Ciptakan Setrika Inovasi Baru, Mahasiswa ITSB Raih Prestasi di China

Ciptakan Setrika Inovasi Baru, Mahasiswa ITSB Raih Prestasi di China
info gambar utama

Mahasiswa Desain Produk Indutri Insitut Teknologi dan Sains Bandung, Tubagus Rahmatullah meraih medali perunggu pada The 31st China Adolescent Science and Technology Innovation Contest (CASTIC) berkat inovasinya dalam menciptakan setrika yang diberi nama Magic Ironing.

Terinspirasi dari sang ibu yang kewalahan saat menyetrika, Tubagus membuat setrika yang dikengkapi penampung cairan pewangi yang terintegrasi langsung dengan handle (pegangan) setrika tersebut. caira pewangi terdapat dalam bentuk tabung isi ulang (refill) yang didesain secara khusus Ia mengatakan bahwa inovasi seperti ini sudaha da sebelumnya, namun yang membedakan produk inovasinya dengan produk – produk lainnya adalah pada konsep pemasarannya.

Ia juga mengungkapkan bahwa selain terinspirasi dari sang ibu, ia sebagai seorang anak kos juga sering kewalahan dalam menyetrika. Ketika menyetrika, ia merasa bahwa banyak waktu yang terbuang ketika setrika harus ditaruh terlebih dahulu sebelum pewangi disemprotkan ke pakaian. Permasalahan efisiensi waktu dan tenaga tersebut yang akhirnya mendorong ia untuk membuat suatu inovasi yang bisa memudahkan orang – orang dalam menyetrika pakaian.

Karyanya dipresentasikan dalam CASTIC yang berlangsung di East China Normal University, Sahanghai, China dan berhasil menggondol penghargaan dari para dewan juri yaitu sebuah medali perunggu. Penghargaan ini, ungkapnya, diberikan juri karena ia dinilai turut membentuk persepsi publik melalui karya yang ia hasilkan, yang mana cairan pewangi adalah bagian yang tidak bisa terpisahkan dari setrika.

Kontes ini diiuti oleh 59 peserta dari berbagai sekolah dan perguruan tinggi dari 14 negara, mulai dari India, Swedia, Brazil, Jepang, Jerman, Perancis, China, Indonesia, Luxemburg, Turki, Rusia, Meksiko, Thailand serta Denmark. Para peserta dalam kontes ini adalah mereka yang berusia maksimal 20 tahun.




Sumber : okezone.com
Sumber Gambar Sampul :okezone.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini