Untuk Pertama Kalinya, Indonesia Bakal Ikut Dalam Pesta Olahraga Musim Dingin Asia

Untuk Pertama Kalinya, Indonesia Bakal Ikut Dalam Pesta Olahraga Musim Dingin Asia
info gambar utama

Indonesia sebagai negara dengan musim tropis terkenal unggul dalam bidang olahraga-olahraga yang khas negara tropis. Itu sebabnya Indonesia belum pernah berpartisipasi dalam pesta olahraga yang bertemakan musim dingin, baik tingkat regional seperti Asia ataupun Olimpiade. Namun reputasi tersebut akan berubah, sebab untuk pertama kalinya Indonesia akan berpartisipasi dalam Pesta Olahraga Musim Dingin Asia. Keikutsertaan in adalah sejarah baru bagi dunia olahraga di Tanah Air.

Seperti diberitakan oleh Jakarta Post, Indonesia akan mengirimkan tidak hanya anggota komite namun juga atlet-atlet untuk berlaga di Asian Winter Games di Sapporo Jepang. Pesta olahraga yang berlangsung pada bulan Februari tahun depan tersebut merupakan pesta olahraga yang linier dengan Olimpiade. Atlet yang dikirim untuk ajang tersebut adalah para atlet Hoki Es, Seluncur Indah dan Short Track Speed Skating.

Logo Asian Winter Games 2017, Sapporo Jepang (Gambar: Wikimedia.org)
info gambar

Ketua Komite Olimpiade Indonesia, Erick Thohir mengungkapkan pada kantor berita ANTARA bahwa ajang ini merupakan pentas yang sempurna untuk olahraga Indonesia.

"Pesta Olahraga Musim Dingin ini merupakan pentas yang sempurna untuk olahraga Indonesia agar diketahui oleh dunia, meskipun kita adalah negara tropis," jelasnya.

Erick juga mengapresiasi tekad yang kuat dari para atlet tim yang berpartisipasi dalam pesta olahraga tersebut. Sebab mereka secara sukarela mengumpulkan dana yang dibutuhkan untuk tampil di Jepang.

Tim Hoki Es Indonesia yang sempat menjadi juara di Singapura bulan Maret yang lalu (Foto: liputan6.com)
info gambar

Sementara itu, Kapten tim Hoki Es Indonesia, Jonathan Sudharta mengatakan bahwa para altet olahraga musim dingin Indonesia telah membulatkan tekad untuk mengibarkan bendera Indonesia dalam Kejuaraan Internasional Hoki Es, meskipun belum menargetkan untuk memeroleh medali.

Baca juga: Tim Hoki Es Indonesia Ukir Prestasi di Singapura

Selain Pesta Olahraga Musim Dingin, tim Seluncur Indah juga berencana untuk tampil dalam Pesta Olahraga ASEAN 2017 di Kuala Lumpur dan Olimpiade Musim Dingin 2018 di Pyeongchang, Korea Selatan.

Selamat berjuang, pahlawan-pahlawan olahraga musim dingin.

Sumber : Jakarta Post
Sumber Gambar Sampul :

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini