Inilah 12 Bandara Dengan Pelayanan Terbaik di Indonesia, Adakah Bandara Kebangganmu?

Inilah 12 Bandara Dengan Pelayanan Terbaik di Indonesia, Adakah Bandara Kebangganmu?
info gambar utama

Bandara menjadi salah satu infrastruktur penting dalam peningkatan kualitas mobilitas masyarakat. Bandara tidak hanya berfungsi sebagai hilir mudiknya pesawat terbang, tetapi juga menjadi fasilitas umum yang tingkat pelayanannya harus sangat diperhatikan. Untuk terus memonitor dan meningkatkan kualitas pelayanan tersebut, Kementerian Perhubungan melakukan penilaian terhadap 156 unit pelayanan publik sektor transportasi di 21 lokasi di Indonesia. Salah satu fasilitas publik yang dinilai adalah bandara yang kemudian diperoleh 12 bandara dengan pelayanan terbaik.

Penilaian yang dilakukan oleh Kementerian Perhubungan tersebut dilakukan sejak bulan Juni hingga Agustus 2016. Berdasarkan penilaian yang dilakukans setiap dua tahun sekali tersebut, fasilitas umum sektor transportasi akan mendapatkan tropi dan piagam.

Seperti diberitakan oleh Angkasa.co.id terdapat 9 kriteria penilaian yang digunakan, antara lain visi misi dan motto pelayanan, standar pelayanan dan maklumat pelayanan, sistem mekanisme prosedur, sumber daya manusia, sarana prasarana pelayanan, penanganan pengaduan, Survei Kepuasan Masyarakat (SKM), sistem informasi pelayanan publik dan yang terakhir adalah produktivitas dalam pencapaian target pelayanan Penilaian dan penghargaan diberikan setiap dua tahun sekali sejak tahun 2003 lalu. Unit yang dinilai meliputi unit-unit pelayanan publik pemerintahan, BUMN, maupun swasta.

Berdasarkan kriteria penilaian tersebut kemudian diambil nilainya. Nilai akhir tertinggi (≥ 85 – 100) kemudian mendapat penghargaan sebagai Prima Utama (terbaik). Untuk nilai akhir (≥ 75 – < 85) sebagai Prima Madya dan nilai akhir (65 – < 75) sebagai Prima Pratama.

Hasilnya, ada 12 bandara yang dikategorikan sebagai bandara dengan pelayanan terbaik. Empat bandara dikelola oleh PT. Angkasa Pura I sedangkan enam bandara AP II dan dua bandara dikelola Unit Penyelenggara Bandar Udara Dirjen Perhubungan Udara.

Berikut dua belas bandara yang memeroleh predikat pelayanan terbaik:

  1. Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai;
  2. Bandara Internasional Juanda;
  3. Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan;
  4. Bandara Internasional Sam Ratulangi;
  5. Bandara Internasional Kualanamu;
  6. Bandara Internasional Husein Sastranegara;
  7. Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II;
  8. Bandara Sultan Thaha;
  9. Bandara Internasional Soekarno – Hatta;
  10. Bandara Internasional Raja Haji Fi Sabilillah;
  11. Bandara Kalimarau;
  12. Bandara Tjilik Riwut.

Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Budi Karya mengungkapkan bahwa pemberian penghargaan ini tentu akan mendorong adanya perbaikan penyelenggaraan pelayanan kepada masyarakat. Tidak hanya bandara, tetapi juga fasilitas transportasi lainnya.

Sumber : Angkasa.co.id
Sumber Gambar Sampul : Bagus DR / GNFI

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini