Lupa Sandi?
Java Jazz Single

Kedai Es Krim Di Bantul ini Berdayakan Kaum Difabel

Thomas Benmetan
Thomas Benmetan
0 Komentar
Kedai Es Krim Di Bantul ini Berdayakan Kaum Difabel
Kedai Es Krim Di Bantul ini Berdayakan Kaum Difabel

Gedung berwarna pink cerah menggambarkan suasana yang cukup menyenangkan dan  manis, seperti produk es krim yang dijual di kedai bernama Osiris ini. Terletak di jalan Parangtritis km 20, Dusun Plebengan, Desa Sidomulyo, Kecamatan Bambanglipuro Kabupaten Bantul, kedai ini bukanlah kedai yang biasa. Keberadaannya bukan sebagai kedai es krim  tapi juga sebagai media pemberdayaan kaum difabel. Betapa tidak, pekerja di kedai ini adalah para difabel beserta keluarga mereka.

Kedai Es Krim Osiris di Jl. Parangtritis km 20, Bantul

Awal mula berdirinya kedai ini adalah berkat prakarsa dari lima orang mahasiswa Universitas Gadjah Mada Yogyakarta yang melakukan pendampingan program Social Entrepreneurship di Desa Sidomulyo. Mereka adalah Sheila Reswari, Ali Bachtiar Sirry, Muhammad Andira Barmana, dan Nur’aini Yuwanita Wakan. Pendampingan ini dilakukan mulai tahun 2015 kepada komunitas difabel di Desa Sidomulyo, dengan tujuan untuk membangun semangat dan kepercayaan diri kaum difabel untuk berkarya.

Selama enam bulan komunitas difabel yang didampingi dengan kelima mahasiswa tersebut menjalani pelatihan pembuatan es krim. Es krim yang dihasilkan adalah es krim dengan rasa buah, serta peralatan yang digunakan untuk membuat es krim pun dikerjakan sendiri oleh para difabel.

Baca Juga

Es Krim rasa buah naga yang merupakan salah satu varian es krim terfavorit dari Kedai Osiris

Pemberdayaan yang dilakukan oleh kelima mahasiswa tersebut bisa dikatakan cukup berhasil, terbukti lewat penghargaan yang diterima oleh kelima mahasiswa tersebut pada Oktober 2015 dalam ajang Young Social Entrepreneurs 2015 di Singapura. Selain itu, kedai ini direncanakan akan membuka satu cabang lagi yang berarti bahwa akan semakin banyak kaum difabel yang ikut diberdayakan lewat pengembangan kedai tersebut.




Sumber : kompas.com, detik.com 
Sumber Gambar Sampul : detik.com 

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG THOMAS BENMETAN

A Fulltime life-learner who lost himself into book, poem, Adventure, travelling, hiking, and social working. Graduated from Faculty of Communication Science, Petra Christian University. Currently pur ... Lihat Profil Lengkap

Ikuti
Next
Andrea Hirata

Berhenti bercita-cita adalah tragedi terbesar dalam hidup manusia.

— Andrea Hirata