Lupa Sandi?

Mia Patria Choir Berhasil Memukau Paus Vatikan dengan Lagu-lagu Indonesia

Agustina  Suminar
Agustina Suminar
0 Komentar
Mia Patria Choir Berhasil Memukau Paus Vatikan dengan Lagu-lagu Indonesia

Siapa sangka, lagu nasional dan lagu daerah Indonesia sukses memukau Paus Fransiskus dan ratusan ribu umat yang memadati halaman Basilika St. Petrus di Vatikan, kamis lalu. Mereka adalah Mia Patria, yang mendapat kesempatan emas menyanyikan sejumlah lagu Indonesia dalam Papal Audience.

Mia Patria sendiri merupakan grub paduan suara yang sering tampil di paroki-paroki Keuskupan Agung Jakarta. Sedari awal, Mia Patria Choir memang menekankan diri pada pelayanan gerejani. Kehormatan yang didapatkan Indonesia ini seperti yang telah disampaikan oleh Sekretaris Tiga Pensosbud KBRI Vatikan Sturmius Teofanus Bate kepada Antara London.

Penampilan Mia Patria dalam acara Papal Audience ini merupakan pertama kalinya beberapa lagu Indonesia terdengar di hadapan umat yang memadati halaman Basilika St. Petrus. Papal Audience telah menjadi acara rutin bagi Paus Fransiskus. Disana, Sri Paus keluar kehalaman Basilika Santo Petrus untuk beraudiensi dengan peziarah dan masyarakat umum yang jumlahnya mencapai ratusan ribu orang.

Selain lagu-lagu rohani, Mia Patria Choir juga melantumkan tiga lagu nasional yakni Satu Nusa Satu Bangsa, Garuda Pancasila, dan Indonesia Tanah Air Beta. Selain itu, lagu daerah seperti lagu Batak Alusi Au Batak dan Ondel-ondel dari Jakarta juga diperdengarkan di sekitaran gereja Vatikan.

Bahkan dalam kesempatan tersebut, Mia Patria Choir mengenakan pakaian tradisional dari berbagai daerah di Indonesia. Sontak penampilan unik ini mendapatkan aplause dari audiens yang memenuhi halaman Basilika St. Petrus.

Selain itu, tidak sedikit yang menyempatkan diri berpose bersama rombongan paduan suara asal Jakarta ini. Group Mia Patria berada di Roma dari tanggal 20 hingga 25 September mendatang dalam rangka cultural trip yang didukung KBRI Vatikan.

Setelah tampil di hadapan Paus Fransiskus, Mia Patria dijadwalkan mengisi acara Festival Dell Oriente di Napoli tanggal 23 September mendatang. Kemudian mereka harus mempersiapkan diri kembali untuk tampil di Collegio San Paolo Apostolo Roma dalam pagelaran Spettacolo Culturale Indonesiano yang diadakan KBRI Vatikan keesokan harinya.



Sumber : antaranews
Sumber Gambar : katolisitas.org

Pilih BanggaBangga100%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG AGUSTINA SUMINAR

We write to taste life twice. ... Lihat Profil Lengkap

Next
Andrea Hirata

Berhenti bercita-cita adalah tragedi terbesar dalam hidup manusia.

— Andrea Hirata