Lupa Sandi?

Siapa Sangka, Ternyata Indonesia Miliki Varian Mi Terbanyak Di Dunia

Bagus Ramadhan
Bagus Ramadhan
0 Komentar
Siapa Sangka, Ternyata Indonesia Miliki Varian Mi Terbanyak Di Dunia

Mi merupakan salah satu makanan tradisional tertua di dunia. Produk olahan tepung ini dipercaya telah menjadi makanan milyaran orang di dunia sejak pertama kali ditemukan di Tiongkok. Indonesia pun tidak ketinggalan, mi telah menjadi makanan sehari-hari bagi sebagian orang di negeri ini. Bahkan untuk mi instan, Indonesia telah dikenal sebagai produsen produk mi tingkat dunia. Lebih istimewanya lagi, ternyat Indoensia memiliki varian mi terbanyak di dunia.

Seperti dilansir CNN Indonesia yang berbincang dengan Chef Edwin Lauw, terungkap bahwa ternyata di Nusantara terdapat berbagai macam jenis masakan mi.

“Mi Nusantara itu spesial, kreasi mi di Indonesia paling beragam dari bangsa non-China lainnya,” Chef Edwin Lau.

Edwin mengungkapkan bahwa nilai spesial dari mi di Indonesia adalah rasa. 

“Yang membuat mi Nusantara spesial adalah cita rasanya yang berani dan kuat, serta harganya yang mayoritas lebih murah ketimbang mi negara lain. Ini juga yang mendorong pertumbuhan industri mi di Indonesia sangat pesat,” ujarnya.

Chef muda kelahiran Palembang tersebut juga menyebutkan, dari seluruh negara tetangga di kawasan Asia Tenggara, bahkan hingga ke Jepang dan Korea, variasi mi Indonesia jauh lebih banyak. Menurutnya hal tersebut terjadi karena adanya keragaman budaya di masyarakat Tanah Air. 

“Negara kita memiliki budaya yang sangat beragam, sehingga setiap kebudayaan memiliki kreasi mi mereka sendiri-sendiri,” jelas Edwin.

Dirinya mengaku karena beragamnya jenis varian mi, Edwin kemudian kesulitan untuk menyimpulkan ada berapa mi di Indonesia. Namun menurutnya, mi Nusantara dapat diklasifikasikan sesuai daerahnya masing-masing seperti mi Jawa, mi Bangka, mi celor Palembang, mi kocok Bandung, mi seafood Aceh, dan lainnya. Selain itu, penggolongan juga dapat dilakukan berdasarkan cara masak atau penyajiannya.

“Ada yang berkuah, ada yang kuah pisah, ada yang kering, ada yang digoreng, ada yang dimasak pakai arang, ada yang pakai bakso atau pangsit, ada yang bening atau bersantan, ada juga yang masih baru saja muncul seperti mi bakar, mi campur arang, dan mi dari pasta seafood,” ungkapnya.

Mi dalam beberapa budaya di Indonesia juga telah menjadi bagian dari tradisi. Seperti anggapan yang menyebutkan bahwa mi yang disajikan menyimbolkan panjangnya umur, kesuksesan dan persembahan pada leluhur. Kepercayaan ini merupakan warisan tanah Tiongkok yang tetap lestari di Indonesia. 

Tradisi seperti itu yang kemudian membuat mi dapat menjadi makanan "wajib" dalam momen-momen penting. Seperti resepsi pernikahan, syukuran, maupun Imlek atau peringatan Tahun Baru Imlek.

Siapa sangka ya, ternyata Indonesia memiliki varian mi terbanyak di dunia. Chef saja kesulitan untuk mengetahui seluruh variannya. Bagaimana dengan kawan GNFI? Mi apa yang selama ini telah menjadi favorit?

Sumber : CNN Indonesia
Sumber Gambar Sampul : seremanis.com

Pilih BanggaBangga20%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang40%
Pilih Tak PeduliTak Peduli20%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi20%
Pilih TerpukauTerpukau0%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG BAGUS RAMADHAN

Seorang copywriter dan penulis konten yang bermimpi mampu menebar inspirasi dan semangat lewat konten-konten berkualitas untuk kehidupan yang lebih baik. ... Lihat Profil Lengkap

Ikuti
Next
BJ. Habibie

Tanpa cinta, kecerdasan itu berbahaya. Dan tanpa kecerdasan, cinta itu tidak cukup.

— BJ. Habibie