Demi mewujudkan percepatan koneksi Wifi di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, PT Angkasa Pura (AP) II menggandeng PT Telkom untuk berkerja sama. “kami bersinergi dengan PT Telkom dalam menghadirkan koneksi WiFi berkecepatan tinggi ini,” kata Presiden Direktur PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin. Menurut Awaluddin, dengan koneksi berkecepatan tinggi tersebut, akan ada banyak hal yang bisa dilakukan oleh para pengguna jasa penerbangan di Terminal 3.

“Dengan kecepatan koneksi WiFi mencapai 50Mbps, penumpang pesawat di Terminal 3 dapat merasakan pengalaman terbaik seperti sangat cepat dalam melakukan selancar internet, selalu terhubung dengan media sosial, dapat menerima dan mengirim email dengan melampirkan file berukuran besar seperti foto dan video melalui email,” lanjut Awaluddin.

Penambahan tersebut akan menempatkan Terminal 3 sebagai salah satu terminal penumpang pesawat dengan koneksi WiFi tercepat di dunia, mengungguli Bandara Internasional Don Mueang, Thailand yang saat ini memuncaki  posisi sebagai bandara dengan akses WiFi tercepat, yaitu 44,22Mbps untuk kecpeatan unduh dan 42,28 Mbps untuk kecepatan unggah.

Untuk dapat mengakses layanan WiFi berkecepatan tinggi ini, para pengguna jasa penerbangan di terminal 3 dapat memasukkan nomor telepon genggam di setiap sesi koneksi guna terhubung secara gratis selama 15 menit. Sedangkan bagi yang membutuhkan koneksi lebih lama, tersedia berbagai koneksi berbayar dengan tarif yang cukup terjangkau, yaitu Rp.5000 untuk 1 jam, Rp20.000 untuk 6 jam, dan Rp.50.000 untuk 24 jam.

Tidak hanya itu, tingginya kecepatan WiFi tentunya akan berguna bagi para pengguna layanan bandara terminal 3 yang berprofesi sebagai pebisnis. Akses WiFi gratis ini dapat digunakan untuk pertemuan bisnis secara online ata bercakap – cakap melalui Voice Over Internet Protocol (VOIP) secara lancer sehingga kegiatan bisnis tetap berjalan meskipun tengah berpergian.

Peningkatan layanan WiFi adan aplikasi bandara cerdas ini adalah salah satu upaya agar Bandara Internasional Soekarno-Hatta dapat meraih bintang 5 versi Skytrax. Saat ini, Bandara Internasional Soekarno – Hatta berada di posisi bintang 3. Awaluddin juga mengungkapkan bahwa kecepatan koneksi WiFi di seluruh bandara AP II yang saat ini masih berada di kisaran 20Mbps juga akan ditingkatkan menjadi 50Mbps kedepannya. Salah satu yang akan ditingkatkan dalam waktu dekat ini adalah Bandara Internasional Kualanamu, Medan.




Sumber : antaranews.com
Sumber Gambar Sampul :aecom.com 

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu