Indonesia Juara di Kompetisi Telemedicine Asia

Indonesia Juara di Kompetisi Telemedicine Asia
info gambar utama

Tim perwakilan Indonesia, yakni Tim Pulse dari Fakultas Teknik Informatika Telkom University (TelU) berhasil menyabet juara dua Telemedicine Innovation Challenge (TIC).

Kejuaraan dunia khusus inovasi dan digitalisasi kesehatan tersebut diselenggarakan Monash Universitydi Swan Convention Centre-Sunway Medical Centre, Malaysiabulan lalu.

Tim yang disokong Indigo Creative Nation ini berhasil menyisihkan banyak pesaing dari berbagai belahan dunia berkat riset aplikasi berbasis Android bernama Jantung. Ini aplikasi untuk membantu penggunanya dalam mendeteksi kelainan jantung serta memberikanalert kepada orang-orang terdekat terkait kondisi pengguna saat itu.

Prosesi penyerahan hadiah juara dua kepada Tim Teknik Informatika TelU dengan aplikasi Jantung dalam Telemedicine Innovation Challenge di Malaysia (Sumber: Istimewa)f
info gambar


Hal ini bertujuan meminimalkan risiko kematian pengguna akibat serangan jantung tiba-tiba. Metodenya adalah sinkronisasi aplikasi Jantung dengan Pulse Wristband (Gelang Pulse) buatan mereka yang digunakan pengguna sebagai media monitoring, sehingga data yang dihasilkan akan ditampilkan pada aplikasi Jantung.

Menurut Maman Abdurahman, Dekan Fakultas Teknik Informatika TelU, tim dipimpin dosen/mentor Satria Mandala dengan lima mahasiswa yakni M. Alif Akbar, Dede Kiswanto, Faida E. Pambudi, Shamila, dan Masyithah Nur Aulia.

"Ini menggembirakan kami. Dan sudah seharusnya mahasiswa dan dosen kami memimpin, minimal di Asia Pasifik. Semoga menjadi inspirasi bagi mahasiswa lainnya di TelU khususnya maupun Indonesia pada umumnya," katanya.

Shalima, anggota tim menambahkan, juara pertama diraih perwakilan India namun mereka berhasil menyisihkan perwakilan Malaysia ke urutan ketiga.

Menurut dia, kompetisi berlangsung ketat karena prosesnya sendiri sudah berlangsung sejak Maret 2016. Para peserta diminta mengirim proposal sekaligus membuat prototipenya. Juga video yang diunggah di media sosial guna memperoleh dukunganvoting.

Selepas itu, sambung Shalima, peserta yang terseleksi dari sisi proposal maupun votingdiminta mengikuti kegiatan guna mempresentasikan risetnya di hadapan sejumlah ahlitelemedicine dunia.

(Liputan6)

Gambar utama : Solixinc.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Akhyari Hananto lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Akhyari Hananto.

Terima kasih telah membaca sampai di sini