go.id). Contoh kekayaan Indonesia yang baru saja didaftarkan menjadi Indikasi Geografis adalah Tenun Gringsing Bali.

Nama Bali adalah daerah geografis tempat kain Tenun Gringsing Bali tersebut diproduksi. Karena pengaruh dari faktor lingkungan geografis daerah tersebut, maka kain tenun yang diproduksi memiliki kekhasan yang tidak bisa ditiru dari daerah lain. Meskipun kain tenun diproduksi di beberapa daerah di Indonesia, namun kualitas yang dihasilkan Tenun Gringsing Bali akan berbeda. Hal ini bisa ditelusuri dari sejarah maupun teknik pembuatannya.

indikasi geografis terdaftar. foto: indikasigeografis
indikasi geografis terdaftar. foto: indikasigeografis

Produk unggulan Indonesia sangat banyak, namun sampai sekarang baru 40 yang terdaftar dalam Indikasi Geografis Indonesia. Beberapa diantaranya adalah Kopi Arabika Gayo, Lada Putih Muntok, Madu Sumbawa, Lada Hitam Lampung, dan Kopi Kintamani. Menteri Hukum dan HAM RI Yasonna berharap, ke depannya akan lebih banyak lagi kekayaan Indonesia yang didaftarkan menjadi produk Indikasi Geografis Indonesia. Hal ini penting mengingat beragam potensi atau kekayaan produk indikasi geografis yang dapat dimanfaatkan untuk perkembangan ekonomi Indonesia.

Baca Juga
buku indikasi geografis indonesia. foto: indikasi geografis
buku indikasi geografis indonesia. foto: indikasi geografis

Sertifikat indikasi geografis bisa diberikan pada sumber daya alam hayati, hasil pertanian, pengolahan, bahkan hasil kerajinan tangan yang memiliki kekhasan dibandingkan produk dari wilayah lain. Sertifikat ini mempunyai beberapa manfaat penting. Pertama, bisa dijadikan patokan untuk menjaga kualitas dan keaslian suatu produk. Ini memberikan jaminan bahwa suatu produk bisa ditelusuri asalnya. Jaminan ini berguna untuk menghindarkan konsumen dari pemalsuan produk dan menjaga kredibilitas produsen/penjual.

Manfaat kedua, peningkatan komoditas produk secara ekonomi. Konsumen yang mengerti bahwa produk Indikasi Geografis dijamin kualitas dan keasliannya mau untuk membeli dengan harga yang tinggi. Indikasi Geografis juga untuk melindungi nama geografis dari suatu produk. Selama ini kekayaan Indonesia banyak dimanfaatkan oleh orang asing, namun negeri sendiri tak banyak menerima manfaat. Indikasi Geografis juga bisa mencegah eksploitasi oleh Negara lain tanpa memberikan manfaat bagi Indonesia.

Manfaat yang datang kemudian adalah, lokasi dari produk Indikasi Geografis dapat dijadikan sebagai obyek wisata. Sehingga dapat dikunjungi oleh wisatawan domestik dan wisatawan mancanegara. Indonesia adalah negara dengan kekayaan alam maupun budaya yang sangat luar biasa. Begitu banyaknya kekayaan produk khas asli Indonesia sudah selayaknya dilindungi agar tidak diakui oleh negara lain.




Sumber : kompas.com okezone.com
Sumber Gambar : startuphki.com

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG WIDYA LESTARIN

i am happy ... Lihat Profil Lengkap

Ikuti
Next
Andrea Hirata

Berhenti bercita-cita adalah tragedi terbesar dalam hidup manusia.

— Andrea Hirata