Lupa Sandi?

Pulau Mengkudu, Pulau Eksotis di Selatan Lampung

Gilang J. Pramana
Gilang J. Pramana
0 Komentar
Pulau Mengkudu, Pulau Eksotis di Selatan Lampung

Keindahan alam di Lampung memang tidak ada habisnya. Mulai dari hijaunya pegunungan sampai hamparan laut nan indah. Jika kita berbicara mengenai pantai yang indah di Lampung, tentu semua orang bisa menyebutkan satu persatu pantai favorit mereka. Selain pantai yang sudah sering kita kunjungi bersama keluarga, beberapa tahun belakangan pulau-pulau kecil di daerah lampung serta pantai yang jarang dijamah pun sudah mulai tereksplor. Foto-foto tentang keindahannya pun sudah banyak dita temukan diberbagai social media. Nah, akhir-akhir ini ada pulau yang sedang hits dikalagan pengguna social media baik twitter, facebook, maupun instagram, yaitu Pulau Mengkudu.

Jernihnya air pantai pulau mengkudu
Jernihnya air pantai pulau mengkudu



Pulau mengkudu terletak di Kecamatan Rajabasa, yang berjarak sekitar 30 km dari ibukota Kabupaten Lampung Selatan, Kalianda. Sekitar 40 menit berkendara menuju Desa Kunjir. Tempat penyewaan perahu menuju Pulau Mengkudu. Sebenarnya ada beberapa akses menuju pulau tersebut. Akses termudah dan yang paling sering digunakan oleh pengunjung adalah melalui jalur laut. Jadi pengunjung cukup menyewa perahu, dan hanya memakan waktu sekitar 20 menit jika kita berangkat dari Desa Kunjir. Akses yang kedua adalah melalui jalur darat. Tentu saja, jalur darat digunakan jika kondisi tidak memungkinkan untuk perahu nelayan berlayar. Misal, saat ombak sedang tinggi atau angin kencang. Jika menggunakan jalur darat, kendaraan bermotor hanya bisa mengakses sampai Desa Kahai. Selanjutnya perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki. Jarak yang akan ditempuh ±20 km. Dengan waktu tempuh sekitar 3 jam.

Pesona pulau mengkudu yang masih alami
Pesona pulau mengkudu yang masih alami


Keindahan alam nan memesona terhampar luas sepanjang perjalan menuju Pulau Mengkudu, birunya lautan yang terbentang luas, serta hijaunya pepohonan disepanjang pegunungan mengiringi perjalanan. Dinginnya air laut yang memercik saat perhau mulai berjalan menambah indahnya perjalanan. Setelah sampai pun kita akan disuguhkan dengan pesona pulau tak berpenghuni ini. Pulau mengku tidak terpisah langsung dengan daratan. Ada pasir timbul yang menghubungkan daratan dengan pulau ini. Pasir timbul dengan lebar 10m dan panjang 20m inilah yang membuat Pulau mengkudu berbeda dengan pulau lainnya. Eksotisme pulau mengkudu tidak hanya sampai disitu. Jika kita berjalan mengelilingi Pulau ini, kita akan menemukan banyak spot yang menawan. Selain itu menikmati Pulau Mengkudu dari ketinggian juga merupakan pesona tersendiri.

Eksotisme pulau mengkudu
Eksotisme pulau mengkudu



Jika kita menggunakan akses darat, kita akan melalui perbukitan terjal. Lelah memang, Tapi, keindahan Pulau Mengkudu dari ketinggian sebanding dengan usaha yang kita keluarkan. Hamparan lautan luas, bentangan pasir timbul serta Pulau Mengkudu dihadapan kita, akan memanjakan mata serta membuat kita mengucap syukur kepada Tuhan atas nikmat yang selalu Ia limpahkan. Tidak lupa, usaha yang kita lakukan untuk sampai diketinggian ini sebanding dengan hasil foto yang akan kita dapatkan.

Pulau Mengkudu dan hamparan pasir timbulnya memang indah. Itulah sebabnya banyak orang ingin menikmatinya. Namun sayang, banyaknya jumlah pengunjung biasanya akan berbanding lurus dengan jumlah sampah yang ditinggalkan. Belum lagi, sampah kiriman dari daerah sekitar. Tentu saja kita semua tahu, kalau sampah perlahan akan merusak keindahan Pulau ini. Jadi, untuk semua yang berniat mengunjungi Pulau Mengkudu sebaiknya, bawa pulang sampahmu. Ingat, berani berbuat berani bertanggung jawab.

Sumber : http://www.desawisatakunjir.com/
Sumber Gambar Sampul : http://www.desawisatakunjir.com/

Baca Juga
Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG GILANG J. PRAMANA

Living large and taking charge! | Autodidactic Blogger and Creativepreneur. ... Lihat Profil Lengkap

Ikuti
Next
Evan Dimas

Semua bisa dikalahkan kecuali Tuhan dan orang tua.

— Evan Dimas