Buktikan Indonesia Unggul, Mahasiswa UI dan UGM Raih Penghargaan Di Beijing

Buktikan Indonesia Unggul, Mahasiswa UI dan UGM Raih Penghargaan Di Beijing
info gambar utama

Prestasi kembali diraih oleh delegasi mahasiswi dari Indonesia. Kali ini prestasi itu diraih dalam konferensi tingkat internasional,Model APEC (Asia-Pasific Economic Cooperation) Conference 2016 di Beijing, Tiongkok. Dalam konferensi yang berlangsung pada 25-29 Agustus yang lalu tersebut, anak bangsa dari Universitas Indonesia (UI) berhasil meraih penghargaan The Best Presentation.

Sebagaimana dilansir Berita UI mahasiswi yang meraih prestasi dalam rangkaian even konferensi utama APEC 2016 yang akan berlangsung di Lima, Peru 19-20 November tersebut adalah Kristi Ardiana, mahasiswi Fakultas Hukum Universitas Indonesia. Dalam ajang tersebut, Kristi tidak datang sendirian dirinya juga bersama delegasi lain dari Indonesia Angelo Abil Wijaya dari Universitas Gadjah Mada. Keduanya menjadi bagian para delegasi dari 21 negara yang umumnya adalah anak muda berusia 18-28 tahun. Beberapa delegasi tersebut datang dari negara-negara maju seperti Jepang, Autralia,Taiwan, Rusia, Tiongkok, dan Amerika Serikat.

Kristi Ardiana yang merupakan Presiden dari Unit Kegiatan Mahasisea (UKM) English Debating Society UI mengungkapkan bahwa pengalamannya tampil dihadapan para delegasi APEC merupakan oengalaman yang berharga sebab dirinya menjadi memahami bagaimana proses negosiasi diantara anggota APEC saat konferensi yang sebenarnya berlangsung.

“Diplomasi antara negara dalam konferensi Internasional ternyata sangat rumit dan kompleks. Kita harus benar-benar memahami stance kita sebagai negara serta apa yang kita butuhkan, lalu harus bisa berkompromi dan berdiskusi dengan negara lain agar mencapai konsensus yang saling menguntungkan,” ujar Kristi.

Tidak hanya itu, Kristi juga merasa bangga dapat menjadi delegasi yang mewakili kampusnya dan terlebih Indonesia selain merasa senang karena mendapatkan kesempatan untuk saling berinteraksi dengan para delegasi lain dari berbgai negara.

“Teman-teman dalam konferensi ini sangat seru dan pintar-pintar. Saya belajar banyak sekali dari mereka. Saya sangat bersyukur dapat mewakili Universitas Indonesia dan Indonesia dalam acara ini,” jelasnya.

Model APEC Conference merupakan progam tahunan yang telah berlangsung sejak tahun 2010 untuk menggaet anak-anak muda dari negara-negara anggota APEC. Tujuannya dalah untuk menciptakan generasi muda yang mampu mengembangkan dan memperkaya kemampuan delegasinya dalam rangka kerjasama internasional khususnya regional Asia-Pasifik.

Sumber : Berita UI
Sumber Gambar Sampul : ui.ac.id

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini