Garbarata Buatan Anak Negeri di Semua Bandara Negeri Sakura

Garbarata Buatan Anak Negeri di Semua Bandara Negeri Sakura
info gambar utama

Jepang merupakan salah satu Negara yang amat terkenal dengan kecanggihan teknologi dan manufakturnya. Namun, raksasa teknologi ini ternyata tidak hanya mengandalkan produk-produknya dari negeri sendiri.

Negara yang bandaranya menjadi bandara tersibuk di Asia ini mengimpor garbarata, atau jembatan penghubung bandara ke dalam pesawat dari Indonesia. Pun tidak hanya satu-dua bandara yang menggunakan garbarata dari Indonesia, Jepang memiliki 98 unit garbarata di 18 bandara dan semuanya diimpor dari Indonesia.

Adalah PT Bukaka Teknik Utama yang menjadi produsen garbarata favorit Jepang ini. Yang membuat Jepang tertarik dengan garbarata ciptaan perusahaan manufaktur di Cileungsi ini adalah desainnya yang ramah bagi orang tua (lansia) dan penyandang disabilitas.

Teknologi dan desain easy walk ini sendiri merupakan ide yang tercipta dari pengalaman pribadi Direktur Operasional PT Bukaka Teknik Utama Saptiastuti Hapsari.

“Bentuknya itu rata jadi orang untuk pake kursi roda aman, pake sepatu high heels juga aman nggak jatuh karena sering saya lihat yang pakai kursi roda di garbarata itu pernah ada yang jatuh karena pas di stepnya itu. Dari situ saya berpikir untuk membuat desain yang lebih aman,” ungkap Septi.

Tak hanya ide, pembuatan garbarata ini juga sepenuhnya mengandalkan tenaga kerja dari dalam negeri, mulai dari desain hingga perakitan bahkan ekspatriat.

Presiden All Nippon Airways (ANA) Kayoaki Shimada telah mengakui keunggulan dari garbarata karya anak-anak bangsa ini.

“Sejak awal kami mengutamakan standar yang tinggi dalam penggunaan teknologi. Itulah mengapa kami memilih garbarata Indonesia. Hal utama yang paling dibuthkan warga Jepang adalah kemudahan untuk kaum difabel dan lanjut usia,” jelas Shimada.

Atas kepuasannya ini, menurut Shimada Jepang akan meneruskan kerja sama dengan mengimpor 50 unit garbarata hingga akhir tahun ini.

Dan ternyata tak hanya Jepang. PT Bukaka Teknik Utama telah mengekspor hasil produksi manufakturnya ke banyak negara seperti Myanmar, Chili, India, Thailand, Singapura, Jepang, China, Bangladesh dan Filipina.

Sumber : metrotvnews.com
Sumber Gambar :youtube.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini