Mobil Formula Tim Bimasakti UGM Bawa Pulang Segudang Penghargaan dari Jepang

Mobil  Formula Tim Bimasakti UGM Bawa Pulang Segudang Penghargaan dari Jepang
info gambar utama

Segudang penghargaan diperoleh sekelompok mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) yang tergabung dalam tim Bimasakti pada kompetisi mobil formula “Student Formula SAE Competition of Japan” di Jepang pada 6-10 September 2016 lalu. Tim Bimasakti menciptakan mobil balap formula dan berhasil dinobatkan sebagai tim terbaik pada kompetisi tersebut.

Mobil balap formula Bimasakti tersebut mengungguli mobil balap dari tim asal Asia Tenggara lainnya dengan menempati peringkat ke-26 dari 92 tim yang mengikuti kompetisi ini. Selain itu, tim Bimasakti menempati urutan ke tiga untuk kategori Overseas Team dan juga kategori “efficiency” kelas “Internal Combustion Vehicle” (ICV).

tim Bimasakti UGM (source: masadi.me)
info gambar

"Prestasi ini merupakan hasil kerja keras tim yang sudah dipersiapkan selama lebih kurang 2 tahun. Prestasi yang diperoleh Tim Bimasakti tahun ini merupakan prestasi tertinggi yang tercatat selama Indonesia mengikuti Student Formula Japan SAE Competition," ujar Fajar Fitrahadi, salah satu anggota tim Bimasakti dari Departemen Teknik Mesin dan Industri Fakultas Teknik.

Fajar menerangkan, mobil formula yang diciptakan bersama dengan 27 mahasiswa lainnya dalam tim Bimasakti merupakan mobil formula Bimasakti generasi ke-5. Yang membanggakan, hasil kerja keras tim Bimasakti ini ternyata dinyatakan telah memenuhi standar otomotif internasional atau Society of Automotive Engineers Standar (SAE).

(source: ugm.ac.id)
info gambar

Menanggapi itu, Direktur Kemahasiswaan UGM Senawi mengatakan prestasi yang diperoleh oleh Tim Bimasakti tahun ini merupakan prestasi tertinggi yang tercatat selama tim Indonesia mengikuti Student Formula Japan SAE Competition.

"Dengan prestasi yang telah didapatkan, Tim Bimasakti UGM sangat berpotensi untuk memiliki prestasi yang lebih baik lagi pada tahun mendatang," kata Senawi.

Seperti diketahui, beberapa karya mobil formula yang mengikuti kompetisi sebagian besar pesertanya merupakan mobil balap formula dari universitas yang ada di Jepang dan beberapa tim dari Asia Tenggara seperti Universitas Putra Malaysia, Chulalongkorn University, ITS, UNY, dan Universitas Sebelas Maret.



Sumber : antaranews
Sumber Gambar : jawapos

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini