Sajian Nasi Terbaik Dunia, Apa yang dari Indonesia?

Sajian Nasi Terbaik Dunia, Apa yang dari Indonesia?

Sajian Nasi Terbaik Dunia, Apa yang dari Indonesia?

Ayo bantu mencegah penyebaran Covid-19 dengan menjaga jarak fisik dengan orang lain atau dengan di rumah saja 🌎🏠. Rekomendasi lain dari WHO

Nasi merupakan salah satu bahan pangan yang menjadi makanan pokok di beberapa negara khususnya di kawasan Asia. Dengan beragam kebudayaan dan tradisi masyarakatnya, setiap negara pun memiliki cara yang berbeda-beda dalam membuat sajian nasi.

Beberapa waktu lalu sebuah laman media kuliner The Daily Meal merilis The World’s 20 Greatest Rice dishes berdasarkan cita rasa serta keunikan penyajian nasi dari berbagai negara. Indonesia sebagai negara dengan makanan pokok nasi ternyata masuk dalam daftar tersebut. Sajian nasi apa yang mewakili Indonesia dalam daftar tersebut? Berikut beberapa sajian nasi terenak di dunia:

  1. Biryani – India

Caption (Sumber Gambar)

Satu hal yang utama dalam upacara pernikahan adalah mempelai pria dan mempelai wanita, tapi lain jika di India. Nasi biryani jadi salah satu syarat utama saat masyarakat India menggelar pernikahan. Olahan nasi dari beras basmati ini diolah bersama daging dan sayuran. yang menjadi ciri khasnya adalah paduan rempah dan bumbu India yang cukup kuat.

  1. Bibimbap – Korea

Caption (Sumber Gambar)

Makanan satu ini sudah mulai populer di dunia. Bibimbap dari bahasa Korea ini artinya adalah nasi campur. Penyajiannya nasi diletakkan di dalam mangkuk panas, kemudian di atasnya diberi sayur-sayuran seperti wortel, timun, daun bayam, kecambah, dan lobak. Bagian terbaik ketika menyantap Bibimbap adalah kita dapat memasak telur langsung dari dalam mangkuk yang sudah terisi nasi dan sayuran tersebut. Sebagai pelengkapnya, Bibimbap dicampur dengan pasta cabe yang akan memberikan rasa pada sajian nasi ini.

  1. Jambalaya – Amerika Serikat

Caption (Sumber Gambar)

Daerah di kawasan Lousiana, Amerika, memiliki ragam kuliner dengan cita rasa khas. Beberapa makanan di Lousiana dipengaruhi dari Spanyol dan Perancis, jambalaya adalah salah satu olahan nasi yang cukup terkenal. Nasi diolah bersama berbagai bahan seperti sosis, bawang, seledri, paprika hijau dan beberapa jenis sayuran lainnya. Kaldu kerap ditambahkan dalam jambalaya sehingga rasanya dominan gurih.

  1. Kedgeree – Inggris

Caption (Sumber Gambar)

Kedgeree adalah makanan olahan nasi khas Inggris yang mendapat pengaruh dari India. Nasi diolah dengan bumbu kari khusus layaknya masakan India namun disajikan dengan pelengkap yang kental dengan unsur Inggris. Peterseli, telur rebus dan krim juga kerap ditambahkan dalam kedgeree. Di London Anda bisa menemukan banyak restoran yang menyajikan kedgeree.

  1. Loco Moco – Hawaii

Caption (Sumber Gambar)

Makanan Ini cukup familiar terdengar, sajian khas Hawaii ini banyak difavoritkan orang dari belahan benua manapun. Dalam sebuah piring, nasi putih disajikan bersama topping daging burger, telur goreng dan saus. Beberapa bahan lain juga turut menjadi pelengkap seperti cabai, tomat, salad atau makaroni.

  1. Nasi kuning – Indonesia

Caption (Sumber Gambar)

Kekayaan cita rasa Indonesia dari Sabang sampai Merauke memang tidak bisa dipungkiri kelezatannya. Pun kuliner Indonesia selalu punya filosofi menarik di dalamnya. Nasi kuning menjadi perwakilan sajian nasi terlezat dunia versi The Daily Meal. Nasi ini dimasak dengan santan dan kunyit sebagai pewarna kuning, disajikan dengan bentuk kerucut dengan pelengkap lauk-pauk seperti kering tempe, telur gulung, teri, tahu dan tempe, serta telur. Warna kuning pada nasi melambangkan emas sehingga nasi kuning kerap hadir dalam upacara syukuran sebagai lambang keberuntungan

  1. Sushi – Jepang

Caption (Sumber Gambar)

Siapa tak kenal dengan hidangan nasi khas Jepang satu ini? Nasi yang disajikan dengan cara digulung dengan isian timun, telur, ikan salmon, hingga ikan-ikan laut mentah tersebut sudah sangat populer di seluruh dunia. Hidangan ini sangat mudah dijumpai di Jepang. Penyajiannya yang unik dan sederhana sertam mudah ini membuat sushi menjadi salah satu primadona sajian nasi terbaik dunia.

  1. Xôi Ngu Sắc – Vietnam

Caption (Sumber Gambar)

Nasi yang berasal dari kawasan pedesaan di Vietnam ini punya tampilan berwarna-warni seperti pelangi. Warnanya menggunakan pewarna makanan alami seperti tanaman magenta, daun pandan, buah gac, dan kacang mung. Nasi ini agak sulit ditemukan di perkotaan sehingga kita harus berjalan memasuki pegunungan untuk mendapatkannya.


Sumber : The daily meal
Sumber Gambar : food.com

WHO merekomendasikan beberapa langkah dasar untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19.

  1. Cuci tangan sesering mungkin setidaknya selama 20 detik
  2. Jika batuk/bersin arahkan ke lipatan siku
  3. Bersihkan dan disinfeksi benda yang sering disentuh
  4. Tetap di rumah jika sakit
  5. Hindari menyentuh wajah
  6. Jaga jarak fisik dengan orang lain (physical distancing)

Yuk, saling menjaga dan membantu. Semoga kita semuanya diberikan kesehatan dan bisa melalui keadaan saat ini.

Pilih BanggaBangga40%
Pilih SedihSedih20%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau40%
Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Guru Sekolah Kebangsaan Akan Hadir di Surabaya Sebelummnya

Guru Sekolah Kebangsaan Akan Hadir di Surabaya

Ketika Para Seniman Ajak Masyarakat Atasi Covid-19 Lewat Pertunjukan Di Dunia Maya Selanjutnya

Ketika Para Seniman Ajak Masyarakat Atasi Covid-19 Lewat Pertunjukan Di Dunia Maya

Arifina Budi
@arifinabudi

Arifina Budi

http://wetanngulon.blogspot.com

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.