Nasi goreng merupakan sebuah makanan berupa nasi yang digoreng dan diaduk dalam minyak goreng atau margarin, biasanya ditambah kecap manis atau saus tomat, bawang merah, bawang putih, asam jawa, lada dan bumbu-bumbu lainnya, seperti telur, ayam, dan kerupuk. Nasi goreng juga dikenal sebagai masakan nasional Indonesia.

Baru-baru ini salah satu mantan pemain bola Manchester United - Rio Ferdinand - membagi cerita perjalanannya ke Singapura di media sosial, dan pada Sabtu lalu dia mengunggah foto selfie dengan nasi goreng di Twitter dan Instagram, menggunakan tagar Singapura. Pengguna media sosial langsung ramai karena mereka merasa itu adalah sebuah kesalahpahaman regional. Memang Nasi Goreng adalah makanan yang mudah ditemui di mana-mana, di warung tepi jalan, gerobak penjaja keliling, hingga restoran dan meja prasmanan dalam pesta. Di Negara-negara tetangga (seperti Singapore, Malaysia, Thailand) juga memiliki macam Nasi Goreng khas sendiri, Tapi tahukah Anda apa saja macam-macam Nasi Goreng di Indonesia? Berikut adalah beberapa macam Nasi Goreng khas di Indonesia :

Nasi Goreng Jawa (senangmasak.com)
Nasi Goreng Jawa (senangmasak.com)

Nasi Goreng Jawa

Nasi Goreng ini dibumbui dengan sambal ulek khas jawayang membuat rasanya pedas. Contoh nasi goreng Jawa adalah nasi goreng babat Semarang yang warnanya agak cokelat dengan lauk babat, nasi goreng Jawa Tengah yang warnanya merah muda dengan lauk sayuran kol dan suwiran ayam kampung, nasi goreng Surabaya yang warnanya merah kecokelatan dengan lauk irisan telur dadar dan suwiran ayam potong serta nasi goreng kampung dari Yogyakarta yang warnanya merah tua dengan lauk telur mata sapi dan ayam kampung.

Nasi Goreng Ikan asin (inforesepu.com)
Nasi Goreng Ikan asin (inforesepu.com)

Nasi Goreng Ikan Asin

Seperti namanya, nasi goreng ini menggunakan tambahan ikan asin sebagai bahan utama dalam pembuatan. Rasa asin semakin membuat nasi goreng ini terasa nikmat. Nasi goreng ikan asin adalah salah satu variasi yang terkenal di Indonesia.

Nasi goreng kambing (tuankoki.com)
Nasi goreng kambing (tuankoki.com)

Nasi Goreng Kambing

Nasi goreng ini menggunakan bahan utama daging kambing yang dipotong dan dicampurkan ke dalam nasi goreng serta dapat menimbulkan aroma dan cita rasa yang khas. Biasanya menu ini dijual di sekitar perkampungan arab.

Nasi Goreng Seafood (kulinersehat.com)
Nasi Goreng Seafood (kulinersehat.com)

Nasi Goreng Seafood

Nasi goreng ini merupakan nasi goreng yang dicampur dengan macam-macam seafood seperti udang, cumi. kepiting, dan lain sebagainya. Biasanya menu ini dijual di restoran di sekitar pantai.

Nasi Goreng Kunyit khas Sunda (reseppraktis.com)
Nasi Goreng Kunyit khas Sunda (reseppraktis.com)

Nasi Goreng Sunda

Nasi goreng buatan orang Sunda rata-rata menggunakan bahan tambahan berupa kunyit atau kunir, sehingga membuat warna menjadi kuning dan rasanya relatif pedas

Nasi Goreng Mawut (kooliner.com)
Nasi Goreng Mawut (kooliner.com)

Nasi Goreng Mawut

Memang sedikit unik dari namanya, bahan nasi goreng mawut ini terbuat dari nasi, mie dan kol, dan beberapa sayuran hijau lainnya dan irisan daging ayam yang digoreng bersama dengan menambahkan bumbu-bumbu dapur untuk memperkaya rasa. Nasi goreng mawut ini biasanya dijual di warung nasi goreng jawa.

Nasi Goreng Jancuk (makanlagi.com)
Nasi Goreng Jancuk (makanlagi.com)

Nasi Goreng Jancuk

Nasi goreng Jancuk berasal dari Kota Pahlawan Surabaya, Nasi goreng yang ditawarkan oleh Surabaya Plaza Hotel ini memang punya kelebihan rasanya yang super pedas dan porsi yang sangat banyak, bahkan cukup untuk 4-5 orang untuk tiap 1 porsi yang disajikan langsung di atas penggorengan.

Nasi Goreng Spesial (resepmasakanindonesia.me)
Nasi Goreng Spesial (resepmasakanindonesia.me)

Nasi Goreng Spesial

Banyak alasan mengapa diberi nama nasi goreng spesial, salah satunya adalah karena nasi goreng ini dilengkapi dengan bahan tambahan yang super komplit, seperti ; telur dadar, irisan daging ayam, sosis, seafood, dan lain-lain.

Sumber :

https://id.wikipedia.org/wiki/Nasi_goreng

http://postinglengkap.blogspot.co.id/2014/06/berikut-jenis-jenis-nasi-goreng-dan.html#.V-DqF_l97IV

http://sapujagat.com/read/2015/02/01/resep-membuat-nasi-goreng-mawut-goyang-lidah-8248

Sumber Gambar Sampul : Wikipedia

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu