Lupa Sandi?

Membaca Al-qur’an dengan Baik dan Benar dibantu Aplikasi Ciptaan Dua Siswa ini

Widya LestariN
Widya LestariN
0 Komentar
Membaca Al-qur’an dengan Baik dan Benar dibantu Aplikasi Ciptaan Dua Siswa ini
Membaca Al-qur’an dengan Baik dan Benar dibantu Aplikasi Ciptaan Dua Siswa ini

Mayoritas masyarakat Indonesia memeluk agama Islam. Meski begitu, dalam sebuah artikel pernah disebutkan masih ada 54% umat muslim di Indonesia yang belum paham baca Al-qur’an. Berangkat dari situ, dua siswa kelas XI SMAN I Surabaya baru-baru ini menciptakan aplikasi pengoreksi kesalahan membaca ayat Al-qur’an. Mereka adalah Ahmad Haidar Fakhrudin dan Habib Ihza Alamsyah.

Haidar dan Habib yang menciptakan aplikasi Aqra. foto: detik.com
Haidar dan Habib yang menciptakan aplikasi Aqra. foto: detik.com

Aplikasi ini mereka beri nama Aqra. Aqra mempunyai arti pandai membaca. Sesuai artinya, Haidar dan Habib ingin aplikasi yang mereka ciptakan dapat membantu seseorang membaca Al-qur’an secara baik dan benar sesuai makhraj, tajwid, dan gharib nya. Ide pembuatan Aqra baru muncul sekitar sebulan lalu, dan penggerjaannya selesai awal September ini.

Aqra sudah bisa diunduh secara gratis di play store. Penggunaan aplikasi ini sangat mudah, sambil menekan ikon speaker di layar ponsel, seseorang tinggal membaca saja ayat yang disediakan. Bila membacanya sempurna, maka akan muncul kata benar. Dan jika membacanya masih belum benar, maka kata salah akan muncul dan silakan mengulanginya kembali hingga benar.

tampilan aplikasi Aqra. foto: detik.com
tampilan aplikasi Aqra. foto: detik.com

Aplikasi Aqra yang masih sangat baru ini sudah diikutkan pada Darussalam Informatics and Robotics Competition yang diselenggarakan Universitas Darussalam Gontor Ponorogo pada 13-15 September 2016 lalu. Title juara I berhasil dikantongi dalam kategori Islamic Apps Development Competition.

Baca Juga

Dalam ajang berskala nasional ini, dewan juri memberi catatan untuk Aqra karena aplikasi ini masih bisa dikembangkan lagi. Pertama, Aqra yang saat ini masih menggunakan satu sumber dalam cara membaca harus menambah sumber lagi, karena di Indonesia ada banyak cara membaca Al-qur’an. Catatan kedua, menambah jumlah surat Al-qur’an yang ada. Dan yang terakhir adalah penegasan bahwa Aqra diperuntukkan untuk latihan membaca Al-qur’an, bukan belajar Al-qur’an.

Haidar yang berperan sebagai desiner dan Habib yang berperan sebagai programmer dalam pembuatan aplikasi ini mengungkapkan, mereka masih akan terus melakukan riset untuk mengembangkan Aqra berdasarkan masukan yang mereka terima. Sehingga nantinya Aplikasi ini memiliki manfaat besar bagi siapa saja yang ingin latihan membaca Al-qur’an.




Sumber : detik.com
Sumber Gambar : detik.com

Pilih BanggaBangga86%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi14%
Pilih TerpukauTerpukau0%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG WIDYA LESTARIN

i am happy ... Lihat Profil Lengkap

Ikuti
Next
BJ. Habibie

Tanpa cinta, kecerdasan itu berbahaya. Dan tanpa kecerdasan, cinta itu tidak cukup.

— BJ. Habibie