Usai sudah ajang olahraga akbar nasional Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX Jawa Barat. Secara resmi ajang empat tahunan terebut ditutup Kamis 29 September 2016 malam di Gelora Bandung Lautan Api. Upacara penutupan bertema Harmoni Nusantara itu tidak kalah meriah seperti pembukaan. Berbagai pertunjukan dan kembang api disajikan untuk para penonton yang hadir.

Seperti diketahui, PON XIX menggelar 44 cabang olahraga dengan 756 pertandingan. Tidak kurang dari 9.500 atlet berpartisipasi untuk memerebutkan 756 medali emas, 756 medali perak dan 979 medali perunggu. 

Di penghujung PON, berdasarkan peringkat perolehan medali, kontingen Jawa Barat memuncaki klasemen dengan perolehan 531 medali dengan rincian 217 emas, 157 perak dan 157 perunggu.

Sedangkan di posisi runner-up terdapat kontingen Jawa Timur yang berhasil mengunmpulkan 404 medali yang terdiri dari 132 medali emas, 138 medali perak dan 134 perunggu. 

Di bawah Jawa Timur, bertengger DKI Jakarta di posisi ketiga dengan 374 medali yang terdiri dari 132 emas, 124 perak dan 118 perunggu.

Secara lengkap berikut adalah perolehan akhir medali PON XIX

Klasemen akhir PON XIX 2016 (Gambar: pikiran-rakyat.com)
Klasemen akhir PON XIX 2016 (Gambar: pikiran-rakyat.com)

PON XIX Jawa Barat memang telah usai namun estafet Pekan Olahraga Nasional tidak akan usai. Di tahun 2020 PON XX akan diadakan di lima kota di Papua, kota-kota tersebut antara lain Jayapura, Biak, Wamena, Timika, dan Merauke. Empat tahun mendatang, giliran Tanah Mutiara Hitam yang akan mendapatkan kehormatan untuk menyambut atlet-atlet terbaik dari tiap-tiap kontingen untuk berlaga. 

Beberapa venue pun tengah dipersiapkan untuk ajang akbar tersebut. Seperti Timika Sport Center yang akan menjadi lokasi pertandingan atletik.

Baca juga: Mengintip Kemegahan Venue PON 2020 di Mimika Sport Complex

Gubernur Papua, Lukas Enembe mengungkapkan bahwa persiapan PON XX memang memiliki tantangan yang lebih dibandingkan dengan PON XIX Jawa Barat. Sebab antar wilayah di Papua banyak yang harus diakses menggunakan pesawat. Namun dia mengaku akan menyiapkan sesuai dengan kebutuhan agar PON bisa digelar di bumi cendrawasih tersebut. Selain infrastruktur, Papua juga akan gencar melakukan pembinaan agar bisa meningkatkan prestasi saat menjadi tuan rumah.

PON XX akan terasa sangat istimewa sebab ajang tersebut memiliki angka cantik. Sebab PON terselerenggara untuk ke-20 kalinya di tahun 2020. Kita tunggu saja seperti apa PON yang akan diadakan di Bumi Cendrawasih tersebut. Satu hal yang pasti, untuk para atlet, persiapkan dirimu.

Sumber : -
Sumber Gambar Sampul : Djuli Pamungkas / SINDO

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu