Dan Mereka Pun Kepincut Musik Dangdut

Dan Mereka Pun Kepincut Musik Dangdut
info gambar utama

Dangdut is the music of my country. Demikian kita sering mendengar ‘slogan’ khusus milik musik dangdut. Musik ini memang cuma dimiliki oleh Indonesia dengan perpaduan irama keroncong-melayu dan menjadi salah satu jenis musik kebanggaan masyarakat Indonesia.

Iramanya yang selalu menghasut orang untung bergoyang dari musik dangdut ini pun nyatanya menyita perhatian warga Malaysia di perbatasan. Pada perhelatan Festival Wonderful Indonesia (FWI) yang digelar oleh Kementerian Pariwisata (Kemenpar) di Entikong, Kalimantan Barat 27-28 Agustus lalu, warga Malaysia dihibur dengan pertunjukan musik dangdut.

Pihak Kemenpar mencatat ada lebih dari 1000 wisatawan perbatasan atau cross border tourist yang datang ke acara tersebut. Mereka tertarik karena satu hal: musik dangdut.

Para wisatawan yang datang tersebut berkumpul di Lapangan Patoka yang berjarak tiga kilometer dari perbatasan. Salah satu lagu dangdut terbaik yang dinyanyikan oleh Ayu Tingting Sambalado, berhasil menyihir para pengunjung untuk bergoyang dengan antusias bersama pedangdut asal Sukabumi, Selvie.

Remon, salah satu pengunjung asal Tebedu, Serawak, Malaysia, mengaku senang bisa menyaksikan pertunjukkan dangdut Indonesia.

“Saya senang dangdut Indonesia, biasanya hanya dengar di radio,” ujar penggemar Rhoma Irama dan Inul Daratista tersebut.

Banyaknya jumlah kunjungan ini oleh Kemenpar disebut tidak biasa terjadi di daerah perbatasan.

“Di hari biasa, perbatasan rata-rata hanya dilewati 100 - 150 orang, tapi saat ada Festival Wonderful Indonesia, lebih dari 1000 yang datang,” ujar Asdep Pengembangan Pemasaran ASEAN, Rizki Handayani Mustafa seperti ditulis CNNIndonesia.

Bukan hanya lapangan yang ramai akibat pertunjukkan dangdut, Rizki menyebut, festival itu juga menghidupkan ekonomi masyarakat sekitar. Terbukti dari okupansi hotel yang terus penuh dan bermunculannya warung dadakan.


Sumber : CNN Indonesia
Sumber Gambar :tribunnews.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini