Lupa Sandi?

Virtual Office Kini Jadi Acuan Para Pebisnis Pemula

Esterlitha Maharani
Esterlitha Maharani
0 Komentar
Virtual Office Kini Jadi Acuan Para Pebisnis Pemula

Melihat banyaknya perusahaan besar yang kian menyebar di kawasan pusat bisnis ibu kota membuat pebisnis pemula memutar otak. Faktor biaya sewa ruangan untuk kantor semakin mahal, akhirnya membuat para pebisnis pemula menggunakan jasa virtual office.

Virtual office sendiri merupakan layanan untuk mengurangi biaya atau memang tidak memiliki cukup biaya untuk menyewa kantor. Jasa virtual office menawarkan pebisnis yang ingin memiliki kantor beralamat di lokasi strategis, namun pebisnis tidak membutuhkan fisik bangunan kantor karena pekerjaan mereka bisa dilakukan dimana saja.

Ilustrasi Virtual Office | http://arifsetiawan.com/
Ilustrasi Virtual Office | http://arifsetiawan.com/

Indonesia, khususnya Jakarta memiliki peraturan Pemprov DKI yang melarang bangunan rumah diubah menjadi kantor untuk usaha. Melihat larangan tersebut membuat kalangan pebisnis pemula, akhirnya menjatuhkan pilihan pada layanan jasa virtual office.

Virtual office adalah bagian darisharing economyyang mana pebisnis pemula dapat menggunakan kantor bersama untuk menekan biaya operasional. Selain dapat dipergunakan untuk domisili usaha dan perizinan, layanan bisnis profesional juga disediakan untuk menunjang kegiatan berbisnis seperti komunitas bisnis, acara-acara,ruang meeting, resepsionis dan penerusan surat atau panggilan.

Baca Juga

Salah satu pelopor penyedia jasa virtual office adalah Erwin A Soerjadi (35) yang membuka jasa layanan kantor bersama dengan nama vOffice sejak tahun 2012. Ide awal Erwin bersama beberapa pendiri vOffice adalah untuk membantu pengusaha yang baru memulai bisnisnya tidak terbebani biaya sewa tempat. Seiring perkembangan teknologi, banyak jenis pekerjaan yang kini tidak mewajibkan para karyawan datang ke kantor setiap hari.

Adanya perkembangan yang kian meningkat di kalangan pebisnis membuat Erwin dan rekan-rekannya menyiapkan paket layanan untuk virtual office. Berikut ini adalah paket layanan virtual office:

Paket Layanan Virtual office | Merdeka.com
Paket Layanan Virtual office | Merdeka.com

Erwin menambahkan, vOffice menyeleksi calon klien yang akan menggunakan jasanya. Caranya dengan mengecek jenis usaha dan bagaimana usaha mereka dijalankan. Para kliennya menggunakan jasa virtual office untuk alamat surat menyurat, keterangan domisili usaha serta menerima tamu dari rekan bisnis. "Karena biaya sewa tinggi dan operasional yang tinggi mungkin pilihan yang terbaik adalah dengan menyewa alamat kantor di sini," kata Erwin yang juga aktif di Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi).

Dari sisi legalitas, usaha kantor bersama memang mendaptakan dukungan dari Pemprov DKI khususnya dari Badan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BPTSP) DKI Jakarta yang mengeluarkan perizinan virtual office melalui Surat Edaran (SE) Nomor 06/ SE/ 2016. Dalam surat edaran ini, BPTSP menyatakan memberikan izin legalitas kepada perusahaan yang beralamat kantor di virtual office.




Sumber : merdeka.com
Sumber Gambar Sampul :eoffice.net

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau100%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG ESTERLITHA MAHARANI

- ... Lihat Profil Lengkap

Ikuti
Next
Ki Hajar Dewantara

Anak-anak hidup dan tumbuh sesuai kodratnya sendiri. Pendidik hanya dapat merawat dan menuntun tumbuhnya kodrat itu.

— Ki Hajar Dewantara