Inilah Daftar Perusahaan dengan Laporan Keuangan Terbaik

Inilah Daftar Perusahaan dengan Laporan Keuangan Terbaik
info gambar utama

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengumumkan penghargaan kepada perusahaan dengan laporan keuangan terbaik dalam ajang tahunan Annual Report Award (ARA) 2015.

Penghargaan diberikan berdasarkan praktik Good Corporate Governance (GCG). ARA terselenggara atas kerjasama 7 instansi penyelenggara yaitu OJK, Kementerian BUMN, Bank Indonesia, Direktorat Jenderal Pajak, Komite Nasional Kebijakan Governance, BEI, dan Ikatan Akuntan Indonesia.



Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nurhaida mengatakan, kualitas keterbukaan informasi dalam laporan tahunan diharapkan dapat terus meningkat untuk dapat menunjang pencapaian pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

"Komitmen kami untuk mendorong ARA untuk mendoronggood governance bagi perusahaan di Indonesia untuk terus meningkatkan pelaksanaan tata kelola yang baik dalam menjalankan tata usahanya," ujar Nurhaida, dalam pembukaan, di Gedung Dhanapala, Kemenkeu, Jakarta Pusat, Selasa (27/9/2016).

Dengan perbaikan dalam transparansi informasi, yang merupakan salah satu pilar GCG diyakini akan meningkatkan kesadaran perusahaan untuk menerapkan pengelolaan perusahaan dengan baik serta meningkatkan kesiapan perusahaan di Indonesia untuk bersaing di kawasan regional bahkan global.

Pada ARA 2015, sejumlah perubahan dilakukan untuk menyelaraskan kriteria penilaian dengan peraturan OJK terkait dengan peraturan tentang tata kelola dan kriteria ASEAN corporate governance scorecard yang dilaksanakan dalam kerangka ASEAN Capital Market Forum (ACMF).

Peserta ARA 2015 sebanyak 303 perserta. Peserta tahun ini meningkat 3,03% dibandingkan tahun 2014 sebanyak 224 perserta. Dari peningkatan tersebut ada penambahan peserta yang datang dari Bank Perkreditan Rakyat yang tadinya 3, saat ini menjadi 11 perusahaan. Dengan demikian tahun depan akan diberikan kategori khusus untuk Bank Perkreditan Rakyat,



Nurhaida mengatakan, perekonomian global saat ini sedang tertekan, di sisi internal,sedang ada pembangunan infrastruktur dan pembangunan ekonomi keseluruhan. Dengan adanya good governance yang bagus dapat menjadi pembiayaan pembangunan yang memang dibutuhkan.

Proses penjurian dilakukan melalui tahapan penilaian atas laporan tahunan dari seluruh peserta yang dilakukan dengan beberapa tahapan cek dan ricek.

Selanjutnya, dari hasil penilaian tersebut, Dewan Juri menentukan nominasi pemenang dari setiap kategori untuk masuk tahap wawancara.

Menkeu Sri Mulyani dalam kesempatan ini hadir dan juga memberikan penghargaan kepada salah satu kategori. Yaitu kepada kategori BUMD Listed.

"Selamat kepada para pemenang, kepada PT BPD Jawa Timur, PT BPD Jawa Barat dan Banten, PT BPD Jawa Tengah. Tapi mohon maaf setelah ini saya ingin pulang," kata Sri Mulyani saat memberikan penghargaan yang diikuti tawa para penonton.

Adapun 11 kategori pemenang dalam ARA 2015 yang diurutkan dari juara satu sampai tiga sebagai berikut:

Kategori BUMN Keuangan Listed:
1. PT Bank Tabungan Negara TBK
2. PT Bank Negara Indonesia TBK
3. PT Sarana Multigriya Finansial TBK

Kategori BUMD Listed:
1. PT BPD Jawa Timur
2. PT BPD Jawa Barat dan Banten
3. PT BPD Jawa Tengah

Kategori BUMN Non-keuangan Listed:
1. PT Jasa Marga
2. PT Pupuk Indonesia
3. PT Pembangunan Perumahan

Kategori BUMN Keuangan Non-listed:
1. PT Asuransi Jasa Indonesia
2. PT Taspen
3. PT Jasa Raharja

Kategori BUMN Non Keuangan Non-Listed:
1. PT Sarinah
2. PT Bio Farma
3. PT Angkasa Pura I

Kategori Private Keuangan Listed:
1. PT Bank Nusantara Parahyangan
2. PT Adira Dinamika Multifinance
3. PT Bank Sinarmas

Kategori Private Non-Keuangan Listed:
1. PT ABM Investama
2. PT Elnusa
3. PT AKR Corporindo

Kategori Private Keuangan Non-listed:
1. PT Bank Syariah Mandiri
2. PT Mandiri Sekuritas
3. PT Bank Sahabat Sampoerna

Kategori Private Non-keuangan Non-listed:
1. PT GMF Aeroasia
2. PT Pertamina Drilling Services Indonesia
3. PT Pupuk Kaltim

Kategori BUMD Non-listed:
1. PT BPD Sumsel Babel
2. PT Indo Pusaka Berau
3. PT BPD Kalsel

Kategori Dana Pensiun:
1. Dana Pensiun Telkom
2. Dana Pensiun Bank Mandiri
3. Dana Pensiun BRI

Kategori Bank Perkreditan Rakyat:
1. BPR BKK Karangmalang
2. BPR Bank Daerah Karanganyar
3. BPR Sukabumi
4. BPR Bank Solo
5. BPR Intan Jabar
6. BPR Saraswati Ekabumi
7. BPR Sri Artha Lestari
8. BPR Sukawati Pancakanti
9. BPR Supra Arsapersada
10. BPR Syariah HIK Parahyangan
11. BPR Surya Yudhakencana

DETIK.COM

gambar utama : thousandwonders.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Akhyari Hananto lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Akhyari Hananto.

Terima kasih telah membaca sampai di sini