Lupa Sandi?

Inovasi Terbaru dan Pertama di Asia Tenggara dari PON Jabar 2016

Arifina Budi
Arifina Budi
0 Komentar
Inovasi Terbaru dan Pertama di Asia Tenggara dari PON Jabar 2016

Ada yang beda dari pelaksanaan PON XIX Jawa Bara 2016. Demi mempermudah akses masyarakat Indonesia untuk dapat menyaksikan langsung pertandingan-pertandingan dalam PON 2016 kali ini, panitia PON ingin memberikan pengalaman baru dengan menghadirkan aplikasi streaming pada ponsel untuk sistem operasi Androd dan iOS.

Maria Selena, Duta PON XIX Jawa Barat, mengatakan, aplikasi dengan nama “Pekan Olahraga PON 2016” ini akan menyiarkan pertandingan terkini dari sebelas cabang olahraga. Adapun cabang olahraga tersebut adalah Tinju, Atletik, Bola Basket, Bola Voli Indoor, Bola Voli Pasir, Tenis Lapangan, Tenis Meja, Akuatik Renang, Taekwondo, Pencak Silat, dan Karate. Meski tidak semua cabang olahraga disiarkan melalui streaming, namun langkah ini merupakan inovasi yang sangat apik.

"Ini baru pertama kali di sepanjang sejarah event olahraga di Tanah Air. Pengalaman baru ini akan memberikan kemudahan sekaligus kepuasan bagi masyarakat Indonesia," tutur Maria, di Bandung.

Cabang olahraga voli menjadi salah satu yang dapat disaksikan secara streaming melalui aplikasi PON Jabar 2016
Cabang olahraga voli menjadi salah satu yang dapat disaksikan secara streaming melalui aplikasi PON Jabar 2016

Baca Juga

Bukan hanya inovasi terbaru, adanya fasilitas aplikasi streaming ini dikatakan oleh Ketua Umum PON 2016 Ahmad Heryawan atau Aher juga menjadi rekor karena merupakan yang pertama kali di Indonesia bahkan Asia Tenggara.

"Bersyukur, ini terjadi pertama kalinya di PON. Di SEA Games juga belum terjadi. Kalau sukses di (PON) Jabar, kita doakan Asian Games pun pakai ini," kata Aher.

Melalui aplikasi ini masyarakat tidak hanya dimudahkan untuk menonton langsung pertandingan yang berlangsung pada PON 2016 melainkan juga dapat melihat jadwal dan hasil pertandingan, perolehan medali, cabang olahraga, atlit, kontingen, dan venues.

"Semua inovasi ini diharapkan akan meningkatkan gairah olahraga sekaligus spirit sportivitas antarwilayah di Indonesia. Apalagi, tidak datang pun bisa melihat pertandingan dengan mudah dan efisien," pungkas Maria.

Baca juga: PON Jawa Barat Akankah Paling Digital dalam Sejarah PON

Maria juga memaparkan bahwa PB PON, selain merilis aplikasi tersebut, juga membuat dua aplikasi lainnya. Yang pertama adalah aplikasi yang bersifat umum terkait pelaksanaan PON XIX dan Peparnas XV 2016 dengan nama PON PEPARNAS JABAR 2016. Menu di aplikasi ini antara lain Berita, Pertandingan, Jabarpedia, dan Foto.

Pertandingan dari cabang atletik juga dapat disaksikan secara streaming melalui aplikasi PON Jabar. Dengan adanya aplikasi ini, setiap pertandingan bisa dilakukan secara jujur dan sportif karena disaksikan oleh banyak orang
Pertandingan dari cabang atletik juga dapat disaksikan secara streaming melalui aplikasi PON Jabar. Dengan adanya aplikasi ini, setiap pertandingan bisa dilakukan secara jujur dan sportif karena disaksikan oleh banyak orang

Aplikasi ini didukung sepenuhnya oleh PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) dengan menyediakan jasa bandwith internet untuk aplikasi tersebut. Ketua Satgas PON PT Telkom Amanudin mengatakan, pihaknya menyiapkan 3gb bandwith untuk menunjang tayangan streaming tersebut. Dalam operasionalnya nanti, dia optimistis server akan mampu melayani layanan streaming sehingga tidak akan over kapasitas.

Kerjasama PON dengan PT Telkom ini, kata dia, merupakan kerjasama dengan bentuk sponsorship sehingga PB PON tidak mengeluarkan lagi biaya untuk memperoleh layanan data tersebut. "Dan untuk tayangan di setiap venue, rata-rata kami menggunakan jaringan yang sudah ada. Yang bikin baru hanya beberapa, seperti di venue tinju di Pelabuhan Ratu, juga venue di Pangandaran," katanya.

Jadi, tahun ini kita bisa mendukung tim atau kontingen kebanggaan melalui aplikasi yang telah disediakan dari PON XIX Jawa Barat 2016 yang akan berlangsung pada 17-29 September mendatang.

Sumber : jpnn.com
Sumber Gambar :

Pilih BanggaBangga14%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli14%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi43%
Pilih TerpukauTerpukau29%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG ARIFINA BUDI

Pencerita hal-hal baik untuk dunia. ... Lihat Profil Lengkap

Ikuti
Next
Evan Dimas

Semua bisa dikalahkan kecuali Tuhan dan orang tua.

— Evan Dimas