Lupa Sandi?
Java Jazz Single

Kebun Binatang di Yunani Kampanyekan Pelestarian Harimau Sumatera

Thomas Benmetan
Thomas Benmetan
0 Komentar
Kebun Binatang di Yunani Kampanyekan Pelestarian Harimau Sumatera
Kebun Binatang di Yunani Kampanyekan Pelestarian Harimau Sumatera

Hari Hewan Sedunia diperingati setiap tanggal 4 Oktober, dan Kota Athena, Yunani memiliki sebuah perayaan yang cukup membanggakan bagi Indonesia. Betapa tidak, bertempat di Attica Zoological Park, satu – satunya kebun binatang di Yunani, peringatan Hari Hewan Sedunia ditandai dengan peresmian Pameran Harimau Sumatera. Acara ini merupakan salah satu upaya muntuk meningkatkan kesadaran dan edukasi masyarakat mengenai perlindungan hewan – hewan yang terancam punah.  

Dalam acara yang dihadiri pejabat dari Kedutaan Besar Indonesia, pemerhati lingkungan, pecinta satwa, sahabat Indonesia, pelajar sekolah internasional dan pengunjung Attica Zoo ini ditandai dengan pemotongan pita oleh Duta Besar Indonesia untuk Yunani. Para pengunjung juga berkesempatan untuk melihat Harimau Sumatera dari dekat  dan berkesempatan menyaksikan atraksi pemberian makan kepada Harimau Sumatera. Rasa kagum dan takjub menyelimuti para pangunjung ketika melihat keindahan corak kucing besar ini.

Tidak hanya itu, para pengunjung juga diberikan penjelasan mengenai Harimau Sumatera serta diberikan brosur yang berisi pengetahuan tentang keanekaragaman fauna endemik Indonesia dan karakteristik Harimau Sumatera.  Keberadaan Harimau Sumatera di Attica Zoo diperoleh dari Swedia dan Perancis melalui European Endangered Species Programme (EEP), sebuah lembaga yang bergerak dalam bidang pengembangan populasi hewan yang terancam punah.  Hanya kebun  binatang yang memenuhi standar saja yang bisa menerima dan merawat satwa – satwa langka tersebut berdasarkan seleksi ketat dari EEP dan European Association of Zoos and Aquaria (EAZA).

Saat ini, pengembangan populasi Harimau Sumatera menjadi salah satu program utama EEP. Tercatat bahwa hingga saat ini, terdapat 122 Harimau Sumatera tersebar di berbagai kebun binatang yang ada di daratan Eropa.

Baca Juga

Pendiri Attica Zoo memiliki ketertarikan yang cukup besar terhadap satwa – satwa Indonesia. selain Harimau Sumatera, Attica Zoo memiliki koleksi puluhan jenis burung Indonesia yang ditempatkan dalam satu area khusus, serta tiga ekor komodo. Kedepannya, pihak Attica Zoo akan melakukan kerjasama dengan kebun – kebun binatang yang ada di Indonesia. Hal ini menjadi suatu pertanda baik bagi pengembangan perlindungan dan pelestarian satwa langka Indonesia yang semakin hari semakin berkurang dikarenakan perburuan dan perdagangan secara ilegal.       

 
Sumber : antaranews.com
Sumber Gambar Sampul : indiasendangered.com

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG THOMAS BENMETAN

A Fulltime life-learner who lost himself into book, poem, Adventure, travelling, hiking, and social working. Graduated from Faculty of Communication Science, Petra Christian University. Currently pur ... Lihat Profil Lengkap

Ikuti
Next
Ki Hajar Dewantara

Anak-anak hidup dan tumbuh sesuai kodratnya sendiri. Pendidik hanya dapat merawat dan menuntun tumbuhnya kodrat itu.

— Ki Hajar Dewantara