Makin Seru Nikmati Suasana PON Jabar Lewat Virtual Reality

Makin Seru Nikmati Suasana PON Jabar Lewat Virtual Reality
info gambar utama

Tidak hanya fitur aplikasi streaming yang disajikan dari PON XIX Jabar 2016 demi memberikan kemudahan masyarakat Indonesia untuk menyaksikan langsung setiap pertandingan di sana. Ada hal yang tak kalah seru dari fasilitas PON Jabar 2016 dan benar-benar memberikan pengalaman baru untuk masyarakat Indonesia, yakni diterapkannya teknologi Virtual Reality untuk melihat secara langsung suasana arena pertandingan PON Jabar.

PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk (Telkom) melalui Divisi Digital Service (DDS) pada 14 September lalu merilis aplikasi Virtual Reality (VR) yang memperlihatkan situasi sejumlah arena pertandingan. Aplikasi ini dapat diunduh melalui Play Store untuk Android dan App store untuk iOS.

Ketua Umum PON XIX Jabar 2016 Ahmad Heryawan mencoba teknologi VR dari Telkom (source: bandung.bisnis.com)
info gambar

Dengan aplikasi ini, Executive General Manager DDS PT Telkom Arief Musta’in menjelaskan bahwa publik dapat menyaksikan pertandingan dengan jelas hamper sebagian besar arena pertandingan PON dengan konsep foto 360 derajat.

“Kami berikan aplikasi ini gratis. Masyarakat hanya cukup mengunduh aplikasi VR dengan tulisan PON216 Virtual Reality, lalu siapkan sendiri kacamata VR. Setelah itu, sebagian arena bisa kita nikmati dengan Cuma-Cuma,” ujar Arief.

Adapun pengguna dapat berkeliling menjelajahi arena-arena pertandingan PON Jabar 2016 seperti suasana stadion GBLA. Pada menu pertama pengguna akan ditampilkan siasana stadion dari jarak 50 meter. Nah, untuk masuk ke stadion, coba dongakkan kepala sedikit agar bisa mendekat kea rah pintu stadion. Jika sudah dekat, nanti akan muncul notifikasi seperti Pintu Tribun Utara. Pengguna dapat melihat sekeliling bangunan GBLA bagian dalam sampai masuk ke arena lapangan sepakbola.

Penggunaan Virtual Reality ini merupakan pengalaman pertama dan tercanggih yang pernah terjadi sepanjang pelaksanaan PON di Indonesia bahkan ajang kejuaraan lainnya di dunia.



Sumber : infokomputer.com
Sumber Gambar :

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini