Lupa Sandi?

Si Putih, Puspa Bangsa Yang Punya Banyak Manfaat

Huda Faridha
Huda Faridha
0 Komentar
Si Putih, Puspa Bangsa Yang Punya Banyak Manfaat

Putih putih melati... Ali Baba, Merah merah delima... Pinokio

Masih ingat dengan nyanyian itu ? Berkatnya, masa kecil kita begitu bahagia dengan keceriaan bermain bersama kawan-kawan di sore hari. Lewatnya, akhirnya kita mengenali salah satu nama bunga. Ya, si bunga melati.

Tentunya banyak orang menyukai bunga melati karena aromanya yang harum. Tanga-tangan mungil nan jail suka sekali memetiknya. Anak-anak perempuan biasanya mengumpulkan bunga melati untuk dirangkai sebagai hiasan di rambutnya. Lalu bermain sandiwara bak puteri-puteri-an. Sedang anak laki-laki memetiknya untuk beradu lempar atau hanya sekedar memetik lalu membuangnya.

Tahukah kamu, jika bunga melati adalah flora asli Indonesia ?

Baca Juga

Bunga berwarna putih nan harum ini termasuk kumpulan dari tanaman perdu. Melambangkan kesucian dan kesederhanaan, sehingga tak jarang ia dikaitkan dengan tradisi-tradisi di berbagai daerah Indonesia. Bunga Melati dinobatkan sebagai Puspa Bangsa, dimana ia juga merupakan satu dari tiga bunga nasional Indonesia pada spesies Melati Putih (berdasarkan Kepres Nomor 4 Tahun 1993.).

Berasal dari Asia Selatan, Melati tersebar hampir di seluruh dunia termasuk di Indonesia. Tiap spesies memiliki habitat yang berbeda, namun secara umum melati menyukai habitat beriklim tropis. Beberapa spesies yang populer di Indonesia diantaranya adalah:

  • Melati Putih, Melati Air (Jasminum sambac)
  • Melati Gambir (Jasminum pubescens)
  • Melati Gambir, Melati Hutan, Star Jasmine (Jasminum multiflora)
  • Melati Raja, King Jasmine (Jasminum rex)

Puspa Bangsa satu ini ternyata punya segudang manfaat loh. Apa saja sih manfaatnya ?

Manfaat Bunga Melati untuk Kesehatan

Teh Melati
Teh Melati

Bunga melati memiliki berbagai macam manfaat untuk kesehatan. Dengan adanya inovasi teknologi , manfaat melati bisa didapat dari teh ekstrak melati. Selain karena praktis, aroma harum khas bunga melati yang menenangkan dalam teh, membuatnya banyak diminati orang. Kandungan meati dalam teh ternyata memiliki banyak khasiat untuk kesehatan, seperti :

  1. Mengobati stress

Keharuman teh aroma melati dapat mengurangi dan menghilangkan stress. Tak hanya itu, melati juga manjur mengurangi rasa cemas dan ketegangan yang dialami seseorang. Sehingga tubuh serasa lebih fresh dan pikiran pun menjadi tenang.

  1. Menjauhkan diri dari kanker

Bunga melati yang diramu menjadi teh, akan mengeluarkan antioksidan yang sangat tinggi. Antioksidan memiliki peran penting dalam memperlambat proses penuaan. Selain itu, melati juga berkhasiat memerangi radikal bebas di dalam tubuh. Radikal bebas dekat sekali dengan perkembangan kanker dalam tubuh. Dengan teh ekstrak melati, anda mengurangi resiko kemunginan kanker dalam tubuh anda.

  1. Mengurangi kemungkinan stroke

Lemak tak pernah berdamai dengan teh melati. Pasalnya ia manjur mengurangi kolesterol serta lemak dalam tubuh, selain itu ia juga mencegah pembentukan kolesterol jahat. Sehingga dengan konsumsi teh melati secara teratur dapat mengurangi kemungkinan adanya penyakit stoke hingga jantung.

  1. Membantu mengurangi berat badan

Tentunya jika sel lemak dalam tubuh berkurang, maka berat badan mejadi lebih ideal dan tetap terkontrol. Diet sehat disertai konsumsi teh melati secara teratur dapat menjaga berat badan anda tetap stabil.

Bantu stabilkan berat badan
Bantu stabilkan berat badan
  1. Mengeluarkan racun dalam tubuh

Kandungan tinggi antioksidan dalam teh melati ternyata juga dapat mengeluarkan racun/toksin dalam tubuh

  1. Mengatasi PMS

Perubahan hormonal yang terjadi pada saat PMS seringkali membuat mood wanita cepat sekali naik turun. Maka tak heran jika pada masa ini wanita seringkali lebih galak dari biasanya. Mengonsumsi seduhan teh melati di pagi hari bisa membantu menenangkan suasana hati dan mengurangi nyeri tubuh.

  1. Mengobati Flu

Sifat antivirus dan antibakteri dalam kandungan melati dapat mencegah penyakit menyerang tubuh kita. Cukup dengan mengonsumsi seduhan teh melati dan gula dapat meringankan gejala flu dan pilek.

  1. Sesak napas

Tak hanya bunga, mengonsumsi secara teratur rebusan daun bunga melati yang dicampur garam dapat mengobati penyakit asma.

  1. Demam dan Sakit kepala

Salah satu cara menghilangkan demam dan sakit kepala yakni mengompres dahi dengan air rendaman yang dicampur remasan daun dan bunga melati.

  1. Bengkak karena gigitan serangga

Remasan atau tumbukan bunga melai juga bisa mengobati bengkak akibat gigitan serangga. Cukup tempelkan pada bagian yang bengkak, tumbukan bunga melati akan bereaksi.

Gigitan serangga
Gigitan serangga
  1. Sakit Mata (Mata merah dan belekan)

Sakit mata sangat menganggu aktivitas kita sehari-hari. Untuk mengobatinya, lumatkan daun melati hingga halus kemudian ditempelkan pada kelopak mata yang sakit. Namun hindari kontak langsung dengan mata. Ganti secara berkala jika lumatan daun melati telah mengering.

  1. Menghentikan ASI berlebih

Tumbukan daun melati ternyata juga dapat mengatasi pengeluaran ASI yang berlebih. Tempelkan tumbukan daun melati pada sekitar buah dada pada pagi hari sebelum manda. Lakukan dengan rutin.

ASI esklusif

  1. Mengobati Insomnia

Kurangnya jam tidur yang berkualitas dapat mengganggu metabolisme tubuh. Stres yang berkelanjutan dapat menyebabkan insomnia. Salah satu Universitas Amerika, WheelingJesuit University, membuktikan khasiat melati melalui penelitian yang dilakukan. Melati dapat membantu seseorang tidur dengan alami. Selain tidur lebih berkualitas, kecemasan dapat berkurang dan anda akan bangun dengan mood yang baik. Rebus akar melati yang telah ditumbuk halus, saring dan minum air rebusannya.

  1. Mengobati radang usus

Untuk mengobati peradangan yang terjadi di usus, rebuslah daun melati dengan 3 gelas air. Sisakan hingga menjadi segelas air. Saring kemudian minum secara rutin.

  1. Mengobati radang ginjal

Hati-hati bila warna urine anda menjadi pekat. Bisa jadi ada peradangan di ginjal. Untuk mengobatinya, lakukan hal yang sama seperti mengobati peradangan pada usus.




Sumber : http://manfaatnyasehat.com/manfaat-bunga-melati/
Sumber Gambar Sampul :pernikdunia.com

Pilih BanggaBangga100%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG HUDA FARIDHA

Mulai dari diri sendiri ... Lihat Profil Lengkap

Ikuti
Next
Andrea Hirata

Berhenti bercita-cita adalah tragedi terbesar dalam hidup manusia.

— Andrea Hirata