Lupa Sandi?

Tak perlu ke Luar Negeri, Di Indonesia pun Ada Kampung Warna – Warni

Thomas Benmetan
Thomas Benmetan
0 Komentar
Tak perlu ke Luar Negeri, Di Indonesia pun Ada Kampung Warna – Warni

Kita mungkin sudah jamak dengan nama beberapa desa di luar negeri, seperti Desa Riomaggiore dan Desa Burano di Italia, Bo-Kaap di Afrika Selatan, Rainbow Family Village di Taiwan dan berbagai tempat lainnya yang terkenal karena keindahan beragam warna menghiasi rumah para penduduk desa tersebut. desa – desa tersebut memang dikenal sebagai desa warna – warni atau desa pelangi menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung yang ingin berwisata.

Namun kali ini, kita tidak perlu untuk jauh – jauh melancong ke luar negeri untuk menikmati liburan yang lebih ceria dan penuh warna, sebab di Indonesia sendiri telah ada desa warna – warni yang keindahannya tidak kalah dengan yang ada di luar negeri. Hanya perlu melangkahkan kaki ke Kota Malang, dan kita akan menemukan keindahan kampung warna – warni tersebut.

Namanya Kampung Jodipan, terletak di bantaran Kali Brantas, kecamatan Blimbing Kota Malang. Perpaduan warna merah, kuning, hijau, dan biru yang menghiasi berbagai rumah yang ad adi kampung ini menjadikannya sebagai tempat yang sedap dipandang mata sekaligus menarik untuk dijadikan tempat berfoto ria. Sepintas, jika dilihat dari atas Jembatan Brantas kampung Jodipan sangat mirip dengan Favela Santa Maria yang ada di Rio De Janerio, Brazil.

Kampung Jodipan pada awalnya merupakan sebuah kampung yang cukup kumuh, karena berada di bantaran kali sehingga ketika musim hujan tiba, air sungai akan meluap dan menyisakan banyak sampah di rumah – rumah warga yang letaknya sangat dekat dengan bibir sungai. Dari situlah muncul sebuah gagasan dari para Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang untuk mengubah Kampung Jodipan yang semua kumuh menjadi lebih berwarna. Ide dari para mahasiswa tersebut disambut baik oleh sebuah perusahana cat terkenal serta dibantu oleh anggota TNI, yaitu Paskhas Lanud Abdurrahman Saleh dalam pengerjaan pengecatan rumah warga.

Baca Juga
Pengecatan dilakukan secara mendetail, menambahkan kesan indah yang tidak setengah - setengah (sumber : anomharya.com)
Pengecatan dilakukan secara mendetail, menambahkan kesan indah yang tidak setengah - setengah (sumber : anomharya.com)

Tak hanya dinding rumah yang terlihat dari pinggir jalan yang dicat, namun bagian pintu dan dinding yang terletak di dalam gang – gang sempit pun ikut dicat dengan beragam warna yang sangat menarik. Atap rumah yang berwarna – warni semakin menambah semarak keindahan Kampung Jodipan. Dengan hasil kerja keras tersebut, Kampung Jodipan disulap menjadi kampung yang indah dan menawan dengan menjadikan kampun warna – warni seperti yang ada di luar negeri. Kini, Kampung Jodipan sangat viral di berbagai sosial media lewat foto – foto yang diunggah oleh netizen baik itu lewat facebook, Instagram dan jejaring sosial lainnya.

Kampung Jodipan, dulu kumuh kini berseri (sumber : tribunnews.com)
Kampung Jodipan, dulu kumuh kini berseri (sumber : tribunnews.com)

Anda bisa mengunjungi Kampung Jodipan di Jalan Gatot Subroto, Kota Malang yang terletak disebelah selatan Stasiun Kota Baru. Ketika melewati Jembatan Brantas maka arahkanlah pandangan anda ke sebelah kiri bagian bawah dari jembatan dan mata anda akan langsung disuguhkan dengan pemandangan warna – warni yang begitu menyejukkan. Tidak perlu susah – susah ke luar negeri, bukan?




 *Dari berbagai sumber 

Sumber gambar sampul :  iwantantomi.wordpress.com

Pilih BanggaBangga64%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli4%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi12%
Pilih TerpukauTerpukau20%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG THOMAS BENMETAN

A Fulltime life-learner who lost himself into book, poem, Adventure, travelling, hiking, and social working. Graduated from Faculty of Communication Science, Petra Christian University. Currently pur ... Lihat Profil Lengkap

Ikuti
Next
Andrea Hirata

Berhenti bercita-cita adalah tragedi terbesar dalam hidup manusia.

— Andrea Hirata