Di tengah persaingan industri film mainstream di berbagai bioskop, film pendek masih menjadi alternatif andalan bagi penikmat film di seluruh dunia. Tak hayal, berbagai festival film pendek ramai diselenggarakan di berbagai daerah. Salah satunya 2nd Minikino Film Week (MFW) yang diadakan di Pulau Dewata, Bali.

Minikino Film Week merupakan sebuah festival film tahunan yang digagas oleh organisasi film pendek Minikino. Tahun ini menjadi penyelenggaraan kedua setelah pertama kali diadakan pada tahun 2015.

Sejumlah venue di Pulau Dewata dipilih dalam penyelenggaraan festival yang berlangsung selama seminggu, mulai tanggal 8 sampai 15 Oktober 2016. Menurut staf BBB, Juwitta Lasut, Bentara Budaya Bali (BBB) menjadi tempat pemutaran film selama tiga hari, 8-10 Oktober 2016. BBB sendiri merupakan lembaga kebudayaan nirlaba Kompas-Gramedia yang terletak di Ketewel, Kabupaten Gianyar.

Ia mengatakan, film-film yang ditayangkan di BBB merupakan karya terpilih dari program festival Indonesia Raja 2016 Yogyakarta, Indonesia Raja 2016 Bandung, S-Express 2016 Indonesia, Shorts For Children 1, serta Short Animation 2.

Indonesia Raja 2016 merupakan sebuah program pertukaran film-film pendek Indonesia yang dirancang dan diselenggarakan oleh Minikino. Kegiatan tahunan ini memberi gambaran sekilas pencapaian produksi terkini setiap wilayah/kota yang terlibat.

Juwitta Lasut menambahkan, untuk tahun 2016 Indonesia Raja dilaksanakan kembali dan berhasil melibatkan 17 programmer dari 15 kota yang terlibat yakni Bali, Aceh, Bandung, Depok, Gresik, Jakarta, Jatiwangi, Malang, Medan, Pekanbaru, Purbalingga, Semarang, Surabaya, Tangerang, Yogjakarta.

Seperti yang dilansir situs Antara, film-film dari program Indonesia Raja 2016 Yogyakarta yang diputar antara lain Semalam Anak Kita Pulang (2015, Sutradara: Adi Marsono), Sasi Takon (2015, Sutradara Wawan Sumarmo, Bawang Kembar (2015, Sutradara Gangsar Waskito), Nilep (2015, Sutradara: Wahyu Agung Prasetyo).

Sementara dari program Indonesia Raja 2016 Bandung: Pulang (2014, Sutradara: Putri Rienda Haifa), Lapar (2014, Sutradara: Dendie Archenius); Montage of Edelweiss (2015,Sutradara Irvan Aulia), Lie=Pray (2014, Sutradara: Pria Yudi Pamungkas), Angan (2016, sutradara: Shadiq Hassan Heyder).

Pihaknya mengaku, MFW tahun ini terbilang lebih meriah dibanding tahun lalu. MFW 2016 melibatkan 253 karya film pendek lintas bangsa yang terbagi dalam beberapa program, serta 244 karya film pendek yang dapat diakses pada video-library selama festival berlangsung. Selain pemutaran film, program tersebut juga dimaknai pula dengan bincang sinema bersama sineas terpilih.





Sumber : antaranews.com
Sumber Gambar : traveloista.com

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu