Lupa Sandi?

Temuan Teknologi Informasi Terbaru, Penyelidik Indonesia ala James Bond

Esterlitha Maharani
Esterlitha Maharani
0 Komentar
Temuan Teknologi Informasi Terbaru, Penyelidik Indonesia ala James Bond

Siapa yang tak mengenal karakter film James Bond atau yang lebih dikenal dengan agen 007 yang telah melegenda. Di Indonesia nama ini kiranya tak asing lagi di telinga kita. Dalam film James Bond, tentu kita mengenal karakter "Q" yang selalu menghasilkan inovasi baru untuk kelengkapan tugas agen multitasking tersebut. Inovasi yang diciptakan mampu membuat kita berdecak kagum karena kita merasa di negeri ini belum ada yang seperti itu.

Perkembangan zaman menuntut manusia untuk mampu dan selalu melakukan inovasi dalam hal apapun. Perkembangan teknologi dari hari ke hari selalu berubah secara fleksibel mengikuti arus kebutuhan dan keinginan manusia. Perkembangan teknologi dinilai yang paling cepat berubah. Di Indonesia, ada seseorang yang memiliki ‘kemampuan karakter Q’. Penyelidik di Indonesia tersebut membuat sebuah penemuan yang mampu mengetahui posisi orang yang sedang kita cari yang tentunya mampu meringankan tugas pihak-pihak terkait.

Ilustrasi Melacak Keberadaan Seseorang | Teknologi.news.viva.co.id
Ilustrasi Melacak Keberadaan Seseorang | Teknologi.news.viva.co.id

Salah satu kehebatan dari inovasi teknologi informasi (TI) buatan Indonesia tersebut adalah sebuah piranti yang mampu melacak keberadaan orang yang dicari (buronan, tersangka, mafia, dan lain-lain) melalui telepon seluler (ponsel) milik yang bersangkutan. Piranti tersebut merupakan sistem pelacakan ponsel paling canggih untuk intersepsi maupun kegiatan pemantauan. Alat ini dapat beroperasi di semua jenis jaringan GSM dengan semua frekuensi bands (900, 1.800 MHz).

Direktur Utama PT Indoguardika Cipta Kreasi, Agung Setia Bakti di Semarang, Minggu (4/9/2016) memaparkan mengenai penemuan alat yang diberi nama ICK-TrackIT tersebut. Menurut Agung, ICK-TrackIT mampu melacak keberadaan ponsel milik orang yang dicari dan tentunya hal tersebut sangat membantu pihak yang bersangkutan (polisi) dalam menemukan keberadaan para pelaku kriminaltas yang meresakan masyarakat.

Baca Juga
Ilustrasi Chip yang Digunakan | Infobangadit.blogspot.co.id/
Ilustrasi Chip yang Digunakan | Infobangadit.blogspot.co.id/

Teknologi tersebut tidak akan dijual bebas, mengingat adanya kekhawatiran bila alat tersebut dimanfaatkan oleh oknum-oknum yang akan menyalahgunakannya. ICK-TrackIT khusus untuk institusi penegakan hukum, intelijen, dan pihak terkait lainnya. Spesialisasi yang luar biasa ditawarkan oleh perangkat ini.

ICK-TrackIT dapat mendominasi target pada jaringan 3G dan mampu mencari lokasi telepon target yang menggunakan pencari lokasi WCDMA pasif. Sistem ICK-TrackIT didesain secara praktis yang dimasukkan dalam sebuah koper sehingga sangat nyaman dan tentunya praktis dibawa secara mobile guna keperluan penyidikan. Sistem tersebut dapat bekerja secara baik dengan baterai internal maupun daya eksternal.

Tak puas sampai disitu, pihaknya juga memproduksi ICK-TrackIT CDMA yang merupakan sistem pelacak yang menggunakan teknologi inti base station CDMA untuk melakukan pengumpulan informasi dan mencari lokasi target di dalam wilayah jangkauannya. Agung menambahkan bahwa sistem tersebut dapat mencari target lokasi secara spesifik dengan ketepatan 0,3 meter.

Terakhir, ICK-TrackIT CDMA, mampu melakukan penyadapan pada panggilan ponsel CDMA (pilihan). Piranti tersebut dirancang secara portabel, kuat dan handal sehingga dapat meningkatkan efisiensi investigasi tindak kejahatan. Diharapkan dengan adanya piranti ini, tingkat kriminalitas di Indonesia dapat ditekan sehingga masyarakat dapat menjalani hari-hari tanpa keresahan yang berarti.




Sumber : industri.bisnis.com
Sumber Gambar Sampul :4.bp.blogspot.com

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG ESTERLITHA MAHARANI

- ... Lihat Profil Lengkap

Ikuti
Next
BJ. Habibie

Tanpa cinta, kecerdasan itu berbahaya. Dan tanpa kecerdasan, cinta itu tidak cukup.

— BJ. Habibie