Hand Sanitizer Lendir Ikan Mahasiswa UGM Menangi ASEAN Youth Initiatives 2016

Hand Sanitizer Lendir Ikan Mahasiswa UGM Menangi ASEAN Youth Initiatives 2016
info gambar utama

Satu lagi karya mahasiswa Indonesia yang menjadi inspirasi untuk bidang kesehatan dan kebersihan menang di ajang internasional. Tim mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) berhasil meraih juara pertama dalam kompetisi ASEAN Youth Initiatives (AYI) 2016 atas hasil karya tulis mereka tentang potensi pemanfaatan lendir atau mukus pada ikan sebgai cairan pembersih tangan atau hand sanitizer.

Tim UGM yang beranggotakan Alif Kurniawan (Fakultas Kedokteran Hewan), Atikah Iffah Syakirah (Fakultas Kedokteran), Noviana Nur Sari (Fakultas Biologi), serta Qurrota A'yun (Fakultas Pertanian) sukses menjadi juara setelah berhasil menyisihkan puluhan tim lain dari sejumlah universitas di kawasan ASEAN.

Yang spesial dari temuan A’yun dan kawan-kawan adalah, mukus pada ikan memiliki potensi untuk dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan hand sanitizer karena di dalamnya mengandung senyawa immunoglobin yang memiliki kemampuan mengambat bakteri gram positif dan negatif.

Immunoglobin dalam mukus ikan ini berperan sebagai antibiotik pada ikan. Selain itu, dapat juga diaplikasikan pada kuman yang kerap menyerang manusia,"papar A’yun seperti dituliskan di laman website UGM.

juga diaplikasikan pada kuman yang kerap menyerang manusia,"paparnya, Jum'at (9/9).

Lebih lanjut dikatakan A'yun, mukus ikan dapat digunakan sebagai bahan tambahan dalam hand sanitizer sebagai agen antimikrobial. Hal ini dikarenakan dalam mukus ikan mengandung berbagai enzim protease yang mempunyai aktivitas antibakteri yang kuat. Mukus juga mengandung lecitin yang terbukti dapat menyembuhkan luka.

"Kandungan senyawa dalam mukus ikan ini mampu memberikan perlindungan dari patogen mikroba dan juga parasit," tambahnya.

Hand sanitizer berbahan mukus ikan ini kedepan sangat berpotensi untuk dikembangkan lebih lanjut. Selain terbukti mampu memiliki aktivitas antibakteri yang kuat, ketersediaan mukus ikan sangat berlimpah di Indonesia dan cenderung belum banyak dimanfaatkan.

"Mukus ikan bisa dimanfaatkan sebagai hand sanitizer pengganti alkohol dan juga meminimalkan kerusakan tangan karena kandungan alkohol yang berlebih,"pungkasnya.

Pada 3-4 September lalu, Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Malaysia menyelenggarakan kompetisi AYI 2016 ini yang dilangsungkan di University Technology Malaysia.




Sumber : ugm.ac.id
Sumber Gambar : ugm.ac.id

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini