Lupa Sandi?

TelkomCloud, Layanan Handal di Era Big Data

Imama Lavi Insani
Imama Lavi Insani
0 Komentar
TelkomCloud, Layanan Handal di Era Big Data

Saat ini cloud computing tidak hanya menjadi trend dalam dunia IT, melainkan sudah menjadi hal yang sangat dibutuhkan perusahaan dan pebisnis.

Persaingan yang ketat akan membuat perusahaan beralih ke cloud computing yang akan memberikan fleksibilitas dalam mengatur kebutuhan kapasitas virtual server yang dapat disesuaikan dengan kondisi bisnis perusahaan.

Ketika load bisnis sedang meningkat, perusahaan dengan mudah melakukan scale up kapasitas virtual server. Demikian pula saat kondisi bisnis sedang normal, maka kapasitas virtual server dapat dengan mudah disesuaikan kembali.

Lalu apakah cloud computing itu? Berikut analogi sederhananya:

Tentu kita semua adalah para pemakai listrik dalam kehidupan sehari-hari. Untuk bisa menikmati listrik, kita tidak perlu mendirikan infrastruktur pembangkit listrik, yang perlu kita lakukan adalah mendaftar ke PLN, dan kita tinggal bayar biaya listrik berdasarkan jumlah penggunaan kita tiap bulan. Saat kita butuh daya tambahan karena suatu tujuan khusus (misalnya ada acara pernikahanan), kita tinggal pergi ke PLN untuk tambah daya, dan suatu saat nanti ketika ingin turun daya lagi, kita tinggal bilang juga ke PLN. Bisa dikatakan penambahan daya listrik ini sifatnya elastis dan bisa dilakukan segera.

Ketika memakai layanan listrik dari PLN, kita tidak perlu pusing untuk memikirkan bagaimana PLN memenuhi kebutuhan listrik kita, bagaimana ketika mereka ada kerusakan alat, bagaimana proses perawatan alat-alat tersebut, dsb. Intinya kita cukup tahu bahwa kita bisa menikmati listrik dan berkewajiban membayar biaya tersebut tiap bulan, sedangkan PLN sendiri berkewajiban untuk memenuhi kebutuhan kita berdasarkan level layanan mereka.

Analogi PLN diatas, adalah sedikit gambaran cloud computing, dimana cloud computing ini bertugas untuk memberikan layanan dan kita adalah user/pemakai dari layanan tersebut. Kita tidak perlu pusing memikirkan bagaimana mereka (penyedia layananan cloud computing) menyedikan layanan tersebut, yang penting ialah mereka bisa memberikan standar layanan sesuai dengan apa yang kita butuhkan. Untuk biaya layanan kita tinggal bayar berdasarkan pemakaian. Saat kita butuh tambahan layanan, kita bisa meminta segera penambahan layanan tersebut, dan juga sebaliknya.

Cloud Computing (smartcodes.co.tz)
Cloud Computing (smartcodes.co.tz)

Salah penyedia layanan cloud di Indonesia ialah Telkom yang bernama TelkomCloud.

TelkomCloud merupakan solusi yang dihadirkan oleh Telkom Indonesia untuk memenuhi kebutuhan pasar akan cloud computing di Indonesia.

TelkomCloud adalah layanan yang menyediakan IT Resources Service (Computing, Storage & Network) dan Application Services dengan menggunakan teknologi virtualisasi berbasis cloud computing (on-demand, rapid elasticity, & fast deployment) yang akan meningkatkan akselerasi bisnis pelanggan.

Penggunaan cloud computing dapat membantu pertumbuhan bisnis dengan penggunaan yang fleksibel, proses pengembangan yang cepat dan tidak diperlukannya biaya investasi sehingga dapat fokus pada core bisnis perusahaan.

Mengapa TelkomCloud ?

TelkomCloud memberikan layanan dan solus bisnis yang dapat dipercaya (trustworthy), fleksibel (flexible), dan memiliki kualitas premium (Premium Quality).

Ada dua layanan yang ditawarkan oleh TelkomCloud yakni Infrastructure As a Service dan Software As a Service.

Infrastructure as a Service (IaaS) adalah layanan dari cloud computing dimana kita bisa “menyewa” infrastruktur IT (komputasi, storage, memory, network dsb). Kita bisa definisikan berapa besarnya unit komputasi (CPU), penyimpanan data (storage) , memory (RAM), bandwith, dan konfigurasi lainnya yang akan kita sewa. Mudahnya, IaaS ini adalah menyewa komputer virtual yang masih kosong, dimana setelah komputer ini disewa kita bisa menggunakan-nya terserah dari kebutuhan kita. Kita bisa install sistem operasi dan aplikasi apapun.Pada Telkom Cloud terdapat dua layanan yakni TelkomVPS serta vMachine.

Software As a Service adalah layanan dari Cloud Computing dimana kita tinggal memakai software (perangkat lunak) yang telah disediakan. Keuntungan-nya, kita tidak perlu membeli lisensi dan tinggal terkoneksi ke internet untuk memakainya. Pada TelkomCloud terdapat dua macam layanan yakni Basic Service Solution serta Customized Service Solution. Pada Basic Service Solution beberapa layanannya ialah e-Mail,e-Collaboration, -Project, i-Connect, e-Office, e-Scheduler, e-Accounting dan e-HRM. Serta Customized Service Solution ialah M-Force, e-Bengkel, e-Kelurahan, e-Travel, e-Akademik, e-Hotel, dan e-Sekolah.


Sumber :

www.mastel.id

www.cloudindonesia.or.id

www.telkomcloud.com


Sumber Gambar Sampul :

http://smartcodes.co.tz/

Pilih BanggaBangga100%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG IMAMA LAVI INSANI

Hidup sederhana yang penting bermanfaat :D

... Lihat Profil Lengkap

Ikuti
Next
Andrea Hirata

Berhenti bercita-cita adalah tragedi terbesar dalam hidup manusia.

— Andrea Hirata