Ribuan Standing Ovation untuk Desain Busana Anniesa Hasibuan di NYFW

Ribuan Standing Ovation untuk Desain Busana Anniesa Hasibuan di NYFW
info gambar utama

Indonesia tampaknya semakin mantap maju menjadi kiblat fashion muslim dunia. Satu lagi anak bangsa Indonesia berhasil menorah prestasi yang membanggakan pada ajang New York Fashion Week (NYFW) pada awal September ini.

Melalui desainnya yang bertema D’Jakarta, perancang mode Anniesa Hasibuan malam itu dalam ruangan The Dock, Skylight Moynihan Station, New York mendapatkan standing ovation lebih dari 1.500 tamu yang hadir dalam NYFW tersebut. Pada ajang kali ini Anniesa menampilkan 48 koleksi busana terdiri dari 38 busana ready to wear dan 10 busana gaun malam.

Dengan gaya modest muslim, karya Anniesa menjadi primadona dalam acara fashion paling bergengsi di New York, yang melambungkan nama desainer Michael Kors, Marchesa dan Betsy Johnson.

Dalam laman Elle tertulis, akan sangat mudah melupakan desain-desain baju yang ditampilkan pada NYFW. Namun, tidak untuk desain yang ditampilkan oleh Anniesa Hasibuan. Ia bukan hanya orang Indonesia yang pertama kali menampilkan busana di NYFW melainkan juga desainer pertama yang menampilkan koleksi busana muslim dengan hijab.

Anniesa memadukan hijab dengan beragam model baju seperti kimono, tunik, gaun, celana panjang, dan setelan baju.

(foto: elle.com)
info gambar

Kehadiran Anniesa memang cukup mengejutkan. Anniesa diundang karena karya-karya Anniesa awalnya hanya dikenal dikalangan industri Couture Fashion yang digelar di kota yang sama.

“Pertama, aku show di Couture Fashion Week, aku ikut sampai dua atau tiga kali. Ada Event Organizer dari Couture Fashion Week menyarankan untuk maju ke ajang yang lebih bergengsi lagi yaitu New York Fashion Week The Show. Artinya, ini adalah main show dari seluruh rangkaian Fashion Week. Ini top levelnya”, ujar Anniesa yang melihat New York mempunyai pasar industri muslim yang bagus.

Tak pelak, desain busana karya Anniesa Hasibuan ini pun mendapatkan komentar yang sangat positif dari kritikus dan kurator fashion Megan Gallhehar dari majalah Global Glam. “Saya tidak mengenal desainer ini. Tapi saat melihat koleksi rancangannya, luar biasa. Sangat indah. Saya sangat menyukai kombinasi warna biru dan detilnya," kata Gallhehar.

(foto: elle.com)
info gambar

Sementara fashion blogger Rania Habeggar, dari Artitute Website sangat menyukai Pattern dari jahitan Anniesa.

“Saya pikir Anniesa akan sukses di New York karena publik sekarang menyukai hal-hal yang detil. Mereka ingin mendapatkan desain yang unik,” ujar Rania yang mengambil beberapa foto untuk media sosial.

“Bagus sekali. Ini bukan hanya sebuah detail dari mode tapi sebuah karya seni. Kombinasi antara tradisional fashion dengan modern muslim. Saya datang ke berbagai pertunjukkan di NYFW, tapi saya tidak pernah melihat ada desainer yang menerima Standing Ovation seperti Anniesa,” ujar kritikus mode di New York dan Paris, David Serero.

(foto: elle.com)
info gambar

Anniesa bersama suami Andika yang mendukung penuh untuk berbisnis fashion di New York, masih akan berada di kota ini untuk beberapa hari menemui para buyers dan media yang ingin wawancara.

“Aku ingin fokus ke ready to wear supaya bisa diterima di pasar sini. Semua ini untuk membawa nama Indonesia,” kata Anniesa yang dalam NYFW ini telah membuat sejarah dalam industri fashion Indonesia di kota New York.


Sumber : voaindonesia, elle.com
Sumber Gambar : elle.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini