Inilah Alasan Sampul Paspor Di Seluruh Dunia Hanya Memiliki 4 Warna

Inilah Alasan Sampul Paspor Di Seluruh Dunia Hanya Memiliki 4 Warna
info gambar utama

Ada banyak warna sampul paspor dari Negara-negara di dunia. Meski begitu, warna sampul paspor di semua negara pada dasarnya terdiri dari empat warna utama yakni merah, biru, hijau, dan hitam. Warna paspor sebuah Negara dipengaruhi kondisi politik, agama, dan geografisnya. Warna yang dipilih juga bisa mencerminkan kategori negara tertentu. Pemerintah dari tiap negara berhak memilih warna sampul paspor. Warna ini bisa menunjukkan identitas Negara tersebut, namun tidak menjamin "nilai"-nya akan sama dengan negara lain.

warna sampul paspor di seluruh dunia. foto: traveller.com.au
info gambar

Berikut adalah makna 4 warna sampul paspor yang ada di dunia dikutip dari situs travelandleisure.com:

  1. Hijau

Paspor dengan sampul warna hijau digunakan oleh mayoritas negara Islam. Hal ini dikarenakan pentingnya warna tersebut dalam agama mereka. Hijau adalah warna favorit Nabi Muhammad dan juga hijau adalah simbol dari alam dan kehidupan. Selain itu, paspor warna hijau juga digunakan oleh negara-negara Economic Community of West African States (ECOWAS) termasuk Nigeria dan Senegal.

Di Indonesia sendiri, warna sampul paspor selalu identik dengan warna hijau. Sebelum pemerintah mengeluarkan sampul paspor baru berwarna hijau toska pada akhir 2015 lalu, warna sampul paspor Indonesia adalah hijau tua. Hal ini sedikit banyak juga berkaitan dengan agama Islam di Indonesia.

warna sampul paspor Indonesia. foto: blogspot
info gambar

  1. Merah

Paspor dengan sampul warna burgundy digunakan oleh negara-negara Uni Eropa (UE) dan beberapa negara yang tertarik untuk bergabung di dalamnya, misal Turki. Warna ini juga digunakan oleh beberapa negara di Amerika Selatan yang dulu berambisi masuk UE. Seperti Bolivia, Kolombia, Ekuador, dan Peru.

warna sampul paspor negara-negara Uni Eropa. foto: croatiaweek.com
info gambar
  1. Biru

Pemegang paspor berwarna biru berasal dari negara-negara "New World". Antara lain Brasil, Argentina, Paraguay, dan Uruguay. Sampul paspor warna biru juga digunakan Amerika Serikat mulai tahun 1976.

warna sampul paspor Amerika Serikat. foto: travelobservers.com
info gambar

  1. Hitam

Beberapa negara yang menggunakan sampul hitam antara lain Republik Bostwana, Zambia, dan Selandia Baru. Warna hitam dapat memberi kesan lebih elegan dan resmi. Untuk Selandia Baru, warna hitam memang dianggap sebagai warna nasional negara tersebut.

warna sampul paspor Selandia Baru. foto: teara.govt.nz
info gambar




Sumber :travelandleisure.com businessinsider.com

Sumber Gambar : travelandleisure.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini