Layaknya Kolam Renang Pribadi, Goa ini Masih Asri dan Belum Terjamah Wisatawan

Layaknya Kolam Renang Pribadi, Goa ini Masih Asri dan Belum Terjamah Wisatawan
info gambar utama

Berwisata di tempat yang sepi dan jarang di datangi pengunjung adalah impian semua orang. Menikmati keindahan alam yang tenang dan bersantai dengan gemericik air akan memberikan energi tersendiri bagi mereka terjebak kesibukan pekerjaan dan hingar bingar kota.

Namun seiring berkembangnya sosial media, travelling menjadi tren tersendiri bagi masyarakat perkotaan. Sehingga tidak jarang muncul kekecewaan ketika tempat wisata yang kita datangi juga ramai dipenuhi pengunjung yang lain. Bagi anda yang memimpikan keheningan, apalagi merasakan kesegaran air di dalam goa, anda harus mencoba wisata alam satu ini.

Suasana yang tenang layaknya berenang di kolam renang pribadi. Sumber:cdninstagram.com
info gambar

Goa Rangko bisa dijadikan alternatif wisata bagi anda yang ingin berenang di dalam gua yang sepi dan tenang. Terletak di Desa Rangko, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, goa ini juga sering disebut sebagai Goa Buaya. Tetapi jangan khawatir meskipun bernama Goa Buaya, tidak ada buaya ditemukan di tempat ini.

Air yang ada di dalam Goa Rangko ini bersumber dari air laut. Air asin tersebut berasal dari rongga-rongga atau celah yang menghubungkan kolam di dalam goa dengan laut lepas. Menariknya, tidak akan anda temui kelelawar di dalam goa ini. Tidak salah jika Goa Rangko ibarat sebuah kolam renang pribadi yang menawarkan keheningan bagi siapapun yang datang berkunjung.

Selain suasananya yang hening, pengunjung juga akan dimanjakan ornamen-ornamen stalaktit yang cantik dengan beragam bentuk tak beraturan. Selain itu, airnya yang tenang dan jernih sangat cocok untuk berenang santai di dalam air.

Ornamen-ornamen di dalam gua yang menakjubkan. Sumber:indonesiakaya.com
info gambar

Untuk dapat menikmati keindahan Goa Rangko, pengunjung sebaiknya berangkat agak pagi dari Labuan Bajo agar bisa sampai pada pukul 12.00 - 14.00 WITA. Siang hari adalah waktu yang tepat saat sinar matahari masuk ke lubang goa. Pada saat itulah keindahan air kolam yang biru dapat terlihat dengan begitu menakjubkan.

Pemandangan saat di dalam goa saat siang hari. Sumber;indonesiakaya.com
info gambar

Sayangnya, keterbatasan infrastruktur masih menjadi kendala untuk mencapai tempat ini.

Membutuhkan waktu 20 menit perjalanan untuk sampai di Goa Rangko menggunakan pengan perahu nelayan. Sumber:indonesiakaya.com
info gambar

Untuk mencapainya, pengunjung dapat menyewa perahu nelayan yang ada di sekitar desa. Meskipun begitu, bersantai di kolam alami seperti Goa Rangko dapat dijadikan alternatif wisata, khususnya bagi anda menginginkan keheningan dan ketenangan di akhir pekan.


Sumber : indonesiakaya

Sumber Gambar : 1.bp.blogspot

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini