Paduan Suara Mahasiswa Ini Pukau Para Juri, Raih Runner-up di Italia

Paduan Suara Mahasiswa Ini Pukau Para Juri, Raih Runner-up di Italia

Paduan Suara Mahasiswa Ini Pukau Para Juri, Raih Runner-up di Italia

Ayo bantu mencegah penyebaran Covid-19 dengan menjaga jarak fisik dengan orang lain atau dengan di rumah saja 🌎🏠. Rekomendasi lain dari WHO

Perwakilan paduan suara dari Indonesia kembali membuktikan bahwa seni paduan suara dengan membawakan lagu-lagu khas Indonesia akan bisa memukau dunia. Hal tersebut terjadi di depan para juri Rimini International Choral Competition 2016 di Italia dan wakil Indonesia berhasil meraih dua medali perak sebagai ganjaran karena berhasil menempati posisi Runner-up untuk dua kategori, Sacred Music dan Folk Choirs. Adalah Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Universitas Gadjah Mada yang berhasil meraih prestasi membanggakan tersebut.

Berdasarkan rilis yang diterima GNFI, PSM UGM yang merupakan satu dari dua wakil Asia bersama Jepang, bertolak dari Indonesia sejak 17 September 2016 yang lalu dari Yogjakarta dan tiba di ibu kota Negeri Pizza, Roma pada 20 September kemudian menuju kota bernama Rimini yang terletak di utara. Dua hari kemudian para delegasi Indonesia harus tampil dalam kategori Sacred Music. Mereka menampilkan O Magnum Misterium, Gloria Patri, O Nata Lux, dan Ubi Caritas.

Sehari berselang, PSM UGM yang dikonduktori oleh Agustinus Bambang Jusana tampil dengan membawakan lagu-lagu daerah khas Indonesia seperti Ugo-Ugo (Banyuwangi, Jawa Timur), Tak Tongtong (Padang, Sumatera Barat), Benggong (Nusa Tenggara Timur) dan satu lagu lain Let Me Fly. Tidak hanya bernyanyi, pada sesi ini para paduan suara UGM tampil menarik dengan mengenakan pakaian adat khas Indonesia lengkap dengan aksesorinya.

Paduan Suara UGM saat tampil dalam Rimini International Choral Competition 2016 (Foto: facebook.com/riminichoral)
Paduan Suara UGM saat tampil dalam Rimini International Choral Competition 2016 (Foto: facebook.com/riminichoral)

Dalam dua kategori tersebut PSM UGM ternyata dinobatkan sebagai Gold Diploma Level 1 untuk kategori Sacred Music dengan skor 87,85 mengalahkan wakil dari Italia, Slovakia dan Polandia namun kalah dari wakil Slovenia sehingga berhak membawa pulang medali perak. Sedangkan untuk kategori Folk Choirs, anak-anak bangsa meraih Gold Diploma Level 2 setelah meraih skor tinggi 90,69 dan mengalahkan delapan wakil lainnya termasuk wakil dari Jepang. Namun skor tersebut belum cukup untuk mengungguli wakil Slovenia sehingga kembali PSM UGM harus puas membawa pulang medali perak.

Paduan Suara UGM saat tampil dalam Rimini International Choral Competition 2016 (Foto: facebook.com/riminichoral)
Paduan Suara UGM saat tampil dalam Rimini International Choral Competition 2016 (Foto: facebook.com/riminichoral)

Meski dalam dua kategori PSM UGM mendapat runner-up, mereka tetap bisa berbangga karena mendapat kehormatan untuk tampil dalam babak Grand Prix yang hanya diikuti oleh peringkat satu dan dua di tiap kategori. Rimini International Choral Competition sendiri pada tahun ini membuka 5 kategori sehingga terdapat 7 wakil yang tampil di babak utama dengan PSM UGM sebagai satu-satunya wakil yang tampil dari luar Eropa.

Babak Grand Prix diadakan di Teatro Novelli pada hari Minggu, 25 September 2016 malam hari waktu Italia. PSM UGM membawakan tiga buah lagu, yaitu Io Mi Son Giovinetta (Claudio Monteverdi), Ergebung (Hugo Wolf) dan Contre Qui Rose (Morten Lauridsen).

Puji Tuhan, Rimini International Choral Competition (RICC 2016) telah berakhir. Dimana PSM UGM berhasil memperoleh: -2nd Place Sacred Music Category (score 87,85)- Gold diploma level 1 (Silver Medal) -2nd Place Gospel & Folklore Category (score 90,69)- Gold diploma level 2 (Silver Medal) PS : - Gold Diploma Level 1 (85,01 - 90,00) - Gold Diploma Level 2 (90,01 - 95,00) Melalui Sacred Music Category, PSM UGM bisa tampil di Grand Prix Category. Namun, PSM UGM belum berhasil menjadi Juara Umum dalam babak Grand Prix. Terima kasih atas doa dan dukungan dari seluruh pihak yang diberikan kepada PSM UGM. Semangat dorongan dari seluruh masyarakat Indonesia. Semoga di lain kesempatan, kami bisa memberikan hasil yang lebih baik lagi. Hasil ini kami persembahkan untuk Keluarga Besar PSM UGM, Universitas Gadjah Mada dan Indonesia. Salam PSM UGM Jaya Jaya Juara ??? #RICC2016 #rimini #psm #ugm #italy #choir #indonesia

A photo posted by Paduan Suara Mahasiswa UGM (@psm.ugm) on

Tidak hanya mengikuti perlombaan, PSM UGM juga sempat melakukan misi kebudayaan dengan mengadakan Konser Kebudayaan pada tanggal 27 September 2016 di Museo Di Roma Palazzo Braschi. Pada konser ini, PSM UGM menyanyikan beberapa lagu daerah Indonesia, diantaranya adalah Sik-Sik Si Batu Manikam, Benggong, Gundul-Gundul Pacul dan disambut antusias.

Pulang membawa dua medali perak, PSM UGM akan disambut di tanah air melalui Terminal 2 dan akan berpindah ke Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta untuk tampil menyanyikan beberapa lagu secara langsung besok.

Sumber : -
Sumber Gambar Sampul : facebook.com/riminichoral

WHO merekomendasikan beberapa langkah dasar untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19.

  1. Cuci tangan sesering mungkin setidaknya selama 20 detik
  2. Jika batuk/bersin arahkan ke lipatan siku
  3. Bersihkan dan disinfeksi benda yang sering disentuh
  4. Tetap di rumah saja bagi yang bisa
  5. Hindari menyentuh wajah
  6. Jaga jarak fisik dengan orang lain (physical distancing)

Yuk, saling menjaga dan membantu. Semoga kita semuanya diberikan kesehatan dan bisa melalui keadaan saat ini.

Pilih BanggaBangga100%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%
Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran terkait web ini kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Sistem Tani Minapadi Indonesia Diadopsi oleh Negara Lain Sebelummnya

Sistem Tani Minapadi Indonesia Diadopsi oleh Negara Lain

Menyaksikan Cara Seniman Memberi HIburan Saat Sedang #dirumahaja Selanjutnya

Menyaksikan Cara Seniman Memberi HIburan Saat Sedang #dirumahaja

Bagus Ramadhan
@bagusdr

Bagus Ramadhan

http://kulawarga.id

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.