Programmer yang Terpilih Magang di Google ini Ternyata Mengantongi Segudang Prestasi

Programmer yang Terpilih Magang di Google ini Ternyata Mengantongi Segudang Prestasi
info gambar utama

Jessica Handojo, mahasiswi Universitas Bina Nusantara Kemanggisan ini tengah menikmati pengalaman magang di kantor pusat perusahaan teknologi multinasional yang bergerak di bidang layanan Internet asal negeri Paman Sam, Google. Dari ribuan pelamar, Jessica lolos terpilih menjadi karyawan magang di kantor pusat Google.

Siapa sangka, ternyata Jessica ini sudah mengantongi segudang prestasi. Ini bermula dari kecintaannya pada programming sejak kelas 8 SMP. Lalu, perempuan kelahiran Jakarta, 20 Oktober 1994 ini lanjut untuk serius menggeluti programming sejak kelas 9 SMP dan saat itupun juga ia mengikuti Olimpiade Sains Nasional bidang Informatika.

Jessica, mahasiswa Binus yang lolos magang di Google | sumber foto: CNN

Lalu, ketika ia mengenyam pendidikan di bangku SMA, Jessica membuat sebuah program untuk mengacak tempat duduk siswa di dalam kelas dengan sekali klik saja. Alasan Jessica membuat program ini adalah untuk mengurangi penggunaan kertas serta efisiensi waktu untuk mengatur ulang tempat duduk di kelas. Tak hanya itu, Jessica dinobatkan menjadi lulusan terbaik tahun ajaran 2012/2013 di SMA Santa Ursula Jakarta ini juga pernah membuat beberapa game Android, website, hingga sejumlah aplikasi Android serta IOs.

Ia juga meraih beberapa penghargaan ketika mengenyam studi di SMA, yakni medali emas untuk Teori Terbaik dan Peserta Wanita Terbaik pada Olimpiade Sains Nasional 2010 di Medan, Central Europian Olympiad in Informatics, delegasi Indonesia untuk International Olympiad in Informatics 2011 di Thailand, dan lainnya.

Saat mengenyam studi di bangku kuliah, Jessica terus berkarya. Ia meraih 1st Runner Up pada Indonesia National Contest 2014, Indonesia; ACM-ICPC Asia Phuket Regional Contest 2015 di Thailand, dan lainnya. Tak hanya bidang komputer, ia juga ahli dalam Matematika. Ia menyabet medali perak pada International Mathematics and Science Olympiad (IMSO) 2006 di Jakarta ketika SD dan lainnya. Jessica memaparkan bahwa untuk menjadi seorang software engineer harus mau untuk terus belajar karena bidang tersebut terus berkembang.

Jessica juga berbagi tentang syarat magang di Google. Jessica membocorkan bahwa syarat untuk magang di Google adalah rekomendasi dari teman yang sudah bekerja di Google karena adanya mosi ‘Great People know great people’ sedang dalam studi full time S1 maupun magister dalam bidang yang bersangkutan. Indeks Prestasi (IP) serta latar belakang si kandidat magang tak dijadikan acuan untuk penerimaan kandidat magang. “Satu-satunya yang dilihat adalah apakah saat wawancara, kandidat dapat menganalisis permasalahan dari berbagai sudut pandang dan menyelesaikannya secara teknikal,” ujar Jessica.

Untuk kalian anak-anak penerus bangsa, Jessica berpesan untuk mengikuti kata hati sejak dini sehingga mampu berkembang secara maksimal. Walaupun perjalanan menuju impian itu pasti berliku-liku dan penuh dengan suka dan duka, namun setiap kerja keras dan peluh keringat tersebut akan menjadi sesuatu yang berguna di ujung perjalanan itu.


Sumber : CNNIndonesia
Sumber Gambar Sampul : CNNIndonesia

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini