Inilah Kapal Pengganti KRI Dewaruci, Sang Legenda

Inilah Kapal Pengganti KRI Dewaruci, Sang Legenda
info gambar utama

KRI Dewaruci adalah sebuah kapal latih bagi taruna/kadet Akademi Angkatan Laut yang berbasis di Surabaya dan diresmikan pada tahun 1953. KRI Dewaruci bahkan pernah menjalani misi keliling dunia selama 2 kali.

Selama ini, setiap tahunnya kadet AAL berlayar dengan Dewaruci ke berbagai belahan dunia dengan tujuan utama adalah latihan pelayaran bintang atau disebut Kartika Jala Krida. Misi terbaru KRI Dewaruci adalah mengikuti ASEAN Cadet Sail 2016 yang berlayar dari Surabaya–Mataram–Bali–Makassar –Balikpapan–Semarang–Surabaya selama kurang lebih sebulan.

Akan Digatikan KRI Bimasuci

Untuk memperharui kapal latih ini, saat ini Angkatan Laut telah mempersiapkan kapal KRI Bimasuci yang telah memulai tahap pemotongan perdana baja (steel cutting) pada medio November 2015.

KRI Bimasuci diproyeksikan menggantikan peran kapal layar legendaris KRI Dewaruci yang sudah lebih dari enam dasawarsa “membidani” lahirnya perwira alumnus Akademi Angkatan Laut.

KRI Bima Suci | Beitamiliter.blogspot.com
info gambar

Kapal latih ini dibangun di galangan Contrucion Navales Freire Shipyard, Kota Vigo, Spanyol. Kemudian proses peletakan lunas (keel laying) pada 27 Januari 2016. Tahapan itu sebagai tanda dimulainya pembangunan KRI Bimasuci.

KRI Bimasuci merupakan kapal layar kelas barque. Yakni, kapal layar yang memiliki dua tiang dengan layar persegi. Kapal layar tiang tinggi ini memiliki panjang 110 meter dan lebar 13,5.

Bandingkan dengan KRI Dewaruci berdimensi panjang 58 meter dan lebar 8 meter yang pernah dipimpin mantan Komandan Lanal Yogyakarta itu.Dengan ketinggian mencapai 50 meter, KRI Bimasuci jauh lebih menjulang dibanding KRI Dewaruci dengan tiang tertinggi 35 meter.

Perbandingan KRI Dewaruci dan KRI Bima Suci | defense-studies.blogspot.com
info gambar

Selain itu perbadaan Dewaruci dan Bimasuci adalah jumlah layar. Pada KRI Bimasuci terdapat 26 buah, sedangkan KRI Dewaruci 16 buah.

Selain itu di KRI Dewaruci tidak terdapat ruang kelas, maka KRI Bimasuci menyediakan ruang kelas secara khusus sebagai tempat belajar para taruna AAL saat berlatih dalam operasi Kartika Jala Krida. Ruang kelas yang tersedia mampu memuat 100 orang taruna.

KRI Bimasuci juga memiliki ruang rekreasi dalam sebuah ballroom berukuran 11 x 10,5 meter persegi yang dilengkapi perangkat multimedia.

Kapal tipe tall ship ini memiliki panjang 110 meter, kapasitas 200 personil, luas layar 3.500 sqm, dilengkapi MAN 6L21/31 buatan MAN Diesel sebagai mesin penggerak saat tidak menggunakan tenaga angin.

KRI Bimasuci memiliki kecepatan maksimal mencapai 12 knot jika menggunakan daya dorong mesin dan 15 knot jika menggunakan layar. Sementara itu untuk tingkat endurance (ketahanan berlayar tanpa mengisi BBM) dapat mencapai 30 hari. Kapal layar tiang tinggi ini pun dilengkapi dengan 5 dek, 7 kompartemen, dan 48 blok.

(Aktualita.com)

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Akhyari Hananto lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Akhyari Hananto.

Terima kasih telah membaca sampai di sini