Ini Daftar 17 Kue Nasional Terenak Di Dunia, Satu Diantaranya Dari Indonesia

Ini Daftar 17 Kue Nasional Terenak Di Dunia, Satu Diantaranya Dari Indonesia
info gambar utama

Kuliner asal indonesia memang terkenal memiliki cita rasa yang nikmat. Hal itu berulang kali diakui oleh masyakat dunia. Kue Indonesia selain sangat beragam jenisnya, juga banyak kue yang memiliki nilai filosofis ataupun historis. Seperti Agustus yang lalu, CNN merilis 17 daftar kue terenak di dunia dan salah satunya merupakan kue asal Indonesia.

Kue-kue yang dipilih tersebut merupakan kue yang dianggap sebagai kue ikonik dari negara masig-masing.

Penasaran apa saja kue terenak di dunia itu? Dan kue tradisional asal Indonesia mana yang dianggap paling enak? Kawan GNFI bisa simak tulisan berikut. (diurutkan berdasarkan nama negara)

1. Cheesecake, Amerika Serikat

Cheesecake Amerika (Foto: shutterstock.com)
info gambar

Amerika mungkin dikenal sebagai surganya kue penutup makan. Namun sampai saat ini Cheesecake yang dianggap paling enak dan memiliki nilai historis. Cheesecake dahulu hanya merupakan gumpalan keju manis yang sudah ada sejak Yunani Kuno. Namun saat ini yang populer adalah kue keju dingin yang baru ada semenjak munculnya krim keju pada tahun 1872 di Amerika Serikat. Sejak saat itu cheesecake menjadi jadi sangat populer.

2. Lamington, Australia

Kue Lamington Australia (Foto: news.com.au)
info gambar

Lamington adalah ikon kue nasional Australia. Kue bolu yang namanya diambil dari Lord Lamington yang menjadi Gubernur Queensland pada akhir abad 19 ini dilapisi cokelat dan taburan kelapa. Sedangkan kue Lamington modern memiliki punya beragam isian seperti raspberry dan mudah ditemui di supermarket-supermarket di Australia.

3. Kaiserschmarrn, Austria

Kue Kaiserschmarrn (Foto: chefkoch.de)
info gambar

Kisah dari kue ini cukup unik sebab penamaannya didasarkan dari kue kesukaan Kaisar Konfederasi Jerman. Kaisar bernama Franz Joseph I dari Austria diceritakan sangat menyukai fluffy pancake. Namun, sang kaisar lebih suka memakannya dalam keadaan terpotong-potong kecil dengan saus buah kue manis itulah yang disebut sebagai Kaiserschmarrn.

4. Kransekage, Denmark/Norwegia

Kue bertingkat Kransekage (Foto: offertabs.com)
info gambar

Kue yang umum disajikan saat pesta-pesta spesial seperti pernikahan atau perayaan tahun baru di Denmark dan Norwegia ini terkenal dengan penampilannya yang menarik. Terdiri dari beberapa tingkat, kue ini menjulang tinggi seperti menara. Biasanya kue ini dibuat dari adonan telur, gula dan almond.

5. Ma Lai Go, Hongkong

Kue Ma Lai Go (Foto: followmefoodie.com)
info gambar

Ma Lai Go adalah kue ikon Hong Kong yang sepintas mirip seperti Kue Bika di Indonesia sebab wjjudnya berupa kue berongga mirip seperti spons. Hanya saja, Ma Lai Go dimasak dengan dikukus di dalam keranjang bambu layaknya dimsum. Kue yang biasanya dibuat dengan tepung, telur, gula merah dan lemak babi ini memiliki rasa karamel yang kuat hasil dari melumernya gula saat dikukus dan umumnya Ma Lai Go disajikan di pagi hari.

6. Lapis Legit, Indonesia

Kue Lapis Legit yang populer sejak zaman Belanda (Foto: cantikinfo.net)
info gambar

Ini dia yang ditunggu-tunggu, kue khas Indonesia yang termasuk kue terenak di dunia, Lapis Legit. Kue ini memang sejstinya bukan asli kekayaan kultur asli Indonesia. Namun merupakan kue hasil penyerapan budaya dari kolonial Belanda yang membekas di Indonesia seperti layaknya kue spikoe. Beberapa bahkan menganggap antara spikoe dan lapis legit adalahbkue yang sama. Meski begitu, Lapis Legit memang salah satu kue Indonesia yang tidak dapat ditolak kelezatannya.

Kue hasil campuran kuning telur, mentega gula dan tepung ini dibuat bertumpuk-tumpuk dengan warna lapisan yang berbeda. Umumnya Lapis Legit memiliki dua warna, coklat keemasan dan coklat tua. Teksturnya yang empuk dan rasanya yang manis menjadi alasan mengapa kue ini menjadi primadona di Tanah Air.

7. Victoria Sponge, Inggris Raya

Kue kerajaan Inggris, Victoria Sponge (Foto: thelittleteochew.com)
info gambar

Melihat namanya saja sudah sangat kentara bahwa kue ini diberi nama berdasarkan nama ratu Inggris, Ratu Victoria. Menurut cerita, Ratu Victoria diketahui sangat menyenangi mengudap sepotong kue bolu sembari menikmati teh hangat di sore hari. Bukan hanya budaya teh di sore hari saja ternyata yang menjadi populer tetapi juga kue bolu yang di nikmati oleh sang ratu. Kue bolu victoria biasanya dibuat dari tepung, telur dan gula. Kemudian di sajikan dengan selai rasberi dan krim vanila.

8. Tiramisu, Italia

Kue beroma kopi kebanggan Italia,Tiramisu (Foto: thecookinghub.net)
info gambar

Kue yang dikenal mulai muncul di tahun 1960 ini sangat terkenal di Italia. Hampir setiap toko kue di negara tersebut menyajikan Tiramisu. Tiramisu merupakan kue berkafein bercampur cokelat yang kerap menjadi hidangan pencuci mulut dengan kesan menyenangkan. Mungkin karena kandungan kafeinnya yang memang mampilu membuat orang kembali merasa bersemangat. Tiramisu sendiri memangg bermakna "bersemangat" ataupun "membangunkan".

9. Dorayaki, Jepang

Kue kesukaan Doraemon, Dorayaki (Foto: cookingismeditation.wordpress.com)
info gambar

Pada mulanya, kue ini hanya kudapan sederhana di Jeoang. Namun dorayaki kemudian sangat populer di Jepang akibat karakter anime bernama Doraemon, seekor kucing robot, amat menggemari kue ini. Dorayaki sebenarnya adalah kue bolu yang berbentuk bulat yang didalamnya berisi pasta kacang merah yang rasanya manis.

10. Black Forest, Jerman

Kue Black Forest (Foto: yummytummyaarth.com)i
info gambar

Mendengar namanya mungkin orang berpikir bahwa kue yang satu ini berasal dari Inggris atau Amerika, namun ternyata nama ini adalah nama lain dari Schwarzwalder Kirschtorte yang berasal dari Jerman. Nama tersebut berasal dari nama sebuah liquor di daerah pegunungan Barat Laut di Jerman yang dibuat dari hasil suling buah Ceri. Itu sebabnya Black Forest dengan cita rasa asli umumnya mengandung alkohol. Kue ini terdiri dari beberapa lapis kue bolu cokela dan dilapisi dengan krim gula.

11. Pandan Cake, Malaysia/Singapura

Kue Pandan yang juga populer di Indonesia (Foto: youtube.com/zatayayummyzonghan)
info gambar

Kue yang satu ini menarik, sebab tidak hanya populer di Malaysia dan Singapura, tetapi juga di Indonesia. Pandan Cake atau Bolu Pandan adalah kue yang bertekstur lembut dengan warna hijau yang khas berkas campuran cairan ekstrak daun pandan.

12. Tres Leches Cake, Meksiko

Kue Tres Leches (Foto: today.com)
info gambar

Kue nasional yang satu ini sangat kental dengan rasa susu. Sebab teksturnya yang lembut direndam dengan campuran tiga jenis susu: susu kental manis, susu evaporasi dan susu biasa. Itu sebabnya kue ini juga dikenal dengan nama Roti Tiga Susu (Pan Tres Leches).

13. Madeleines, Perancis

Kue Madelienes (Foto: designbakerun.blogspot.ca)
info gambar

Meski Perancis terkenal dengan panekuk kering atau crepe namun ternyata terdapat kue enak lain yang juga terdapat di Perancis. Salah satunya adalah Madeleines yang merupakan kue bolu bermotif unik. Bila umumnya bolu memiliki permukaan rata, bolu yang satu ini memiliki bentuk menyerupai tempurung kerang. Kue ini terkenal dengan rasanya yang lembut dan bercita rasa lemon yang berasal dari campuran air lemon.

14. Pavlova, Selandia Baru

Kue Pavlova (Foto: www.annabel-langbein.com)
info gambar

Nama kue ini berasal dari salah satu balerina paling terkenal di dunia asal Rusia, Anna Pavlova. Kue ini dibuat dengan mencampurkan putih telur dengan gula dan disajikan dengan buah-buahan diatasnya. Pavlova sangat terkenal di Selandia Baru dan Australia sebab kerap disajikan dalam acara perayaan dan hari besar.

15. Pribcesstarta, Swedia

Kue Pribcesstarta (Foto: www.zaum.com.au)
info gambar

Prinsesstarta, atau Swedish Princess Cake, merupakan kue yang menjadi kebanggan bagi masyarakat Swedia. Sebab dalam perayaan tertentu, kue ini disajikan di hari terakhir dalam rangkaian satu minggu. Kue ini merupakan kue bolu yang berlapis dandisajikan dengan selai, puding dan krimdi tiap lapisan. Kemudian diberi selembar marzipan berwarna hijau sebagai hiasan di atasnya.

16. Baklava, Turki

Kue Baklava (Foto: www.sbs.com.au)
info gambar

Kue ini dipercaya bermula dari zaman Kerajaan Usmani di Turki yang kerap disajikan di pertengahan bulan Ramadhan. Kueterdiri dari lapisan pastryyangdiisi dengan pistachio dan direndam dalam sirup ini kerap disajikan bersama teh dan buah-buahan dan menjadi kue penutup paling populer di Turki.

17. Postre Chaja, Uruguay

Kue Postre Chaja (Foto: ru.chocolatetalk.com)
info gambar

Kue yang satu ini sering dikait-kaitkan dengan nama spesies burung di Amerika Selatan yang memiliki jambul indah. Disajikan dalam bentuk kue bolu dengan krim dan buah persik, kue ini sangat populer berkat citarasanya yang nikmat. Bahkan resep aslinya masih menjadi rahasia keluarga pencipta kue ini, Orlando Castellano, selama bertahun-tahun.

Membaca daftar kue-kue nasional tersebut tentu membuat Kawan menjadi lapar bukan? Jadi kue manakah yang menjadi favorit? Sampaikan pilihanmu dikolom komentar.


Sumber : CNN
Sumber Gambar Sampul : berbagai sumber

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini